Simulasi Uji Kompetensi (Ukom) Perawat, Soal, Kunci Jawaban Dan Pembahasan Quiz

Approved & Edited by ProProfs Editorial Team
The editorial team at ProProfs Quizzes consists of a select group of subject experts, trivia writers, and quiz masters who have authored over 10,000 quizzes taken by more than 100 million users. This team includes our in-house seasoned quiz moderators and subject matter experts. Our editorial experts, spread across the world, are rigorously trained using our comprehensive guidelines to ensure that you receive the highest quality quizzes.
Learn about Our Editorial Process
| By Agustina
A
Agustina
Community Contributor
Quizzes Created: 1 | Total Attempts: 876
Questions: 25 | Attempts: 876

SettingsSettingsSettings
Simulasi Uji Kompetensi (Ukom) Perawat, Soal, Kunci Jawaban Dan Pembahasan Quiz - Quiz

.


Questions and Answers
  • 1. 

    Saat menyusun penugasan kepada sebuah tim yang beranggotakan seorang perawat teregistrasi (Ners), satu perawat vokasi (Diploma), dan dua orang pembantu perawat. Klien manakah yang dapat dipercayakan perawatannya kepada diploma ? 

    • A.

      Klien yang akan dilakukan pengambilan hitung urine

    • B.

      Klien yang membutuhkan bantuan untuk berpindah

    • C.

      Klien dengan ventilator yang membutuhkan pemeriksaan dan penghisapan (suction) secara berkala

    • D.

      Klien dengan cedera tulang belakang yang membutuhkan kateterisasi urine setiap 6 jam sebagaimana diresepkan

    • E.

      Klien membutuhkan bantuan untuk ke toilet

    Correct Answer
    D. Klien dengan cedera tulang belakang yang membutuhkan kateterisasi urine setiap 6 jam sebagaimana diresepkan
    Explanation
    Jawaban : Klien dengan cedera tulang belakang yang membutuhkan kateterisasi urine setiap 6 jam sebagaimana
    Rasional: Ketika mendelegasukan tugas keperawatan, perawat perlu memperhatikan keahlian pendidikan staf keprawatan yang dilibatkan. Pengambilan hitung urin, membantu berpindah dan ke kamar kecil dipercayakan kepada pembantu perawat, sebagaimana terdapat dalam pilihan jawaban. Klien yang membutuhkan pemeriksaan dan penghisapan (suction) secara berkala sepatutnya depercayakan kepada Ners. Seorang perawat diploma memiliki keahlian dalam kateter urin, sehingga klien dapat dipercayakan kepadanya.
    Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, secara prinsip berkaitan dengan pelimpahan kewenangan dan penugasan, dan dengan memperhatikan pendidikan dan posisi pekerjaan sebagaimana ditetapkan dalam peraturan kurikulum dan kompetensi perawat. Hal ini dapat mengingatkan bahwa klien harus ditangani oleh seorang Ners.

    Rate this question:

  • 2. 

    Perawata sedang membuat perencanaan asuhan pada anak dengan sindrom hemolitik uremik yang telah mengalami anuria dan akan dilakukan dialisis peritoneal. Apakah yang harus direncanakan? 

    • A.

      Membatasi cairan sesuai yang ditentukan

    • B.

      Rawat fistula arteriovenosa

    • C.

      Konsumsi makanan tinggi kalium

    • D.

      Memberikan analgesik sesuai yang diresepkan

    • E.

      Mengelola produk darah

    Correct Answer
    A. Membatasi cairan sesuai yang ditentukan
    Explanation
    Jawaban : Membatasi cairan sesuai yang ditentukan
    Rasional: Sindrom uremik hemolitik diduga terkait dengan racun bakteri, bahan kimia, dan virus yang mengakibatkan cedera GGA pada anak-anak Manifestasi klinik penykit ini meliputi anemia hemolitik, trombositopenia, cedera finjal, dan gejala SSP. Seorang anak dengan sindrom uremik hemolitik menjalani dialisis peritoneal karena anuria dilakukan pembatasan cairan. Nyeri tidak terkait dengan sindrom uremik hemolitik, dan kalium akan dibatasi jika anak menderita anuria. Peritoneal dialisis tidak memerlukan fistula arterivenosus (hanya dialisis).
    Strategi mengerjakan soal: Perhatikan subjek anuria. Fokus pada diagnosa anak Dan ingat kembali pengetahuan anak tentang perawatan klien dengan cedera ginjal akut. Juga fokus data dalam pertanyaan. Perhatikan kata peritoneal akan membantu dalam menyingkirkan pilihandari pilihan yang tersisa ingat karena anak anuria cairan akan dibatasi.

    Rate this question:

  • 3. 

    Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intrakranial pada anak.  Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intrakranial ? 

    • A.

      Mual

    • B.

      Iritabilitas

    • C.

      Sakit kepala

    • D.

      Bradikadia

    • E.

      Gangguan visual (diplopia)

    Correct Answer
    E. Gangguan visual (diplopia)
    Explanation
    Jawaban : gangguan visual (diplopia)
    Rasional: Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.
    Strategi mengerjakan soal : Perhatikan usia anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.

    Rate this question:

  • 4. 

    Seorang anak menderita fraktur femur yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor dan dilakukan traksi kulit sementara sampai operasi dilakukan. Selama pengkajian, perawat mencatat bahwa nadi dorsalispedis tidak teraba pada kaki kanan. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan pada kasus di atas? 

