Latihan Unbk Online Bahasa Indonesia 2

50 Questions | Total Attempts: 467

SettingsSettingsSettings
Please wait...
Latihan Unbk Online Bahasa Indonesia 2

Kerjakan soal berikut dengan jujur, serius dan penuh tanggung jawab


Questions and Answers
  • 1. 
    Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) Ayah Lisa meninggal dunia setahun yang lalu karena penyakit stroke yang dideritanya. (2) Tetapi keadaan ini tidak membuat Lisadan ibunya terpuruk dan larut dengan kesedihan. (3) Mereka justru berusaha tawakal menerima suratan takdir dari Sang Ilahi Robbi. (4) Lisa juga begitu bangga dengan ibunya. (5)  Karenaibunya dapat memerankan dua peran sekaligus, yaitu menjadi ayah dan ibu walaupun belum sempurna tetapi Lisa tetap banggavkepadanya.Bukti watak tokoh Lisa ”tabah” terdapat pada bagian nomor .... 
    • A. 

      1

    • B. 

      2

    • C. 

      3

    • D. 

      5

  • 2. 
    Bacalah kutipan cerpen berikut!. . . .”Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!””Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!”Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue . . . .”“Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembap, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang.Tokoh yang mengalami konflik pada teks tersebut adalah . . . . 
    • A. 

      Rinta dan dirinya

    • B. 

      Anya dan dirinya

    • C. 

      Rinta dan Anya

    • D. 

      Anya dan orang lain

  • 3. 
    Perhatikan kutipan teks cerpen berikut!”Ah, kan cuma sehari! Papamu tentu tidak akan keberatan,” kata Linda. “Sehari juga tidak akan diizinkan,” kata Vera. “Aku jadi ragu, nih,” kata Mita. “Papamu benar punya telepon genggam? Jangan-jangan itu hanya karanganmu saja.” “Tentu saja Papa punya! Memangnya aku pembohong?” kata Vera melotot. “Yah, siapa tahu. Kita kan belum lihat buktinya. Betul, kan teman-teman?” Mita memandang yang lainnya. Dikerdipkannya sebelah matanya. “He-eh,” angguk Eko. “Jangan cuma omong saja. Buktinya mana?” Dipanas-panasi begitu, Vera menjadi tersinggung juga. “Baik, baik. Akan aku buktikan. Lihat saja nanti!” katanya. “Begitu dong!” senyum Mia. Dia senang sekali siasatnya berhasil.Amanat teks tersebut adalah ...
    • A. 

      Jangan berani meminjam milik orang tua!

    • B. 

      Jangan mudah terpancing siasat orang lain!

    • C. 

      Perlu mempengaruhi teman yang sombong!

    • D. 

      Kekayaan harus ditunjukkan kepada orang lain!

  • 4. 
    Cerita yang merupakan bagian orientasi atau pendahuluan dalam kutipan cerpen berikut adalah ....
    • A. 

      Pada zaman dahulu, di sebuah desa tinggal sebuah keluarga yang bahagia. Keluarga itu mempunyai anak yang cantik bernama Bawang Putih. Kehidupan bahagia ituterganggu saat ibu Bawang Putih sakit keras dan pada akhirnya meninggal dunia.Bawang Putih sangat berduka, demikian juga ayahnya. Sekarang Bawang Putih hanya tinggal berdua bersama ayahnya.

    • B. 

      Kehidupan Bawang Putih tidak sepi lagi. Dia mendapat ibu baru sekaligus saudara perempuan, yaitu Bawang Merah. Pada awalanya, sang ibu tiri dan saudara tiri itu amat baik padaBawang Putih, tetapi lama-kelamaan karakter asli mereka mulai terlihat. Mereka seringmemarahi Bawang Putih serta memberinya pekerjaan berat bila ayah mereka pergiberdagang. Sudah pasti sang ayah tidak mengetahuinya karena Bawang Putih tidakpernah mengadukan tingkah ibu dan saudara tirinya itu.

    • C. 

