Latihan Unbk Online Bahasa Indonesia 2

Approved & Edited by ProProfs Editorial Team
The editorial team at ProProfs Quizzes consists of a select group of subject experts, trivia writers, and quiz masters who have authored over 10,000 quizzes taken by more than 100 million users. This team includes our in-house seasoned quiz moderators and subject matter experts. Our editorial experts, spread across the world, are rigorously trained using our comprehensive guidelines to ensure that you receive the highest quality quizzes.
Learn about Our Editorial Process
| By Smpn4depok
S
Smpn4depok
Community Contributor
Quizzes Created: 2 | Total Attempts: 1,192
Questions: 50 | Attempts: 581

SettingsSettingsSettings
Latihan Unbk Online Bahasa Indonesia 2 - Quiz

Kerjakan soal berikut dengan jujur, serius dan penuh tanggung jawab


Questions and Answers
  • 1. 

    Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) Ayah Lisa meninggal dunia setahun yang lalu karena penyakit stroke yang dideritanya. (2) Tetapi keadaan ini tidak membuat Lisadan ibunya terpuruk dan larut dengan kesedihan. (3) Mereka justru berusaha tawakal menerima suratan takdir dari Sang Ilahi Robbi. (4) Lisa juga begitu bangga dengan ibunya. (5)  Karenaibunya dapat memerankan dua peran sekaligus, yaitu menjadi ayah dan ibu walaupun belum sempurna tetapi Lisa tetap banggavkepadanya.Bukti watak tokoh Lisa ”tabah” terdapat pada bagian nomor .... 

    • A.

      1

    • B.

      2

    • C.

      3

    • D.

      5

    Correct Answer
    C. 3
    Explanation
    The correct answer is 3. In this part of the passage, it is mentioned that Lisa and her mother accept their fate with resignation and trust in God. This shows that Lisa is "tabah" or resilient in the face of adversity.

    Rate this question:

  • 2. 

    Bacalah kutipan cerpen berikut!. . . .”Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!””Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!”Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue . . . .”“Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembap, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang.Tokoh yang mengalami konflik pada teks tersebut adalah . . . . 

    • A.

      Rinta dan dirinya

    • B.

      Anya dan dirinya

    • C.

      Rinta dan Anya

    • D.

      Anya dan orang lain

    Correct Answer
    C. Rinta dan Anya
    Explanation
    The correct answer is Rinta dan Anya. The passage describes Rinta's anger and frustration towards Anya for accidentally tearing her beloved poster. Anya tries to apologize, but Rinta dismisses her and tells her to leave. This interaction shows a conflict between Rinta and Anya, indicating that they are the ones experiencing the conflict in the text.

    Rate this question:

  • 3. 

    Perhatikan kutipan teks cerpen berikut!”Ah, kan cuma sehari! Papamu tentu tidak akan keberatan,” kata Linda. “Sehari juga tidak akan diizinkan,” kata Vera. “Aku jadi ragu, nih,” kata Mita. “Papamu benar punya telepon genggam? Jangan-jangan itu hanya karanganmu saja.” “Tentu saja Papa punya! Memangnya aku pembohong?” kata Vera melotot. “Yah, siapa tahu. Kita kan belum lihat buktinya. Betul, kan teman-teman?” Mita memandang yang lainnya. Dikerdipkannya sebelah matanya. “He-eh,” angguk Eko. “Jangan cuma omong saja. Buktinya mana?” Dipanas-panasi begitu, Vera menjadi tersinggung juga. “Baik, baik. Akan aku buktikan. Lihat saja nanti!” katanya. “Begitu dong!” senyum Mia. Dia senang sekali siasatnya berhasil.Amanat teks tersebut adalah ...

    • A.

      Jangan berani meminjam milik orang tua!

    • B.

      Jangan mudah terpancing siasat orang lain!

    • C.

      Perlu mempengaruhi teman yang sombong!

    • D.

      Kekayaan harus ditunjukkan kepada orang lain!

    Correct Answer
    B. Jangan mudah terpancing siasat orang lain!
    Explanation
    The correct answer is "Jangan mudah terpancing siasat orang lain!" because the passage shows a conversation between friends where one of them doubts the existence of another friend's father's mobile phone. The friend who is being doubted becomes defensive and promises to prove the existence of the phone. This shows that the friends are trying to manipulate and deceive each other, highlighting the importance of not easily falling for others' tricks and schemes.

    Rate this question:

  • 4. 

    Cerita yang merupakan bagian orientasi atau pendahuluan dalam kutipan cerpen berikut adalah ....

    • A.