    • A.

      Pemberian analgesik

    • B.

      Lepaskan traksi kulit

    • C.

      Kompres es untuk ekstremitas

    • D.

      Beritahu penyedia layanan kesehatan

    • E.

      Tinggikan ekstremitas yang terluka

    Correct Answer
    D. Beritahu penyedia layanan kesehatan
    Explanation
    Jawaban : Beritahu penyedia layanan kesehatan
    Rasional: Tidak terabanya nadi ekstremitas dari anggota tubuh yang terkena fraktur berarti anak dapat mengalami kompartemen sindrom. Ini adalah situasi darurat, dan penyedia pelayan kesehatan segera diberitahu. Pemberian analgesik tidak meningkatkan sirkulasi. Traksi kulit itak boleh dilepaskan tanpa resep dari penyedian pelayanan kesehatan. Kompres dingin pada ekstremitas dan ditinggikan ekstrimitas yang cedera dengan perfusi tidak teraba adalah salah. Kompres dingin dapat diresepkan ketika perfusi cukup untuk mengurangi pembengkakan.
    Strategi mengerjakan Soal: Gunakan ABC. Berfokus pada data pertanyaan menunjukkan bahwa sirkulasi terganggu. Ini seharusnya mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

    Rate this question:

  • 5. 

    Seorang anak 4 tahun mengalami jatuh di rumah dan setelah pemeriksaan X-ray anak menderita fraktur lengan dan dipasang gips. Perawat memberikan instruksi kepada orang tua tentang perawatan pada anak. Apakah pernyataan orang tua yang menunjukkan kebutuhan intruksi lebih lanjut? 

    • A.

      Balutan terasa hangat ketika balutan kering

    • B.

      Saya bisa menggunakan lotion atau bedak di sekitar balutan untuk mengurangi rasa gatal

    • C.

      Sejumlah kecil semir sepatu putih dapat diberikan bila balutan putih kotor

    • D.

      Jika balutan basah, pengering dapat digunakan untuk mengeringkan cetakan

    • E.

      Anak saya akan menghindari gerakan memutar.

    Correct Answer
    B. Saya bisa menggunakan lotion atau bedak di sekitar balutan untuk mengurangi rasa gatal
    Explanation
    Jawaban : Saya bisa menggunakan lotion atau bedak di sekitar balutan untuk mengurangi rasa gatal
    Rasional: Pengajaran tentang perawatan balutan gips adalah penting untuk mencegah komplikasi daribalutan. Orang tua harus diintruksikan untuk tidak menggunakan lotion atau bubuk pada kulit di sekitar tepi balutan atau dalam gips. Lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilihan A, C, D, dan E adalah pilihan yang sesuai.
    Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata-kata yang strategis kebutuhan intruksi lebih lanjut. Kata-kata ini menunjukkan kejadian negatif dan meminta anda untuk memilih pernyataan yang salah. Ingta bahwa lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

    Rate this question:

  • 6. 

    Perawat klinik mengintrusikan orang tua dengan anak menderita HIV mengenai imunisasi. Apakah intruksi yang harus diberikan kelada orang tua? 

    • A.

      Vaksin hepatitis B tidak akan diberikan kepada anak

    • B.

      Vaksin influenza yang tidak aktif akan diberikan setiap tahun

    • C.

      Vaksin Varicella akan diberikan sebelum usia 6 bulan

    • D.

      Perlu dilakukan tes western blot dan hasilnya dievaluasi sebelum imunisasi

    • E.

      Diberikan vaksin rutavirus

    Correct Answer
    B. Vaksin influenza yang tidak aktif akan diberikan setiap tahun
    Explanation
    Jawaban : Vaksin influenza yang tidak aktif akan diberikan setiap tahun
    Rasional: Imunisasi terhadap penyakit anak yang umum terjadi diberikan kepada semua anak atau anak yang terinfeksi HIV. Vaksin influenza tidak aktif diberikan Secara IM (Vaksin influenza seharusnya diberikan setiap tahun). Vaksin hepatitis diberikan sesai jadwal imunisasi yang dianjurkan. Vaksin virus Varicella zoster sebaiknya tidak diberokan karena merupakan vaksin virus hidup; Varicella zoster imunoglobulin dapat diresepkan setelah paparan cacar. Vaksin rotavirus tidak boleh diberikan.
    Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, imunisasi untuk anak dengan HIV. Pilihan "Perlu dilakukan tes western blot dan hasilnya dievaluasi sebelum imunisasi" dapatdisingkirkan pertama kali karena western lod adalah soal diagnostik, bukan evaluatif. Dari pilihan yang tersisa, ingat kembali bahwa anak terinfeksi HIV beresiko untik terinfeksi oportunistik dan vaksin virus hidup tidak diberikan kepada anak dengan imunodefisiensi akan membantu dalam mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

    Rate this question:

  • 7. 

    Anak menrima serangkaian vaksin hepatitis B dan datang ke klinik dengan orang tuanya untuk pemberian dosis kedua. Sebelum pemberian vaksin, perawat seharusnya menanyakan kepada orang tua tentang riwayat alergi parah yang pernah dialami anak terhadap. 

    • A.

      Telur

    • B.

      Penisilin

    • C.

      Sulfonamid

    • D.

      Dosis atau komponen vaksin sebelumnya

    • E.