      Suatu hari, ayah Bawang Putih sakit keras dan kemudian meninggal. Tinggallah Bawang Putih bersama ibu dan saudara tirinya. Hari demi hari Bawang Putih disiksa oleh Bawang Merah dan ibunya. Namun, Bawang Putih menerima kehidupan itudengan tabah. Suatu hari, Bawang Putih mencuci baju ibu dan saudaranya di sungai.Ada satu baju yang terhanyut, Bawang Putih pun mengejar baju itu. Sampailah diadi sebuah rumah yang dihuni seorang nenek yang berada di tepi sungai. Nenek itumenyimpan baju Bawang Putih yang hanyut.

    • D. 

      Dia mau menyerahkan baju itu jika Bawang Putih mau membantunya membersihkan rumah. Bawang Putih pun segera membantu nenek membersihkan rumah. Nenek itu terkesan dengan ketekunan Bawang Putih melakukan tugasnya membersihkan rumah. Setelah selesai, Bawang Putih berpamit pada sang nenek. Baju itu pun diserahkan nenek kepada Bawang Putih.Nenek itu juga memberi bungkusan hadiah untuk Bawang Putih karena telah bekerja membersihkan rumah nenek. Bungkusan itu tidak boleh dibuka jika belum sampai rumah.

  • 5. 
    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!Kutipan Cerpen 1Kutipan cerpen 2Sudah beberapa sore Wati datang ke pondokanku. Sore ini ia datang juga. Aku mulai curiga padanya. Yang dibicarakannya sudah bukan pelajaran melulu. Dulu terhadap Marwan pun diawali dengan hal-hal seputar pelajaran. Dugaanku tidak meleset, dia datang tidak sebagai murid. Sebagai gurunya, aku sering mengelakkan pertemuan-pertemuan dengan dia. Tetapi memang Wati gadis yang agresif. Aku makin jengkel.
    • Benar, semua itu nenek lakukan atas persetujuan seluruh keluarga. Hanya perasaan nenek tak bisa dibohongi. Nenek, sebagai seorang ibu, merasa lari dari tanggung jawab dan sangat rindu pada keluarga karena jauh dari mereka.” ”Menurut aku, nenek seorang ibu yang bertanggung jawab.” “Itulah sebabnya nenek kurang setuju kau tulis riwayat nenek.”
    Perbedaan konflik pada teks tersebut adalah ....
    • A. 

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2konflik fisik antara Wati dan MarwanNenek pergi jauh demi tanggung jawabnya kepada keluarga.

    • B. 

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2antara tokoh aku dan Wati mengalami konflik batinAku, seorang cucu, yang sayang kepada neneknya.

    • C. 

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2antara tokoh Wati dan Marwan mengalami konflik fisikAku gagal menulis riwayat hidup nenek tercinta.

    • D. 

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2konflik batin tokoh aku terhadap WatiNenek merasa bersalah karena telah meninggalkan keluarga.

  • 6. 
    Bacalah dua kutipan cerpen berikut!Kutipan 1Kutipan 2“Kukira tak ada lagi yang perlu diselesaikan”, kata petani John yang cerdik. “Ketika kau mengira sapiku yang merusak tanamanmu itu, kau telah menetapkan besarnya ganti rugi dan menuntut untuk membayarnya sekarang juga. Sekarang, pastilah kau rela memberikan ganti rugi sebesar yang telah kau tetapkan tadi, bukan? Kebetulan luas kebun kita luasnya sama. Dan bayarnya sekarang juga.”Tutik kakak Maria, mempunyai sifat yang berbeda dengan adiknya. Ia lebih menyukai organisasi perjuangan. Dia tidak menghiraukan orang lain, apalagi memikirkan masalah cinta. Banyak teman-temannya yang ingin menyunting Tuti, tetapi Tuti menolaknya. Padahal, Tuti tahu bahwa setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, apalagi wanita.  Perbedaan karakteristik kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....
    • A. 

      Kutipan 1Kutipan 2Sudut pandang orang pertamaSudut pandang orang ketiga

    • B. 

      Kutipan 1Kutipan 2Setingnya di perkotaanSetingnya di pedesaan

    • C. 

      Kutipan 1Kutipan 2Menggunakan alur campuranMenggunakan alur mundur.

    • D. 