      Pada zaman dahulu, di sebuah desa tinggal sebuah keluarga yang bahagia. Keluarga itu mempunyai anak yang cantik bernama Bawang Putih. Kehidupan bahagia ituterganggu saat ibu Bawang Putih sakit keras dan pada akhirnya meninggal dunia.Bawang Putih sangat berduka, demikian juga ayahnya. Sekarang Bawang Putih hanya tinggal berdua bersama ayahnya.

    • B.

      Kehidupan Bawang Putih tidak sepi lagi. Dia mendapat ibu baru sekaligus saudara perempuan, yaitu Bawang Merah. Pada awalanya, sang ibu tiri dan saudara tiri itu amat baik padaBawang Putih, tetapi lama-kelamaan karakter asli mereka mulai terlihat. Mereka seringmemarahi Bawang Putih serta memberinya pekerjaan berat bila ayah mereka pergiberdagang. Sudah pasti sang ayah tidak mengetahuinya karena Bawang Putih tidakpernah mengadukan tingkah ibu dan saudara tirinya itu.

    • C.

      Suatu hari, ayah Bawang Putih sakit keras dan kemudian meninggal. Tinggallah Bawang Putih bersama ibu dan saudara tirinya. Hari demi hari Bawang Putih disiksa oleh Bawang Merah dan ibunya. Namun, Bawang Putih menerima kehidupan itudengan tabah. Suatu hari, Bawang Putih mencuci baju ibu dan saudaranya di sungai.Ada satu baju yang terhanyut, Bawang Putih pun mengejar baju itu. Sampailah diadi sebuah rumah yang dihuni seorang nenek yang berada di tepi sungai. Nenek itumenyimpan baju Bawang Putih yang hanyut.

    • D.

      Dia mau menyerahkan baju itu jika Bawang Putih mau membantunya membersihkan rumah. Bawang Putih pun segera membantu nenek membersihkan rumah. Nenek itu terkesan dengan ketekunan Bawang Putih melakukan tugasnya membersihkan rumah. Setelah selesai, Bawang Putih berpamit pada sang nenek. Baju itu pun diserahkan nenek kepada Bawang Putih.Nenek itu juga memberi bungkusan hadiah untuk Bawang Putih karena telah bekerja membersihkan rumah nenek. Bungkusan itu tidak boleh dibuka jika belum sampai rumah.

    Correct Answer
    A. Pada zaman dahulu, di sebuah desa tinggal sebuah keluarga yang bahagia. Keluarga itu mempunyai anak yang cantik bernama Bawang Putih. Kehidupan bahagia ituterganggu saat ibu Bawang Putih sakit keras dan pada akhirnya meninggal dunia.Bawang Putih sangat berduka, demikian juga ayahnya. Sekarang Bawang Putih hanya tinggal berdua bersama ayahnya.
    Explanation
    The given answer provides the orientation or introduction of the story. It introduces the setting, which is a happy family living in a village in the past. It also introduces the main character, Bawang Putih, who is described as a beautiful daughter. The happiness of the family is disrupted when Bawang Putih's mother falls seriously ill and eventually passes away. Bawang Putih and her father are left alone after her mother's death. This information sets the stage for the events that follow in the story.

    Rate this question:

  • 5. 

    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!Kutipan Cerpen 1Kutipan cerpen 2Sudah beberapa sore Wati datang ke pondokanku. Sore ini ia datang juga. Aku mulai curiga padanya. Yang dibicarakannya sudah bukan pelajaran melulu. Dulu terhadap Marwan pun diawali dengan hal-hal seputar pelajaran. Dugaanku tidak meleset, dia datang tidak sebagai murid. Sebagai gurunya, aku sering mengelakkan pertemuan-pertemuan dengan dia. Tetapi memang Wati gadis yang agresif. Aku makin jengkel.
    • Benar, semua itu nenek lakukan atas persetujuan seluruh keluarga. Hanya perasaan nenek tak bisa dibohongi. Nenek, sebagai seorang ibu, merasa lari dari tanggung jawab dan sangat rindu pada keluarga karena jauh dari mereka.” ”Menurut aku, nenek seorang ibu yang bertanggung jawab.” “Itulah sebabnya nenek kurang setuju kau tulis riwayat nenek.”
    Perbedaan konflik pada teks tersebut adalah ....

    • A.

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2konflik fisik antara Wati dan MarwanNenek pergi jauh demi tanggung jawabnya kepada keluarga.

    • B.

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2antara tokoh aku dan Wati mengalami konflik batinAku, seorang cucu, yang sayang kepada neneknya.

    • C.

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2antara tokoh Wati dan Marwan mengalami konflik fisikAku gagal menulis riwayat hidup nenek tercinta.

    • D.

      Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2konflik batin tokoh aku terhadap WatiNenek merasa bersalah karena telah meninggalkan keluarga.

    Correct Answer
    D. Kutipan cerpen 1Kutipan cerpen 2konflik batin tokoh aku terhadap WatiNenek merasa bersalah karena telah meninggalkan keluarga.
    Explanation
    The correct answer is that the difference in conflict in the two excerpts is the internal conflict of the narrator towards Wati, while the grandmother feels guilty for leaving her family. This is evident in the first excerpt where the narrator expresses suspicion towards Wati and annoyance towards her aggressive behavior. In the second excerpt, the grandmother admits that she feels guilty for running away from her responsibilities and misses her family.

    Rate this question:

  • 6. 

    Bacalah dua kutipan cerpen berikut!Kutipan 1Kutipan 2“Kukira tak ada lagi yang perlu diselesaikan”, kata petani John yang cerdik. “Ketika kau mengira sapiku yang merusak tanamanmu itu, kau telah menetapkan besarnya ganti rugi dan menuntut untuk membayarnya sekarang juga. Sekarang, pastilah kau rela memberikan ganti rugi sebesar yang telah kau tetapkan tadi, bukan? Kebetulan luas kebun kita luasnya sama. Dan bayarnya sekarang juga.”Tutik kakak Maria, mempunyai sifat yang berbeda dengan adiknya. Ia lebih menyukai organisasi perjuangan. Dia tidak menghiraukan orang lain, apalagi memikirkan masalah cinta. Banyak teman-temannya yang ingin menyunting Tuti, tetapi Tuti menolaknya. Padahal, Tuti tahu bahwa setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, apalagi wanita.  Perbedaan karakteristik kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....

    • A.

      Kutipan 1Kutipan 2Sudut pandang orang pertamaSudut pandang orang ketiga

    • B.

      Kutipan 1Kutipan 2Setingnya di perkotaanSetingnya di pedesaan

    • C.

      Kutipan 1Kutipan 2Menggunakan alur campuranMenggunakan alur mundur.

    • D.

      Kutipan 1Kutipan 2Bertemakan balas dendamBertemakan kebebasan

    Correct Answer
    D. Kutipan 1Kutipan 2Bertemakan balas dendamBertemakan kebebasan
    Explanation
    The difference in characteristics between the two excerpts is that the first excerpt revolves around the theme of revenge, while the second excerpt revolves around the theme of freedom.

    Rate this question:

  • 7. 

    Bacalah kutipan cerpen berikut!Oliver bangkit dari mejanya dan menemui pelayan dengan mangkok dan sendok di tanggannya. Walupun ia juga kawatir dan takut, ia berusaha memberanikan diri. Ia berkata”Saya minta tambah, Pak”.Kepala pelayan rumah penampungan mendengar perkataan Oliver itu menjadi marah. Kemudian kepala oliver dipukul dengan sendok, kemudian menangkapnya dengan tangan. Oliver berteriak minta tolongAmanat dalam kutipan cerita tersebut adalah...

    • A.

      Hendaknya kita selalu mengasihi sesama.

    • B.

      Kita boleh minta tambah jatah makanan.

    • C.

      Anak boleh tinggal di rumah penampungan.

    • D.

      Sebagai anak harus menerima apa adanya.

    Correct Answer
    A. Hendaknya kita selalu mengasihi sesama.
    Explanation
    The correct answer is "Hendaknya kita selalu mengasihi sesama" because the passage portrays Oliver trying to be brave and asking for more food, but instead of receiving kindness and understanding, he is met with anger and violence. This suggests that the message of the story is about the importance of showing love and compassion towards others, even in difficult situations.

    Rate this question:

  • 8. 

    Bacalah kutipan cerita berikut! "Kemudian si Burung Hantu  memikirkan suatu cara bagaimana caranya memberi pelajaran kepada si Bebek. Dia ingin menghentikan tingkah polah si Bebek yang semakin menjadi-jadi. Si Burung Hantu tahu bahwa setiap malam si Bebek selalu tidur di bawah pohon tidak jauh dari rumahnya. Oleh karena itu,  menjelang gelap si Burung Hantu sudah bertengger di dahan pohon dimana di bawahnya tenpat si Bebek tidur. Dan tidak berapa lama nampaklah si Bebek pulang. Lalu si Burung Hantu berusaha mendekatinya. Binatang yang lain mulai tidur.Tokoh utama dari kutipan fabel tersebut adalah...

    • A.

      Bebek dan Burung Hantu

    • B.

      Burung Hantu

    • C.

      Binatang lain

    • D.