      Daging sapi

    Correct Answer
    D. Dosis atau komponen vaksin sebelumnya
    Explanation
    Jawaban : Dosis atau komponen vaksin sebelumnya
    Rasional: Kontraindikasi menerima vaksin hepatitis B adalah reaksi anafilaksis sebelumnya untuk dosis-dosis vaksin hepatitis B atau komponen vaksin (Aluminium hidroksida atau protein ragi) sebelumnya. Alergi terhadap telur, daging sapi, penisilin dan sulfonamid tidak berhubungan dengan kontraindikasi untuk menerima vaksin ini.
    Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, Kontra indikasi untuk menerima vaksin hepatitis B.dalam pertanyaan akan mengarahkan pada pilihan yang benar.

    Rate this question:

  • 8. 

    Perawat home care sedang mengunjungi klien yang terpasang body cast. Saat melakukan pengkajian, perawat berencana untuk mengevaluasi penyesuaian kondisi psikososial klien dengan cast. Apa pengkajian yang paling tepat untuk klien ? 

    • A.

      Kebutuhan stimulasi sensorik

    • B.

      Jumlah dukungan perawatan di rumah yang tersedia

    • C.

      Kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari

    • D.

      Jenis transportasi yang tersedia untuk perawatan lebih lanjut

    • E.

      Kemampuan klien menciptakan lingkungan yg aman

    Correct Answer
    A. Kebutuhan stimulasi sensorik
    Explanation
    Jawaban : Kebutuhan stimulasi sensorik
    Rasional : Pengkajian psikososial dari klien yang imobilisasi yang tepat meliputi kebutuhan stimulasi sensorik. Pengkajian ini sebenarnya meliputi faktor-faktor seperti citra tubuh, keterampilan koping sekarang dan masa lalu, dan periode imobilisasi. Meskipun dukungan perawatan di rumah, kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan transportasi merupakan komponen dari pengkajian, menciptakan lingkungan yg aman, mereka tidak secara khusus terkait dengan penyesuaian psikososial seperti kebutuhan untuk stimulasi sensorik.

    Rate this question:

  • 9. 

    Seorang bayi lahir dengan diagnosis imperforta anus kenbali dari operasi dengan kolostomi. Perawat mengkaji stoma dan mencatat hasilnya kemerahan dan edema. Apakah tindakan keperawatan yang utama berdasarkan temuan ini ? 

    • A.

      Mengangkat pantat

    • B.

      Mendokumentasikan hasil pemeriksaan

    • C.

      Melakukan kompres es segera

    • D.

      Memanggil penyedia layanan kesehatan yang melakukan operasi.

    • E.

      Memberikan antibiotik

    Correct Answer
    B. Mendokumentasikan hasil pemeriksaan
    Explanation
    Jawaban : Mendokumentasikan hasil pemeriksaan
    Rasional: Kolostomi stoma segar akan berwarna merah dan edema, tetapi ini akan menurun seiring waktu. Kolostomi kemudian menjadi merah muda tanpa ada drainase yang abnormal, pembengkakan, atau kerusakan kulit. Perawat harus mendokumentasikan temuan ini karena ini adalah temuan normal.
    Strategi mengerjakan soal : Fokus pada subjek, penilaian kolostomi paca operasi. Perhatikan kata-kata kembali dari operasi. Perawat harus mengharapkan kemerahan dan edema pada saat ini.

    Rate this question:

  • 10. 

    Perawat home care memberikan instruksi terkait pengendalian infeksi dasar pada orang tua dari bayi dengan infeksi human immunodeficiency virus (HIV). Kalimat mana dari orang tua yang mengindikasikan kebutuhan akan instruksi lanjutan ? 

    • A.

      "Saya akan membersihkan semua kotoran yang tercecer dari popok dengan cairan alkohol"

    • B.

      "Saya akan mencuci botol bayi, dot, dan pengaman dot di tempat cuci piring atau menggunakan air hangat”

    • C.

      "Saya pasti menyiapkan makanan yang tinggi kalori dan protein”

    • D.

      "Saya pasti mencuci tangan dengan bersih sebelum dan setelah merawat bayi saya"

    • E.

      "Saya akan membersihkan semua alat yang terkena cairan tubuh bayi dengan larutan klorin”

    Correct Answer
    A. "Saya akan membersihkan semua kotoran yang tercecer dari popok dengan cairan alkohol"
    Explanation
    Jawaban : "Saya akan membersihkan semua kotoran yang tercecer dari popok dengan cairan alkohol"
    Rasional: HIV ditularkan melalui darah, semen, sekersi vagina dan ASI. Ibu dari bayi yang terinfeksi HIVharus diintrruksikan menggunakan larutan klorin untuk nendesinfeksibenda-benda yang terkontaminasi atu membersihkan ceceran dari popok bayi. Alkohol tidak akn efektif untuk mematikan virus.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kalimat kunci kebutuhan akan intruksi lanjut. Kalimat tersebut mengindikasikan suatu pernyataan negatif dan meminta anda untuk memilih jawaban yang salah. Ingat kembali tentang tindakan pengendalian infeksi dasar dan tindakan pencegahan penularan HIV akan membimbing anda pada jawaban yang benar.

    Rate this question:

  • 11. 

    Seorang anak berusia 10 tahun dengan hemofilia telah terpeleset di es dan lututnya terbentur. Apa pengobatan yang harus dipersiapkan oleh perawat? 