      Kutipan 1Kutipan 2Bertemakan balas dendamBertemakan kebebasan

  • 7. 
    Bacalah kutipan cerpen berikut!Oliver bangkit dari mejanya dan menemui pelayan dengan mangkok dan sendok di tanggannya. Walupun ia juga kawatir dan takut, ia berusaha memberanikan diri. Ia berkata”Saya minta tambah, Pak”.Kepala pelayan rumah penampungan mendengar perkataan Oliver itu menjadi marah. Kemudian kepala oliver dipukul dengan sendok, kemudian menangkapnya dengan tangan. Oliver berteriak minta tolongAmanat dalam kutipan cerita tersebut adalah...
    • A. 

      Hendaknya kita selalu mengasihi sesama.

    • B. 

      Kita boleh minta tambah jatah makanan.

    • C. 

      Anak boleh tinggal di rumah penampungan.

    • D. 

      Sebagai anak harus menerima apa adanya.

  • 8. 
    Bacalah kutipan cerita berikut! "Kemudian si Burung Hantu  memikirkan suatu cara bagaimana caranya memberi pelajaran kepada si Bebek. Dia ingin menghentikan tingkah polah si Bebek yang semakin menjadi-jadi. Si Burung Hantu tahu bahwa setiap malam si Bebek selalu tidur di bawah pohon tidak jauh dari rumahnya. Oleh karena itu,  menjelang gelap si Burung Hantu sudah bertengger di dahan pohon dimana di bawahnya tenpat si Bebek tidur. Dan tidak berapa lama nampaklah si Bebek pulang. Lalu si Burung Hantu berusaha mendekatinya. Binatang yang lain mulai tidur.Tokoh utama dari kutipan fabel tersebut adalah...
    • A. 

      Bebek dan Burung Hantu

    • B. 

      Burung Hantu

    • C. 

      Binatang lain

    • D. 

      Bebek

  • 9. 
    Bacalah kutipan cerita berikut!“ Sebernarnya kamu harus malu pada loncengmu. Lonceng itu tidak patut kamu banggakan. Bahkan , itu aib. Sebenarnya  majiknmu memberikan lonceng itu agar orang berhati-hati dengan berhati dengan kehadiranmu. Lonceng itu adalah pemberitahuan kepada semua orang agar berhati-hati dan waspada akan kedatanganmu karena kamu anjing yang tak tahu aturan dan sering menggigit tumit orang”, kata anjing tua.Setelah mendengar hal itu, anjing berlonceng tidak mau lagi berlari-lari. Meskipun memakai lonceng dia tidak berlari lagi memamerkan loncengnya karena banyak anjing yang lain mengetahui aibnyaNilai moral yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah...
    • A. 

      Kita harus selalu membantu sesama teman.

    • B. 

      Teman yang baik harus selalu mengingatkan.

    • C. 

      Kita tidak boleh menyombongkan diri dan pamer .

    • D. 

      Kita harus berterima kasih jika dibantu oleh teman.

  • 10. 
    Bacalah kutipan cerita berikut!Gerakan-gerakan dari kepompong tersebut menarik perhatian semut yang baru pertama kali ini melihat kepompong yang bisa bergerak-gerak. Dia mendekat dan berkata : “Aduh kasian sekali kamu ini” kata semut itu dengan nada antara kasihan dan menghina.“Nasibmu malang sekali, sementara aku bisa lari kesana kemari sekehendak hatiku, dan kalau aku ingin aku bisa memanjat pohon yang tertinggi sekalipun, kamu terperangkap dalam kulitmu, hanya bisa menggerakkan sedikit saja tubuhmu”. Kepompong mendengar semua yang dikatakan oleh semut, tapi dia diam saja tidak menjawab. Bukti konfliks yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah....
    • A. 

      Gerakan kepompong menarik perhatian semut!

    • B. 

      Semut mulai menghina Kepompong yang tidak bisa berjalan.

    • C. 

      Semut memamerkan dirinya yang bisa berjalan kesana kemari.

    • D. 