      Bebek

    Correct Answer
    A. Bebek dan Burung Hantu
    Explanation
    The main characters in the given fable excerpt are Bebek and Burung Hantu. The passage describes how Burung Hantu plans to teach Bebek a lesson by observing his behavior at night and approaching him while he sleeps. This suggests that both Bebek and Burung Hantu play significant roles in the story, making them the main characters.

    Rate this question:

  • 9. 

    Bacalah kutipan cerita berikut!“ Sebernarnya kamu harus malu pada loncengmu. Lonceng itu tidak patut kamu banggakan. Bahkan , itu aib. Sebenarnya  majiknmu memberikan lonceng itu agar orang berhati-hati dengan berhati dengan kehadiranmu. Lonceng itu adalah pemberitahuan kepada semua orang agar berhati-hati dan waspada akan kedatanganmu karena kamu anjing yang tak tahu aturan dan sering menggigit tumit orang”, kata anjing tua.Setelah mendengar hal itu, anjing berlonceng tidak mau lagi berlari-lari. Meskipun memakai lonceng dia tidak berlari lagi memamerkan loncengnya karena banyak anjing yang lain mengetahui aibnyaNilai moral yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah...

    • A.

      Kita harus selalu membantu sesama teman.

    • B.

      Teman yang baik harus selalu mengingatkan.

    • C.

      Kita tidak boleh menyombongkan diri dan pamer .

    • D.

      Kita harus berterima kasih jika dibantu oleh teman.

    Correct Answer
    C. Kita tidak boleh menyombongkan diri dan pamer .
    Explanation
    The correct answer is "Kita tidak boleh menyombongkan diri dan pamer." This is because the story emphasizes the negative consequences of boasting and showing off. The dog with the bell initially took pride in his bell, but when he realized that it was a source of shame and embarrassment, he stopped running around to avoid drawing attention to himself. The moral lesson here is that we should not be arrogant or show off our achievements, as it can lead to negative perceptions and consequences.

    Rate this question:

  • 10. 

    Bacalah kutipan cerita berikut!Gerakan-gerakan dari kepompong tersebut menarik perhatian semut yang baru pertama kali ini melihat kepompong yang bisa bergerak-gerak. Dia mendekat dan berkata : “Aduh kasian sekali kamu ini” kata semut itu dengan nada antara kasihan dan menghina.“Nasibmu malang sekali, sementara aku bisa lari kesana kemari sekehendak hatiku, dan kalau aku ingin aku bisa memanjat pohon yang tertinggi sekalipun, kamu terperangkap dalam kulitmu, hanya bisa menggerakkan sedikit saja tubuhmu”. Kepompong mendengar semua yang dikatakan oleh semut, tapi dia diam saja tidak menjawab. Bukti konfliks yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah....

    • A.

      Gerakan kepompong menarik perhatian semut!

    • B.

      Semut mulai menghina Kepompong yang tidak bisa berjalan.

    • C.

      Semut memamerkan dirinya yang bisa berjalan kesana kemari.

    • D.

      Kepompong diam saja memdengar perkataan semut yang menghina

    Correct Answer
    B. Semut mulai menghina Kepompong yang tidak bisa berjalan.
    Explanation
    The correct answer is "Semut mulai menghina Kepompong yang tidak bisa berjalan." The passage describes how the ant mocks the caterpillar for being trapped in its cocoon and unable to move freely like the ant. This interaction between the ant and the caterpillar shows a conflict between the two characters, with the ant belittling and insulting the caterpillar for its inability to move.

    Rate this question:

  • 11. 

    Baca kutipan cerita berikut dengan saksama!Si Pedagang, walaupun sangat bersemangat, hanya bisa menjual satu telur emas sehari. Si Pedagang benar-benar tidak puas dengan hal itu. Gagasan yang hebat lalu terlintas di pikirannya. Pedagang yang rakus itu akan membunuh si Angsa! Ia akan mengambil semua telur yang ada di dalam tubuhnya sekaligus.Para pembeli bersorak gembira ketika si Pedagang mengumumkan ide hebatnya itu pada mereka. Kemudian dengan hati-hati ia mengeluarkan sebuah pisau tajam dan membelah dada burung itu."Dia membunuh burungnya!" orang-orang bergumam terpesona.Namun apa yang terjadi kemudian? Di sana berbaring seekor angsa yang cantik, dadanya terbelah lebar, tapi tak ada sebutir telur pun terletak di dalam tubuhnya. Sekarang angsa itu hanya berguna untuk jadi angsa panggang. Amanat cerita tersebut adalah ....

    • A.

      Semangatlah untuk mewujudkan keinginan.

    • B.

      Dukunglah teman yang memiliki gagasan hebat.

    • C.