    • A.

      Injeksi faktor X

    • B.

      Memberikan infus zat besi

    • C.

      Memberikan infus faktor X

    • D.

      Memberikan injeksi IM zat besi menggunakan metode Z-track

    • E.

      Injeksi IM faktor X

    Correct Answer
    C. Memberikan infus faktor X
    Explanation
    Jawaban : Memberikan infus faktor X
    Rasional: Hemofilia adalah rangkaian kelainan perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein koagulasi spesifik. Penatalaksanaan utamanya adalah pemberian faktor pembekuan darah; obat-obatan seperti pereda nyeri, mungkin akan diberikan berdasarkan asal perdarahan. Seorang anak dengan hemofilia rentan terjadiperdarahan sendi setelah kejadian terjatuh. Faktor VIII akan diberikan secara intravena untuk mengganti ketidakadaan faktor pembekuan dan akan meminimalkan perdarahan. Faktor X dan zat besi tidak digunakan untuk menangani anak dengan hemofilia.
    Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada diagnosis anak.
    Ingat bahwa anak dengan hemofilia mengalami kekurangan faktor VIII, dengan itu akan mengarahkan anda pada jawaban yang benar dari pilihan yang tersisa. Ingat bahwa faktor VIII harus diberikan secara intravena.

    Rate this question:

  • 12. 

    Klien mengalami stres dan ansietas yang berat sedang diajarkan tentang terapi self-control. Mana pernyataan klien yang mengidentifikasi 'kebutuhan akan edukasi lanjutan tentabg terapi' ? 

    • A.

      "Terapi jenis baru ini bisa di gunakan untuk situasi yang juga baru"

    • B.

      "Keuntungan dari teknik ini adalah perubahan cenderung bertahan lama"

    • C.

      "Berbicara kepada diri sendiri adalah komponen dasar dari jenis terapi ini "

    • D.

      "Jenis terapi ini memberikan dukungan negatif ketika muncul stimulus"

    • E.

      "Jenis terapi ini dapat dengan mudah dikuasai"

    Correct Answer
    D. "Jenis terapi ini memberikan dukungan negatif ketika muncul stimulus"
    Explanation
    Jawaban : "Jenis terapi ini memberikan dukungan negatif ketika muncul stimulus"
    Rasional: Dukungan negatif ketika muncul stimulus adalah deskripsi dari terapi aversi.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci kebutuhan akan edukasi lanjutan tentang terapi. Kata-kata ini mengindikasikan suatu hal yang negatif dan meminta anda untuk memilih jawaban yang salah. Pikirkan tentang subjek, self control. Subjek ini akan membantu anda menjawab dengan benar.
    Review: Terapi sel control
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan kognitif
    Keilmuan: Jiwa
    Proses Keperawatan: Evaluasi
    Upaya Kesehatan: Rehabilitatif
    Kebutuhan Dasar: Psikososial
    Sistem Tubuh: Kesehatan mental
    Daftar pustaka: Stuart (2013), p. 225-226

    Rate this question:

  • 13. 

    Perawat sedang menyiapkan rencana perawatan pada klien yang baru saja melahirkan janin yang telah meninggal. Manakah tindakan awal sebaiknya direncanakan perawat untuk memenuhi kebutuhan emosional klien dan pasangannya? 

    • A.

      Izinkan anggota keluarga memberi nama pada bayi

    • B.

      Dorong klien untuk berbicara tentang janinnya yang meninggal

    • C.

      Izinkan klien dan pasangan untuk memeluk janin

    • D.

      Kaji persepsi klien dan pasangan terhadap peristiwa ini

    • E.

      Izinkan keluarga menangis terlebih dahulu sebelum memberikan intervensi

    Correct Answer
    D. Kaji persepsi klien dan pasangan terhadap peristiwa ini
    Explanation
    Jawaban : Kaji persepsi klien dan pasangan terhadap peristiwa ini
    Rasional: Intervensi awal yang direncanakan untuk memenuhi kebutuhan emosional klien dan pasangan adalah mengkaji persepsi mereka tentang peristiwa ini.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda awal. Gunakan tahap-tahap proses keperawatan untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut. Ingat pengkajian merupakan tahap pertama dalam proses keperawatan.
    Review: Intervensi keperawatan jika terjadi kematian janin
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan Kognitif
    Keilmuan: Keluarga
    Proses Keperawatan: Implemetasi
    Upaya Kesehatan: Rehabilitatif
    Kebutuhan Dasar: Psikososial
    Sistem Tubuh: Kesehatan mental
    Daftar pustaka: Lowdermilk (2013), p. 944-945; McKinney (2013), p. 565-566

    Rate this question:

  • 14. 

    Perawat di klinik sedang melakukan tinjauan pada catatan medis soerang anak yang baru saja dikunjungi oleh petugas kesehatan dan terdiagnosis dengan suspek stenosis aorta. Manifestasi klinik spesifik yang diharapankan perawat untuk tertulis terkait dengan kelainan adalah? 

    • A.

      Pucat

    • B.

      Hiperaktivitas

    • C.

      Intoleransi terhadap latihan

    • D.

      Gangguan pencernaan

    • E.