      Kepompong diam saja memdengar perkataan semut yang menghina

  • 11. 
    Baca kutipan cerita berikut dengan saksama!Si Pedagang, walaupun sangat bersemangat, hanya bisa menjual satu telur emas sehari. Si Pedagang benar-benar tidak puas dengan hal itu. Gagasan yang hebat lalu terlintas di pikirannya. Pedagang yang rakus itu akan membunuh si Angsa! Ia akan mengambil semua telur yang ada di dalam tubuhnya sekaligus.Para pembeli bersorak gembira ketika si Pedagang mengumumkan ide hebatnya itu pada mereka. Kemudian dengan hati-hati ia mengeluarkan sebuah pisau tajam dan membelah dada burung itu."Dia membunuh burungnya!" orang-orang bergumam terpesona.Namun apa yang terjadi kemudian? Di sana berbaring seekor angsa yang cantik, dadanya terbelah lebar, tapi tak ada sebutir telur pun terletak di dalam tubuhnya. Sekarang angsa itu hanya berguna untuk jadi angsa panggang. Amanat cerita tersebut adalah ....
    • A. 

      Semangatlah untuk mewujudkan keinginan.

    • B. 

      Dukunglah teman yang memiliki gagasan hebat.

    • C. 

      Jangan serakah kalau sudah memperoleh yang diinginkan.

    • D. 

      Ingatkan orang yang akan melakukan perbuatan yang tidak baik.

  • 12. 
    Baca kutipan laporan berikut!Burung merpati dapat digunakan dalam perlombaan, misalnya balapan atau kontes kecantikan burung merpati. Namun yang sering dijumpai di Boja adalah balapan. Balapan biasanya dilakukan pada lintasan yang lurus atau diterbangkan dari jarak jauh. Dalam hal ini yang digunakan untuk balapan adalah merpati jantan, sedangkan merpati betina hanya untuk  pancingan saja. Burung merpati dapat mengenali pasangannya masing-masing, karena burung merpati termasuk burung yang setia terhadap satu pasangannya. Simpulan isi laporan tersebut adalah ....
    • A. 

      Perlombaan balapan merpati lebih sering dijumpai dibanding kontes kecantikan.

    • B. 

      Balapan merpati dilakukan pada lintasan lurus atau diterbangkan dari jarak jauh.

    • C. 

      Merpati betina dapat digunakan sebagai pancingan dalam balapan merpati.

    • D. 

      Burung merpati termasuk burung yang setia pada pasangannya.

  • 13. 
    Bacalah kutipan laporan berikut!
    1. Pasar Beringharjo merupakan tempat yang tepat untuk berburu barang antik. (2) Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai tiga pasar bagian timur. (3) Di tempat itu, wisatawan bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60-an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung, dan sebagainya. (4) Di lantai itu juga kita bisa memburu barang bekas impor maupun ekspor yang berkualitas dengan harga yang lebih murah
     Makna kalimat (2) laporan tersebut adalah ....
    • A. 

      Barang bekas impor dan ekspor bisa kita dapatkan di lantai tiga pasar bagian timur.

    • B. 

      Lantai tiga pasar bagian timur merupakan pusat penjualan barang antik.

    • C. 

      Barang antik hanya bisa kita dapatkan di lantai tiga pasar bagian timur.

    • D. 

      Kita bisa berburu barang antik di lantai tiga pasar bagian timur.

  • 14. 
    Baca dengan cermat kedua kutipan laporan berikutTeks 1Teks 2Perjalanan dimulai sekitar jam 07 dengan meeting point seperti biasa, yaitu halaman KPP Serang.Jalur Serang-Sepang tidak terlalu istimewa karena masih di dalam kawasan kota Serang dengan kondisi jalan aspal. Namun, selepas Sepang, bikers mulai disuguhi dengan tanjakan yang cukup membuat kami bernafas melalui mulut dan lutut gemetar. Pit stop pertama di pos ronda Desa Cimoyan. Penduduk di sana mengingatkan bahwa jalanan buntu, hanya jalan setapak. Nah… justru itu yang kami cari.Ini merupakan perkampungan masyarakat adat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Banten. Sejak dulu warga Baduy dikenal teguh memegang adat istiadat leluhurnya. Falsafah hidup mereka selaras dengan alam, dan mengabdi pada adat leluhur. Pakaian mereka serba hitam dan selalu berikat kepala. Rumah mereka pun sederhana beralaskan kayu dan beratap rumbia. Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan laporan tersebut adalah ....
    • A. 