      Jangan serakah kalau sudah memperoleh yang diinginkan.

    • D.

      Ingatkan orang yang akan melakukan perbuatan yang tidak baik.

    Correct Answer
    C. Jangan serakah kalau sudah memperoleh yang diinginkan.
    Explanation
    The story teaches us the lesson of not being greedy even when we have already obtained what we desire. The merchant, driven by his greed, decides to kill the goose in hopes of getting all the golden eggs at once. However, to his disappointment, he finds no eggs inside the goose and now it is only useful for cooking. This serves as a reminder to not be greedy and content with what we have, as trying to get more may result in losing everything we already have.

    Rate this question:

  • 12. 

    Baca kutipan laporan berikut!Burung merpati dapat digunakan dalam perlombaan, misalnya balapan atau kontes kecantikan burung merpati. Namun yang sering dijumpai di Boja adalah balapan. Balapan biasanya dilakukan pada lintasan yang lurus atau diterbangkan dari jarak jauh. Dalam hal ini yang digunakan untuk balapan adalah merpati jantan, sedangkan merpati betina hanya untuk  pancingan saja. Burung merpati dapat mengenali pasangannya masing-masing, karena burung merpati termasuk burung yang setia terhadap satu pasangannya. Simpulan isi laporan tersebut adalah ....

    • A.

      Perlombaan balapan merpati lebih sering dijumpai dibanding kontes kecantikan.

    • B.

      Balapan merpati dilakukan pada lintasan lurus atau diterbangkan dari jarak jauh.

    • C.

      Merpati betina dapat digunakan sebagai pancingan dalam balapan merpati.

    • D.

      Burung merpati termasuk burung yang setia pada pasangannya.

    Correct Answer
    A. Perlombaan balapan merpati lebih sering dijumpai dibanding kontes kecantikan.
    Explanation
    The given correct answer states that "Perlombaan balapan merpati lebih sering dijumpai dibanding kontes kecantikan" (Pigeon racing is more commonly found than beauty contests). This is supported by the information in the passage which mentions that balapan (racing) is often found in Boja, and it is usually done on a straight track or flown from a distance. There is no mention of beauty contests in the passage. Therefore, the conclusion drawn from the passage is that pigeon racing is more prevalent than beauty contests.

    Rate this question:

  • 13. 

    Bacalah kutipan laporan berikut!
    1. Pasar Beringharjo merupakan tempat yang tepat untuk berburu barang antik. (2) Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai tiga pasar bagian timur. (3) Di tempat itu, wisatawan bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60-an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung, dan sebagainya. (4) Di lantai itu juga kita bisa memburu barang bekas impor maupun ekspor yang berkualitas dengan harga yang lebih murah
     Makna kalimat (2) laporan tersebut adalah ....

    • A.

      Barang bekas impor dan ekspor bisa kita dapatkan di lantai tiga pasar bagian timur.

    • B.

      Lantai tiga pasar bagian timur merupakan pusat penjualan barang antik.

    • C.

      Barang antik hanya bisa kita dapatkan di lantai tiga pasar bagian timur.

    • D.

      Kita bisa berburu barang antik di lantai tiga pasar bagian timur.

    Correct Answer
    B. Lantai tiga pasar bagian timur merupakan pusat penjualan barang antik.
    Explanation
    The correct answer is "Lantai tiga pasar bagian timur merupakan pusat penjualan barang antik." The explanation is that the sentence states that the center of the sale of antique items is located on the third floor of the eastern part of the market. This implies that the main focus of the market for antique items is on the third floor of the eastern section, making it the center or main area for selling such items.

    Rate this question:

  • 14. 

    Baca dengan cermat kedua kutipan laporan berikutTeks 1Teks 2Perjalanan dimulai sekitar jam 07 dengan meeting point seperti biasa, yaitu halaman KPP Serang.Jalur Serang-Sepang tidak terlalu istimewa karena masih di dalam kawasan kota Serang dengan kondisi jalan aspal. Namun, selepas Sepang, bikers mulai disuguhi dengan tanjakan yang cukup membuat kami bernafas melalui mulut dan lutut gemetar. Pit stop pertama di pos ronda Desa Cimoyan. Penduduk di sana mengingatkan bahwa jalanan buntu, hanya jalan setapak. Nah… justru itu yang kami cari.Ini merupakan perkampungan masyarakat adat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Banten. Sejak dulu warga Baduy dikenal teguh memegang adat istiadat leluhurnya. Falsafah hidup mereka selaras dengan alam, dan mengabdi pada adat leluhur. Pakaian mereka serba hitam dan selalu berikat kepala. Rumah mereka pun sederhana beralaskan kayu dan beratap rumbia. Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan laporan tersebut adalah ....