      Kesulitan bernapas

    Correct Answer
    C. Intoleransi terhadap latihan
    Explanation
    Jawaban : Intoleransi terhadap latihan
    Rasional: Stenosis adalah penyempitan atau striktur dari katup aorta, menyebabkan hambatan aliran darah ke ventrikel kiri, menurunkan kardiak output, hipertropi ventrikel kiri, dan tahanan vaskular paru. Anak dengan stenosis aorta menunjukkkan tanda-tanda intoleransi terhadao latihan, nyeri dada, dan pusing saat berdiri dalam jangka waktu yang lama. Pucat mungkin ada, namun tidak spesifik untuk kelainan ini saja. Kesulitan bernapas mungkin terjadi pada anak namun tidak spesifik mengindikasikan suatu stenosis aorta.
    Strategi Mengerjakan Soal: Fokus kepada subjek, karateristik dari stenosis aorta. Pilihan B dan D dapat diabaikan terlebih dahulu karena pilihan tersebut tidak terkait dengan kelainan yang dimaksud. Dari pilihan yang tersisa, perhatikan kata spesifik pada soal akan mengarahkan anda pada jawaban yang benar.
    Review: Stenosis aorta
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan prosedur
    Keilmuan: Anak
    Proses Keperawatan: Pengkajian
    Upaya Kesehatan: Kuratif
    Kebutuhan Dasar: Oksigenasi
    Sistem Tubuh: Jantung pembuluh darah dan sistem limfatik
    Daftar pustaka: Hockenberry, Wilson (2011), 1369.

    Rate this question:

  • 15. 

    Perawat mengkaji TTV bayi berusia 12 bulan dengan infeksi pernapsan dan tercatat bahwa frekuensi pernapasannya 35x/menit. Berdasarkan temuan ini, tindakan manakah yang paling tepat? 

    • A.

      Berikan oksigen

    • B.

      Dokumentasikan temuan

    • C.

      Beritahu dokter yang bertanggung jawab

    • D.

      Kaji ulang pernapasan setiap 15 menit

    • E.

      Cek TTV

    Correct Answer
    B. Dokumentasikan temuan
    Explanation
    Jawaban : Dokumentasikan temuan
    Rasional: Frekuensi normal pada bayi usia 12 bulan adalah 20-40x/menit. Frekuensi nadi apikal adalah 90-130x/menit, dan tekanan darah rata-ratanya 90/50 mmHg. Perawat akan mendokumentasikanhasil temuannya.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan data yang ada pada pertanyaan dan catat kata penandanya paling tepat. Ingat kembali TTVnormal pada bayi dan mengetahui bahwa frekuensi normal pernapasan yang teridentifikasi pada pertanyaan masih dalam batas normal akan menunjukkan anda pada jawaban yang tepat.
    Review: TTV normal pad bayi
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan kognitif
    Keilmuan: Keluarga
    Proses Keperawatan: Implementasi
    Upaya Kesehatan: Kuratif
    Kebutuhan Dasar: Oksigenasi
    Sistem Tubuh: Pernapasan
    Daftar pustaka: Hockenberry, Wilson (2011), p. 238. 243.

    Rate this question:

  • 16. 

    Perawat akan membantu dokter sehubungan dengan adanya resep obat baru dengan dosis yang lebih tinggi daripada dosis yang direkomendasikan. Perawat tidak dapat menemukan dokter, padahal obat tersebut haru diberikan. Manakah tindakan yang seharusnya dilakukan oleh perawat? 

    • A.

      Kontak supervisor keperawatan

    • B.

      Berikan dosis sesuai yang diresepkan

    • C.

      Tunda pemberian obat sampai dokter dapat dihubungi

    • D.

      Berikan obat sesuai dengan resep yang direkomendasikansampai dokter bisa ditemui

    • E.

      Lanjutkan pengobatan dengan dosis baru

    Correct Answer
    A. Kontak supervisor keperawatan
    Explanation
    Jawaban : Kontak supervisor keperawatan
    Rasional: Jika dokter menuliskan resep yang memerlukan klarifikasi, merupakan tanggung jawab perawat untuk menghubungi dokter tersebut. Jika tidak ada status berkaitan dengan resep karena dokter belum bisa dihubungi atau karena resep tetap demikian setelah menghubungi dokter, maka perawat harus menghubungi manajer atau supervisor keperawatan untuk klarifikasi lebih lanjut mengenai langkah selanjutnya yang dilakukan. Bagaimanapun perawat tidak harus melanjutkan pemberian obat sesuai resep baru sampai memperoleh klarifikasi.
    Strategi Mengerjakan Soal:
    Pilihan yang tepat jelas menyebutkan tindakan yang dilakukan dalam situasi ini.
    Review: Tanggung jawaba keperawatan terkait resep dari dokter
    Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
    Domain: Pengetahuan prosedur
    Keilmuan: Manajemen
    Proses Keperawatan: Implementasi
    Upaya Kesehatan: Kuratif
    Kebutuhan Dasar: Amana dan nyaman
    Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
    Daftar Pustaka: Potter et al (2013), p. 590

    Rate this question:

  • 17. 

    Perawat melakukan kegiatan menindak lanjuti pendidikan kesehatan dengan klien yang pulang dari Rs sebulan yang lalu. Klien minum obat Fluoxetine (Prozac). Informasi apa yang penting untuk didapatkan perawat selama kunjungan klien terkait efek samping pengobatan? 

    • A.

      Tanda dan gejala kardivaskular

    • B.