      Teks 1Teks 2banyak kata-kata asingmenggunakan kata-kata daerah tertentu

    • B. 

      Teks 1Teks 2berbahasa bahasa bakumenggunakan bahasa sehari-hari

    • C. 

      Teks 1Teks 2menggunakan kata-kata asingberbahasa baku

    • D. 

      Teks 1Teks 2Menggunakan bahasa sehari-hariberbahasa daerah tertentu

  • 15. 
    Baca dengan cermat kutipan laporan berikut!(1) Tradisi mengenai kain batik yang tertanam cukup kuat di kalangan masyarakat Madura telah membuat budaya membatik dan memakai kain batik terpelihara dengan baik di kalangan mereka. (2) Bahkan, ketika kain batik belum sepopuler seperti dewasa ini, masyarakat Madura telah memproduksi dan mengenakan pakaian batik. (3) Batik sudah menjadi bagian dari adat dan budaya mereka sehari-hari. (4) Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat bagi mereka masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik. Perbaikan kalimat (4) kutipan laporan tersebut yang tepat adalah ....
    • A. 

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat untuk masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

    • B. 

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat di kalangan masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

    • C. 

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat bagi mereka masyarakat Madura, maka para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

    • D. 

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat untuk mereka masyarakat Madura, maka para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

  • 16. 
    Perhatikan laporan rumpang  berikut!Silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan sesama saudara di pelosok desa, itulah niat tulus kami dalam bakti sosial ini. Dengan berbekal sembako dan pakaian pantas pakai yang telah kami kumpulkan, kami berangkat dari sekolah pukul 07.00 tepat. Perjalanan sangat menyenangkan. Selain jalan yang berkelok dan berliku, pemandangan di kanan dan kiri jalan sangat indah dan mengesankan. Semua warga desa menyambut kedatangan kami dengan penuh rasa persahabatan seperti berjumpa dengan kawan lama. (………..) Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian laporan rumpang pada paragraf tersebut adalah ….
    • A. 

      Sungguh, bakti sosial ini merupakan pelajaran berharga dalam kehidupan yang tidak akan kami lupakan.

    • B. 

      Bakti sosial itu dilaksanakan di sebuah desa terpencil selatan Yogyakarta.

    • C. 

      Bakti sosial memang sangat penting untuk kemanusiaan.

    • D. 

      Semua warga desa sangat senang menerima sembako.

  • 17. 
    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat.(2) Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.(3) Kesempatan yang baik itu, kami abadikan.(4) Pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas.(5) Maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju.(6) Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan. Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah .... 
    • A. 

      (6), (4), (2), (1), (3), (5)

    • B. 

      (4), (3), (2), (5), (2), (1)

    • C. 

      (6), (5), (4), (3), (1), (2)

    • D. 

      (4), (3), (2), (6), (5), (1)

  • 18. 
    Perhatikan teks ulasan berikut!Judul Ulasan :Buku Puisi " Gerimis di Ujung Kemarau" Karya DarmawatiPenilaian dan penafsiran :Puisi - puisi di dalam buku ini banyak bercerita tentang tema pendidikan, misalnya sekolah, guru, atau ujian. penulis terinspirasi ketika menatap wajah para siswa yang lugu, polos, tak berdosa. selain itu, penulis banyak mengungkapkan sesuatu yang sesuai dengan gejala alam yang senantiasa melingkupi kehidupannya. misalnya ketika kemarau melanda, kemudian berganti dengan hujan yang menyejukkan. semua itu dikemas dalam bentuk untaian larik dan bait yang sederhana.Puisi - puisi di buku ini di peruntukkan bagi pembaca khususnya siswa SMP dan SMA. Hal ini mengingat kebutuhan akan buku-buku kumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai buku pelengkap bahan ajar sangat tinggi, namun kurang jumlahnya di perpustakaan sekolah. semoga kehadiran buku ini ikut menambah khasanah kesusastraan indonesia modern. Berikut ini pujian yang sesuai dengan ulasan tersebut adalah ....
    • A. 

      Puisi - puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna.

    • B. 

      Buku kumpulan puisi tersebut bagus, namun isinya terlalu sederhana.

    • C. 