    • A.

      Teks 1Teks 2banyak kata-kata asingmenggunakan kata-kata daerah tertentu

    • B.

      Teks 1Teks 2berbahasa bahasa bakumenggunakan bahasa sehari-hari

    • C.

      Teks 1Teks 2menggunakan kata-kata asingberbahasa baku

    • D.

      Teks 1Teks 2Menggunakan bahasa sehari-hariberbahasa daerah tertentu

    Correct Answer
    C. Teks 1Teks 2menggunakan kata-kata asingberbahasa baku
    Explanation
    The correct answer is "Teks 1Teks 2 menggunakan kata-kata asing berbahasa baku." This is because in the first text, there are no specific regional or local terms used, but there are foreign words used such as "meeting point" and "pit stop." In the second text, the language used is more formal and standard, without any regional or local terms.

    Rate this question:

  • 15. 

    Baca dengan cermat kutipan laporan berikut!(1) Tradisi mengenai kain batik yang tertanam cukup kuat di kalangan masyarakat Madura telah membuat budaya membatik dan memakai kain batik terpelihara dengan baik di kalangan mereka. (2) Bahkan, ketika kain batik belum sepopuler seperti dewasa ini, masyarakat Madura telah memproduksi dan mengenakan pakaian batik. (3) Batik sudah menjadi bagian dari adat dan budaya mereka sehari-hari. (4) Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat bagi mereka masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik. Perbaikan kalimat (4) kutipan laporan tersebut yang tepat adalah ....

    • A.

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat untuk masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

    • B.

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat di kalangan masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

    • C.

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat bagi mereka masyarakat Madura, maka para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

    • D.

      Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat untuk mereka masyarakat Madura, maka para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.

    Correct Answer
    B. Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat di kalangan masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik.
    Explanation
    The correct answer is "Kini, ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat di kalangan masyarakat Madura, para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memproduksi kain batik." This is the correct answer because it maintains the original meaning of the sentence and accurately reflects the context of the passage. It correctly states that batik has become popular among the people of Madura and that this popularity has led to an increase in production by batik artisans and entrepreneurs on the island of Madura.

    Rate this question:

  • 16. 

    Perhatikan laporan rumpang  berikut!Silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan sesama saudara di pelosok desa, itulah niat tulus kami dalam bakti sosial ini. Dengan berbekal sembako dan pakaian pantas pakai yang telah kami kumpulkan, kami berangkat dari sekolah pukul 07.00 tepat. Perjalanan sangat menyenangkan. Selain jalan yang berkelok dan berliku, pemandangan di kanan dan kiri jalan sangat indah dan mengesankan. Semua warga desa menyambut kedatangan kami dengan penuh rasa persahabatan seperti berjumpa dengan kawan lama. (………..) Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian laporan rumpang pada paragraf tersebut adalah ….

    • A.

      Sungguh, bakti sosial ini merupakan pelajaran berharga dalam kehidupan yang tidak akan kami lupakan.

    • B.

      Bakti sosial itu dilaksanakan di sebuah desa terpencil selatan Yogyakarta.

    • C.

      Bakti sosial memang sangat penting untuk kemanusiaan.

    • D.

      Semua warga desa sangat senang menerima sembako.

    Correct Answer
    A. Sungguh, bakti sosial ini merupakan pelajaran berharga dalam kehidupan yang tidak akan kami lupakan.
    Explanation
    The correct answer is "Sungguh, bakti sosial ini merupakan pelajaran berharga dalam kehidupan yang tidak akan kami lupakan." This sentence is the most appropriate to fill in the blank because it reflects the purpose and sentiment of the social service activity mentioned in the passage. It emphasizes that the social service activity was a valuable lesson in life that will be remembered by the participants.

    Rate this question:

  • 17. 

    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat.(2) Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.(3) Kesempatan yang baik itu, kami abadikan.(4) Pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas.(5) Maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju.(6) Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan. Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah .... 

    • A.

      (6), (4), (2), (1), (3), (5)

    • B.

      (4), (3), (2), (5), (2), (1)

    • C.

      (6), (5), (4), (3), (1), (2)

    • D.

      (4), (3), (2), (6), (5), (1)

    Correct Answer
    C. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
    Explanation
    The correct answer is (6), (5), (4), (3), (1), (2). The given sentences are about a mountain climbing experience. The correct order of the sentences for a report is as follows: (6) "Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan" (The journey of climbing the highest mountain in Irian Jaya was truly impressive), (5) "Maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju" (It's understandable since it was our first time seeing snow there), (4) "Pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas" (We did the climbing during the class promotion holiday), (3) "Kesempatan yang baik itu, kami abadikan" (We captured that good opportunity), (1) "Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat" (When we descended the mountain, the snowfall became heavier), (2) "Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan" (Truly, an unforgettable experience).

