Kuis Dinamika Rotasi Dan Keseimbangan Benda Tegar

5 Questions | Total Attempts: 845

SettingsSettingsSettings
Please wait...
Kuis Dinamika Rotasi Dan Keseimbangan Benda Tegar

Kuis ini dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi sebagai berikut. 1. Menerapkan konsep torsi untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari2. Menerapkan konsep dinamika rotasi dalam memecahkan masalah nyata3. Membandingkan energi kinetik beragam jenis benda tegar saat bergerak menggelinding4. Menganalisa keseimbangan suatu sistem benda tegar5. Memberikan solusi terkait masalah keseimbangan benda tegar dalam kehidupan sehari hari


Questions and Answers
  • 1. 
    Perhatikan gambar. Jika Bapak berbaju putih melepas pintu selebar 1 m dengan gaya tegak lurus 8 N. Di belakangnya, seorang Ibu mendorong pintu dengan jarak 20 cm dari engsel dengan gaya 10 N dan tangannya membentuk sudut 300 terhadap pintu. Tentukan torsi total serta arah rotasi pintu.
  • 2. 
    Yo-yo berbentuk cakram  memiliki massa 100 gram dan berjari-jari 5 cm ditarik dangan gaya tegak lurus 10 N seperti pada gambar selama 4 sekon. Tentukan kecepatan angular yo-yo.
  • 3. 
    Lima buah benda tegar, yakni bola pejal, bola berongga, silinder pejal, silinder berongga dan cakram digelindingkan dari ketinggian yang sama menuruni bidang miring yang sama. Benda yang lebih dulu sampai di dasar adalah [Blank] karena rumus percepatannya [Blank]. Kemudian [Blank] sampai di dasar bersamaan dengan cakram karena memiliki konstanta momen inersia yang sama, yakni [Blank]. Disusul oleh [Blank]. Adapun benda yang paling terakhir sampai di dasar adalah [Blank] dengan percepatan [Blank].
  • 4. 
    Perhatikan gambar. Jika massa M=1000 kg, tentukan massa maksimal m agar crane tower dalam keadaan seimbang.
  • 5. 
    Jika panjang tongkat adalah 150 cm. Maka beban 10 kg harus diletakkan sejauh [Blank] dari pundak Abang tukang bakso agr sistem dalam keadaan seimbang.
Back to Top Back to top