      Darmawati merupakan pengarang puisi berbakat.

    • D. 

      Puisi-puisinya hanya cocok untuk siswa SMA.

  • 19. 
    Perhatikan teks ulasan berikut!Film Negeri 5 Menara memiliki beberapa kelebihan, diantaranya mengubah pola pikir kita tentang kehidupan pondok yang hanya belajar agama saja. Lalu, penonton tidak akan bosan membaca kehidupan di pondok karena sutradara rupanya menggunakan alur campuran.Isi ulasan tersebut adalah ….
    • A. 

      Film Negeri 5 Menara adalah film tentang kehidupan pondok.

    • B. 

      Film Negeri 5 Menara tidak membosankan.

    • C. 

      Film Negeri 5 Menara dapat mengubah pola pikir penonton.

    • D. 

      Film Negeri 5 Menara menggunakan alur campuran.

  • 20. 
    Perhatikan kedua teks ulasan berikut!Teks 1Teks 2Negeri 5 Menara adalah sebuah garapan Kompas Gramedia production bersama Million Pictures yang merupakan adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi berjudul Negeri 5 Menara. Skenario ditulis oleh Salman Aristo yang juga penulis naskah film Ayat-Ayat Cinta, Laskar Pelangi, Sang Penari. Disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman film ini mengambil lokasi syuting di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Sumatera Barat, Bandung, hingga London.Orde Phoenix adalah salah satu episode dari  Harry Potter. Anda merasa mengerti dan tertarik membacanya pada saat Anda membaca sampai akhir. Saya benar-benar tersentuh oleh halaman terakhir. Membaca secara rinci tentang Harry membersihkan sebuah rumah tua, misalnya - rumah tangga masih housekeeping, magis atau tidak, dan aku tidak sangat tertarik untuk melakukannya atau membaca tentang orang lain melakukannya.      Kutipan teks tersebut diklasifikasikan sebagai teks ulasan….
    • A. 

      Teks 1 : film Teks 2 : film

    • B. 

      Teks 1 : novel Teks 2 : novel

    • C. 

      Teks 1 : film Teks 2 : novel

    • D. 

      Teks 1 : novel Teks 2 : film

  • 21. 
    1. Perhatikan bagian kutipan resensi buku berikut!
     Buku “Bunga Cantik di Balik Salju” merupakan sebuah novel yang mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana.Sesuai konsepnya yang inspirasional, novel ini memberikan kita banyak inspirasi, pesan dan kesan yang dapat mengalir hingga ke lubuk hati dan pikiran. [….] . Di balik kekurangan yang ada, novel “Bunga Cantik di Balik Salju” ini pantas dibaca untuk siapa saja, terutama untuk wanita. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpangberisi kelemahan buku adalah ….
    • A. 

      Novel ini mengajarkan kita akan apa arti tegar, kuat, mandiri dan cantik sebenarnya.

    • B. 

      Novel ini menyuguhkan bacaan yang sangat inspiratif, agar wanita bisa membangun kecantikan tidak hanya dari luar saja.

    • C. 

      Ada beberapa sesi cerita yang cukup panjang dan mengurangi kenyamanan pembaca dalam memahami isi karena intinya sama saja.

    • D. 

      Meskipun alur maju mundur namun alur tersebutlah yang membuat pembaca menjadi semakin penasaran.

  • 22. 
    Bacalah penggalan teks biografi berikut! Prof Nelson Tansu, PhD- Pakar Teknologi Nano, pria kelahiran Medan, 20 Oktober 1977 ini adalah seorang jenius. Ia adalah pakar teknologi nano. Fokusnya adalah bidang eksperimen mengenai semikonduktor berstruktur nano.Nelson, misalnya, mampu memberdayakan sinar laser dengan listrik superhemat. Tak mengherankan bila pada Mei lalu, Nelson diangkat sebagai profesor di Universitas Lehigh. Ia memecahkan rekor menjadi  profesor termuda sepanjang sejarah di Amerika. Mudah bagi anak muda semacam Nelson ini bila ingin menjadi warga negara Amerika. Ia masih memiliki ambisi untuk balik ke Indonesia dan menjadikan universitas di Indonesia sebagai universitas papan atas di Asia. Peristiwa penting yang dialami Prof Nelson Tansu dalam teks biografi tersebut adalah … 
    • A. 

      orang yang jenius dan pakar teknologi nano

    • B. 