    Rate this question:

  • 18. 

    Perhatikan teks ulasan berikut!Judul Ulasan :Buku Puisi " Gerimis di Ujung Kemarau" Karya DarmawatiPenilaian dan penafsiran :Puisi - puisi di dalam buku ini banyak bercerita tentang tema pendidikan, misalnya sekolah, guru, atau ujian. penulis terinspirasi ketika menatap wajah para siswa yang lugu, polos, tak berdosa. selain itu, penulis banyak mengungkapkan sesuatu yang sesuai dengan gejala alam yang senantiasa melingkupi kehidupannya. misalnya ketika kemarau melanda, kemudian berganti dengan hujan yang menyejukkan. semua itu dikemas dalam bentuk untaian larik dan bait yang sederhana.Puisi - puisi di buku ini di peruntukkan bagi pembaca khususnya siswa SMP dan SMA. Hal ini mengingat kebutuhan akan buku-buku kumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai buku pelengkap bahan ajar sangat tinggi, namun kurang jumlahnya di perpustakaan sekolah. semoga kehadiran buku ini ikut menambah khasanah kesusastraan indonesia modern. Berikut ini pujian yang sesuai dengan ulasan tersebut adalah ....

    • A.

      Puisi - puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna.

    • B.

      Buku kumpulan puisi tersebut bagus, namun isinya terlalu sederhana.

    • C.

      Darmawati merupakan pengarang puisi berbakat.

    • D.

      Puisi-puisinya hanya cocok untuk siswa SMA.

    Correct Answer
    A. Puisi - puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna.
    Explanation
    The given answer correctly reflects the content of the review. The review mentions that the poems in the book are simple in form but they contain deep meanings. This implies that the poems are not overly complicated or difficult to understand, yet they still convey profound messages. Therefore, the answer "Puisi - puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna" is an appropriate praise that aligns with the review.

    Rate this question:

  • 19. 

    Perhatikan teks ulasan berikut!Film Negeri 5 Menara memiliki beberapa kelebihan, diantaranya mengubah pola pikir kita tentang kehidupan pondok yang hanya belajar agama saja. Lalu, penonton tidak akan bosan membaca kehidupan di pondok karena sutradara rupanya menggunakan alur campuran.Isi ulasan tersebut adalah ….

    • A.

      Film Negeri 5 Menara adalah film tentang kehidupan pondok.

    • B.

      Film Negeri 5 Menara tidak membosankan.

    • C.

      Film Negeri 5 Menara dapat mengubah pola pikir penonton.

    • D.

      Film Negeri 5 Menara menggunakan alur campuran.

    Correct Answer
    C. Film Negeri 5 Menara dapat mengubah pola pikir penonton.
    Explanation
    The given answer is "Film Negeri 5 Menara dapat mengubah pola pikir penonton" (Film Negeri 5 Menara can change the audience's mindset). This is the correct answer because the review states that one of the advantages of the film is that it can change our mindset about pondok (Islamic boarding school) life, which is usually associated with only studying religion. Therefore, the film has the ability to alter the audience's perspective.

    Rate this question:

  • 20. 

    Perhatikan kedua teks ulasan berikut!Teks 1Teks 2Negeri 5 Menara adalah sebuah garapan Kompas Gramedia production bersama Million Pictures yang merupakan adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi berjudul Negeri 5 Menara. Skenario ditulis oleh Salman Aristo yang juga penulis naskah film Ayat-Ayat Cinta, Laskar Pelangi, Sang Penari. Disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman film ini mengambil lokasi syuting di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Sumatera Barat, Bandung, hingga London.Orde Phoenix adalah salah satu episode dari  Harry Potter. Anda merasa mengerti dan tertarik membacanya pada saat Anda membaca sampai akhir. Saya benar-benar tersentuh oleh halaman terakhir. Membaca secara rinci tentang Harry membersihkan sebuah rumah tua, misalnya - rumah tangga masih housekeeping, magis atau tidak, dan aku tidak sangat tertarik untuk melakukannya atau membaca tentang orang lain melakukannya.      Kutipan teks tersebut diklasifikasikan sebagai teks ulasan….

    • A.

      Teks 1 : film Teks 2 : film

    • B.

      Teks 1 : novel Teks 2 : novel

    • C.

      Teks 1 : film Teks 2 : novel

    • D.