      Disfungsi pencernaan

    • C.

      Mulut kering

    • D.

      Berkeringat berlebih

    • E.

      Jalan menyeret

    Correct Answer
    B. Disfungsi pencernaan
    Explanation
    Jawaban : Disfungsi pencernaan
    Rasional: Efek samping yang sering terjadi terkait pengobatan ini termasuk disfungsi SSP dan pencernaan. Fluoxetine (Prozac) mempengaruhi sistim pencernaan dan menyebabkan mual-muntah, kram perut dan diare. Tanda dan gejala kardiovaskular, mulut kering, dan pengeluaran keringat berlebih bukan efek samping terkait pengobatan ini.
    Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, efek samping Fluoxetine (Prozac). Sangat penting untuk mengingat bahwa pengobatan ini menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini akan mengarahkan anda pada jawaban yang benar.
    Review: Efek samping Fluoxatine (Prozac)
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan kognitif
    Keilmuan: Jiwa
    Proses Keperawatan: Pengkajian
    Upaya Kesehatan: Kuratif
    Kebutuhan Dasar: Pencernaan dan hepatobilier

    Rate this question:

  • 18. 

    Perawat teregister merencanakan tugas keperawatan klien untuk satu hari. Tugas mana yang paling sesuai untuk asisten perawat tanpa lisesnsi? 

    • A.

      Klien yang direncanakan menjalani tranfusi darah

    • B.

      Klien dengan kanker kandung kemih yang akan menerima kemoterapi

    • C.

      Klien yang baru saja terdiagnosis DM dan direncanakan pulang

    • D.

      Klien bed rest yang membutuhkan latihan ROM setiap 4 jam

    • E.

      Klien pasca pembedahan

    Correct Answer
    D. Klien bed rest yang membutuhkan latihan ROM setiap 4 jam
    Explanation
    Jawaban : Klien bed rest yang membutuhkan latihan ROM setiap 4 jam
    Rasional: Perawat harus menentukan tugas yang paling sesuai berdasarkan keterampilan dan kebutuhan pasien. Terkait ini, tugas yang paling sesuai untuk asiten perawat adalah merawat klien yang sedangbed rest dan membutuhkan latihan ROM. Asisten perawat telah terlatih untuk tindakan ini. Klien yang menerima kemoterapi dan klien yang menerima tranfusi darah membutuhkan keterampilan yang hanya bisa diberikan olehperawat berlisensi. Klien dengan DM yang dipulangkan akan membutuhkan penjelasan sebelum pulang tentang manajemen diabetes dan berkoordinasi dengan layanan home care yang dibutuhkan.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci “paling sesuai.” Ingat kembali prinsip delegasi dan supervisi pekerjaan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Pekerjaan yang didelegasikan pada orang lain harus konsisten dengan level kemampuan dan keahlian individu serta lisensi yang dipunyai. Pikirkan tentang pelatihan dan juga keterampilan yang didapat oleh asistesn perawat untuk dapat memilih jawaban yang benar
    Review: Prinsip delegasi
    Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal dan peka budaya
    Domain: Pengetahuan prosedur
    Keilmuan: Manajemen
    Proses Keperawatan: Perencanaan
    Upaya Kesehatan: Preventif
    Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
    Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
    Daftar Pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 529, 531

    Rate this question:

  • 19. 

    Perawat memantau klien rawat inap yang mangalami penyalahgunaan alkohol. Temuan mana yang seharusnya diwaspadai perawat yang menandakan bahwa klien berpotensi terjadi sidrom putus alkohol? 

    • A.

      Hipotensi, gemetar, ketagihan

    • B.

      Stupor, lemah, kaku otot

    • C.

      Hipotensi, tangan tremor, lemah

    • D.

      Hipertensi, perubahan kesadaran, halusinasi

    • E.

      Hipertensi, menarik diri, tremor

    Correct Answer
    D. Hipertensi, perubahan kesadaran, halusinasi
    Explanation
    Jawaban : Hipertensi, perubahan kesadaran, halusinasi
    Rasional: Gejala yang terkait dengan sindrom putus alkohol, termasuk ansiteas, insomnia, anoreksi, hepertensi, disorientasi, halusinasi, perubahan kesadaran, gelisah, demam, dan delusi.
    Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, temuan yang terkait sindrom putus alkohol. Tinjauan setiap pilhan secara hati-hati untuk memastikan bahwa semua tanda dalam pilihan tersebut adalah benar.
    Dari sisa pilihan yang ada, ingat kembali bahwa klien yang stupor tidak akan menunjukkan perilaku putus alkohol. Hal tersebut akan mengarahkan anda pada pilihan yang benar.
    Review: Tanda-tanda terkait gejal putus alkohol
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan kognitif
    Keilmuan: Jiwa
    Proses Keperawatan: Pengkajian
    Upaya Kesehatan: Kuratif
    Kebutuhan Dasar: Psikososial
    Sistem Tubuh: Saraf dan perilaku
    Daftar Pustaka: Stuart (2013), p. 454

    Rate this question:

  • 20. 

    Perawat mengevaluasi kemampuan ibu dengan hepatitis B positif untuk memberikan susu botol dengan aman kepada BBL selama masa nifas di RS. Contoh tindakan apa yang tepat untuk menggambarkan pengetahuan ibut terkait resiko penularan penyakit pada BBL? 

    • A.