      Fokus dalam bidang eksperimen semikonduktor berstruktur nano

    • C. 

      Diangkat menjadi asisten profesor termuda sepanjang sejarah Amerika

    • D. 

      Berambisi menjadikan universitas di Indonesia universitas papan atas di Asia.

  • 23. 
    Bacalah penggalan teks biografi berikut! Di sebuah ruang kerja di kompleks Orion Genomic, salah satu perusahaan riset bioteknologi terkemuka di negeri itu, seorang lelaki Jawa berwajah "dagadu" sebab senyum tak pernah lepas dari bibirnya. Di sudut ruangan sebuah gedung pencakar langit di pusat kota Orion, Amerika, kerap terlihat  ia sedang salat. Dialah Muhammad Arief Budiman  satu dari enam eksekutif kunci perusahaan genetika paling terkemuka di Amerika. Pada mulanya bercita-cita menjadi pilot, lalu ingin jadi dokter karena harus berkacamata sewaktu SMP, anak pekerja pabrik tekstil GKBI itu sekarang menjadi motor riset utama di Orion. Jabatannya: Kepala Library Technologies Group. Arief tak hanya terpandang di perusahaannya. Namanya juga moncer di antara sejawatnya di negara yang menjadi pusat pengembangan ilmu tersebut: menjadi anggota American Society for Plant Biologists dan—ini lebih bergengsi baginya karena ia ahli genetika tanaman—American Association for Cancer Research.  Keteladanan tokoh dalam teks biografi tersebut adalah ….
    • A. 

      Seorang lelaki Jawa berwajah "dagadu"

    • B. 

      Ahli riset bioteknologi yang rajin beribadah.

    • C. 

      Merupakan ahli riset bioteknologi yang sederhana.

    • D. 

      Eksekutif perusahaan genetika paling terkemuka Amerika

  • 24. 
    1. Perhatikan bagian penutup biografi yang rumpang berikut!
     Susi Susanti adalah salah satu pemain bulu tangkis putri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Prestasinya merupakan buah dari keseriusan yang harus kita miliki untuk mendapatkan sebuah mimpi. Sebuah kerja keras yang harus kita lakukan, dan bagaimana kita bisa menjadi manusia yang sesungguhnya, manusia yang dapat memberi contoh untuk orang lain bahkan hingga ketika kita selesai mencapai mimpi terutama kita. […]. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
    • A. 

      Sebagai anak bangsa Indonesia, kita patut mencontoh bagaimana Susi Susanti mengejar mimpinya tanpa lelah sehingga mampu mengharumkan nama bangsa.

    • B. 

      Ia memulai karir bulutangkis di klub milik pamannya, PB Tunas Tasikmalaya. Prestasinya yang gemilang perlu menjadi inspirasi atlet muda Indonesia.

    • C. 

      Puncak karier Susi terjadi saat ia menjadi juara tunggal putri cabang bulutangkis di Olimpiade Barcelona, 1992.

    • D. 

      Bersama suaminya, alan Budi Kusuma, ia mendirikan Olympic Badminton Hall di Kelapa Gading.

  • 25. 
    Bacalah teks berikut! Hampir sebulan sejumlah provinsi di Indonesia tertutup asap kebakaran hutan. (1) Ada ribuan warga terkena Penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) dan berbagai penyakit lainnya. (2) Tak sampai di situ, perekonomian masyarakat juga ikut terganggu.(3) Atas alasan itu, pemerintah pusat diminta menetapkan status darurat asap nasional dan mengerahkan seluruh sumber daya untuk memadamkan api. (4) Namun menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, status darurat asap nasional itu belum perlu. (5) Dia menyebut kebakaran hanya melanda sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan saja. (6) Kalimat yang belum mencerminkan rasa keberpihakan terhadap kepentingan masyarakat ditandai nomor….
    • A. 

      (1) dan (4)

    • B. 

      (2) dan (4)

    • C. 

      (3) dan (5)

    • D. 

      (5) dan (6)

Back to Top Back to top