      Ibu meminta jendela ditutup seblum memberikan susu

    • B.

      Ibu menggendong BBL secara tepat Selama memberikan susu dan mengupayakan bayi sendawa

    • C.

      Ibu memeriksa suhu susu formula sebelum memberikan ke bayinya

    • D.

      Ibu mencuci dan mengeringkan tangan sebelum dan sesudah cebok serta meminta sarung tangan sebelum memberikan susu pada bayi

    • E.

      Ibu menyimpan botol susu di tempat bersih dan kering

    Correct Answer
    D. Ibu mencuci dan mengeringkan tangan sebelum dan sesudah cebok serta meminta sarung tangan sebelum memberikan susu pada bayi
    Explanation
    Jawaban : memberikan susu pada bayi
    Rasional: Virus hepatitis B merupakan virus yang sangat berbahaya dan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan darah dan cairan tubuh yang terinfeksi hepatitis B. Rasional dari identifikasi ibu nifas dengan penyakit ini adalah untuk memberikan perlindungan bagi BB, maupun untuk meminimalkan penularan pada orang lain, dan untuk meningkatkan pemahaman ibu terkait penularan penyakit.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan pada kata kunci “tepat.” Fokuskan pada subjek pertanyaan penularan penyakit kepada BBL. Fokus ini akan mengarahkan anda pada pilihan yang tepat.
    Review: Tindakan pencegahan penularan penyakit Hepatitis
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan Kognitif

    Rate this question:

  • 21. 

    Ketika melakukan pengkajian pos partum pada seorang klien, perawat menemukan adanya bekuan darah pada lokia. Perawat memeriksa bekuan darah tersebut dan menemukan bahwa bekau tersebut lebih besar dari 1 cm. Apa tindakan keperawatan yang paling tepat? 

    • A.

      Mendokumentasikan hasil temuan

    • B.

      Melakukan pengkajian ulang dalam 2 jam

    • C.

      Memberitahukan kepada petugas kesehatan lain.

    • D.

      Meminta klien untuk menambah asupan oral

    • E.

      Meminta klien untuk istrahat

    Correct Answer
    C. Memberitahukan kepada petugas kesehatan lain.
    Explanation
    Jawaban : Memberitahukan kepada petugas kesehatan lain.
    Rasional: Suatu keadaan normal, bekuan beberapa darah ditemukan pada lokea hari ke 1 sampai ke 2 setelah melahirkan akibat akumulasi darah dari vagina. Bekuan darah yang lebih besar dari 1 cm dapat dianggap hal yang tidak normal. Penyebab bekuan ini, antara lain atonia uterus atau jaringan plasenta yang tertinggal menghasilkan lebih banyak kehilangan darah. Meskipun penemuan ini akan dimasukkan ke dalam dokumentasi, tindakan yang paling tepat adalah memberitahukan pada petugas kesehatan lain. Melakukan pengkajian ulang pada klien dalam dua jam akan menunda penatalaksanaan yang dibutuhkan. Meningkatan asupan cairan oral tidak akan membantu dalam situasi ini.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci, yang “paling tepat.” Fokus pada kata-kata lebih besar dari 1 cm. Pikirkan arti penting bekuan lokia pada periode post partum untuk dapat menjawab dengan benar.
    Review: Hasil pengkajian normal pada post partum
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatn
    Domain: Pengetahuan Prosedur

    Rate this question:

  • 22. 

    Wakil direktur keperawatan yang baru terpilih mengumumkan bahwa pengambilan kepetusan akan didesentralisasi dan didistribusikan untuk keseluruhan organisasi. Manajer keperawatan mengantisipasi alur komunikasi dan tanggung jawab akan dikarakteristikkan dengan alur organisasi yang mana? 

    • A.

      Datar

    • B.

      Vertikal

    • C.

      Sirkular

    • D.

      Horizontal

    • E.

      Garis putus-putus

    Correct Answer
    A. Datar
    Explanation
    Jawaban : Datar
    Rasional: Pada organisasi yang “datar” kewenangan dan tanggung jawab didelegasikan pada level operasional terbawah.
    karena alur vertikal mengindikasikan bahwa pengambilan keputusan alur formal kewenangan dan komunikasi.
    alur vertikal mengindikasikan bahwa pengambilan keputusan berada pada level manajemn atas .
    alur konsentris atau sirkular, dengan pimpinal eksekutif berda di pusat dan adanya lapisan kewenangan .
    alur horisontal, ke kiri ke kanan, yang menempatkan kepala eksekutif di bagian kiri, dengan lapisan kewenangan lebih bawah di bagian kanan.
    Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, alur komunikasi dan kewenangnan. Perhatikan kata desentralisasi dan didistribusikan untuk keseluruhan organisasi . Alur organisasi adalah gambaran yang menunjukkan bagaimana setiap bagian organisasi itu terhubung , alur vertikal menunjukka hirarki pengambilan kepetusan, dan alur datar menunjukkan bahwa pengambilan keputusan berada pada level bawah
    Review: Konsep organisasi dan struktur terakait fasilitas kesehatan
    Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
    Domain: Pengetahuan kognitif
    Keilmuan: Manajemen
    Proses Keperawatan: Implementasi
    Upaya Kesehatan: Preventif
    Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
    Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
    Daftar Pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 149-150

    Rate this question:

  • 23. 

    Perawat memanggil petugas keamanan dan memasang restrain pada klien yang MRS secara sukarela, namun menjadi berperilaku keserasan secara fisik maupun verbal saat meminta dipulangkan dari RS. Apa konsekuebsi hukum yang terkait dengan intervensi yang dilakukan oleh perawat? 

    • A.

      Menuduh

    • B.

      Menyalahkan

    • C.

      False Imprisonment

    • D.

      Berbohong

    • E.

      Melalaikan klien

    Correct Answer
    C. False Imprisonment
    Explanation
    Jawaban : False Imprisonment
    Rasional: False imprisonment adalah tindakan yang bertujuan mengurung seseorang di tempat tertentu. Perawat dapat dituduh melakukan False imprisonment saat perawat melarang klien meninggalkan RS jika klien dengan sukarela MRS dan jika tidak ada pihak yang berwanang yang menemani klien. Penyiksaan atau pemenjaraan terkait dengan pemasangan restrain pada klien di situasi yang tidak memenuhi kriteria untuk melakukan intervensi tersebut. Menuduh atau menyalahkan tidak sesuai karena perawat tidak menulis maupun menyampaikan secara verbal membuat pernyataan tidak benar tentang klien.
    Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, konsekuensi hukum untuk tidakan perawat terkait dengan prosedur MRS. Perhatikan kalimat MRS dengan sukarela akan membantu anda memilih jawaban terkait pencegahan klien yang telah MRS dengan sukarela. Pilihan jawaban yang lain tidak berhubungan dengan tindakan untuk menghalangi klien keluar RS.
    Review: hak klien terkait prosedur MRS
    Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
    Domain: Pengetahuan prosedur
    Keilmuan: jiwa
    Proses Keperawatan: Implementasi
    Upaya Kesehatan: Preventif
    Kebutuhan Dasar: Psikososial
    Sistem Tubuh: Kesehatan mental
    Daftar Pustaka: Keitner, Schwecke, Bostro (2011), p. 37; Varcarolis (2013), p. 89.

    Rate this question:

  • 24. 

    Perawat yang bekerja di RS menunggu untuk menerima laporan dari laboratorium melalui faks. Mesin faks aktif dan mengharapkan laporan yang keluar, tetapi malah menerima foto yang berorientasi seksual. Manakah tindakan keperawatan yang paling tepat? 

    • A.

      Panggil polisi

    • B.

      Potong foto dan membuangnya

    • C.

      Panggil supervisor keperawatan dan laporkan kejadian tersebut

    • D.

      Panggil laboran dan tanyakan siapa yang mengirim foto tesebut

    • E.

      Hadirkan perawat lain sebagai saksi

    Correct Answer
    C. Panggil supervisor keperawatan dan laporkan kejadian tersebut
    Explanation
    Jawaban : Panggil supervisor keperawatan dan laporkan kejadian tersebut
    Rasional: Menjamin lingkungan kerja dari suatu pekerja di institusi. Pelecehan seksual di tempat kerja dilarang oleh negara dan hukumnya. Lelucon berbau seksual, menyentuh, menekan pekerja lain untuk berkencan, dan menunjukkan secara terbuka, atau mengirimkan foto atau poster berorientasi seksual merupakan contoh perilaku yang menjurus ke arah pelecehan seksual oleh pekerja lain. Jika perawat meyakini dia menjadi subjek dari tindakan seksual yang tidak diinginkan, maka supervisor keperawatan harus segera dikabari.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda, “paling tepat.” Ingat bahwa menggunakan alur komunikasi organisasionaladalah hal yang terbaik. Ingatan ini akan menunjukkan anda pada pilihan jawaban yang benar.
    Review: Tanggung jawab perawat ketika terjadi pelecehan seksual di tempat kerja
    Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
    Domain: Pengetahuan prosedur
    Keilmuan: Manajemen
    Proses Keperawatan: Implementasi
    Upaya Kesehatan: Preventif
    Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
    Sistem Tubuh: Pelayanan Kesehatan
    Daftar Pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 500-501.

    Rate this question:

  • 25. 

    Perawat sedang merawat pasien yang sakit terminal. Saat mengkaji klien manakah gejala yang perawat tahu paling umum menunjukkan distres menjelang kematian

    • A.

      Nyeri

    • B.

      Cemas

    • C.

      Depresi

    • D.

      Menarik diri

    • E.

      Marah

    Correct Answer
    B. Cemas
    Explanation
    Jawaban : Cemas
    Rasional: Cemas adalah gejala distres yang paling umum dirasakan menjelang kematian. Cemas merupakan perasaan yang tidak mudah diatasi karena penyebabnya yang tidak bisa diidentifikasi. Nyeri, depresi, marah dan menarik diri mungkin juga muncul tetapi bukan gejala distres yang paling sering ditemui perawat.
    Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda, “paling umum.”
    Review: Harapan di akhir kehidupan
    Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
    Domain: Pengetahuan kognitif
    Keilmuan: Keluarga
    Proses Keperawatan: Implementasi
    Upaya Kesehatan: Kuratif
    Kebutuhan Dasar: Psikososial
    Sistem Tubuh: Kesehatan mental
    Daftar Pustaka: Ignatavicius, Workman (2013), p. 114; Lewis et al (2011), p. 161.

    Rate this question:

Back to Top Back to top
Advertisement
×

Wait!
Here's an interesting quiz for you.

We have other quizzes matching your interest.