      Teks 1 : novel Teks 2 : film

    Correct Answer
    C. Teks 1 : film Teks 2 : novel
    Explanation
    The correct answer is Teks 1: film and Teks 2: novel. This is because Teks 1 mentions the film "Negeri 5 Menara" which is an adaptation of a novel by Ahmad Fuadi, while Teks 2 mentions an episode from the Harry Potter series, which is a novel. Therefore, Teks 1 is about a film and Teks 2 is about a novel.

    Rate this question:

  • 21. 

    1. Perhatikan bagian kutipan resensi buku berikut!
     Buku “Bunga Cantik di Balik Salju” merupakan sebuah novel yang mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana.Sesuai konsepnya yang inspirasional, novel ini memberikan kita banyak inspirasi, pesan dan kesan yang dapat mengalir hingga ke lubuk hati dan pikiran. [….] . Di balik kekurangan yang ada, novel “Bunga Cantik di Balik Salju” ini pantas dibaca untuk siapa saja, terutama untuk wanita. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpangberisi kelemahan buku adalah ….

    • A.

      Novel ini mengajarkan kita akan apa arti tegar, kuat, mandiri dan cantik sebenarnya.

    • B.

      Novel ini menyuguhkan bacaan yang sangat inspiratif, agar wanita bisa membangun kecantikan tidak hanya dari luar saja.

    • C.

      Ada beberapa sesi cerita yang cukup panjang dan mengurangi kenyamanan pembaca dalam memahami isi karena intinya sama saja.

    • D.

      Meskipun alur maju mundur namun alur tersebutlah yang membuat pembaca menjadi semakin penasaran.

    Correct Answer
    C. Ada beberapa sesi cerita yang cukup panjang dan mengurangi kenyamanan pembaca dalam memahami isi karena intinya sama saja.
    Explanation
    The correct answer is "Ada beberapa sesi cerita yang cukup panjang dan mengurangi kenyamanan pembaca dalam memahami isi karena intinya sama saja." This sentence explains that one of the weaknesses of the book is that there are some long story sessions that reduce the reader's comfort in understanding the content because the essence is the same. This suggests that the book may become repetitive or monotonous, making it less enjoyable for the readers.

    Rate this question:

  • 22. 

    Bacalah penggalan teks biografi berikut! Prof Nelson Tansu, PhD- Pakar Teknologi Nano, pria kelahiran Medan, 20 Oktober 1977 ini adalah seorang jenius. Ia adalah pakar teknologi nano. Fokusnya adalah bidang eksperimen mengenai semikonduktor berstruktur nano.Nelson, misalnya, mampu memberdayakan sinar laser dengan listrik superhemat. Tak mengherankan bila pada Mei lalu, Nelson diangkat sebagai profesor di Universitas Lehigh. Ia memecahkan rekor menjadi  profesor termuda sepanjang sejarah di Amerika. Mudah bagi anak muda semacam Nelson ini bila ingin menjadi warga negara Amerika. Ia masih memiliki ambisi untuk balik ke Indonesia dan menjadikan universitas di Indonesia sebagai universitas papan atas di Asia. Peristiwa penting yang dialami Prof Nelson Tansu dalam teks biografi tersebut adalah … 

    • A.

      orang yang jenius dan pakar teknologi nano

    • B.

      Fokus dalam bidang eksperimen semikonduktor berstruktur nano

    • C.

      Diangkat menjadi asisten profesor termuda sepanjang sejarah Amerika

    • D.

      Berambisi menjadikan universitas di Indonesia universitas papan atas di Asia.

    Correct Answer
    C. Diangkat menjadi asisten profesor termuda sepanjang sejarah Amerika
    Explanation
    The important event experienced by Prof Nelson Tansu in the given biographical text is being appointed as the youngest assistant professor in the history of America. This is evident from the statement that Nelson was appointed as a professor at Lehigh University in May, breaking the record for the youngest professor in American history.

    Rate this question:

  • 23. 

    Bacalah penggalan teks biografi berikut! Di sebuah ruang kerja di kompleks Orion Genomic, salah satu perusahaan riset bioteknologi terkemuka di negeri itu, seorang lelaki Jawa berwajah "dagadu" sebab senyum tak pernah lepas dari bibirnya. Di sudut ruangan sebuah gedung pencakar langit di pusat kota Orion, Amerika, kerap terlihat  ia sedang salat. Dialah Muhammad Arief Budiman  satu dari enam eksekutif kunci perusahaan genetika paling terkemuka di Amerika. Pada mulanya bercita-cita menjadi pilot, lalu ingin jadi dokter karena harus berkacamata sewaktu SMP, anak pekerja pabrik tekstil GKBI itu sekarang menjadi motor riset utama di Orion. Jabatannya: Kepala Library Technologies Group. Arief tak hanya terpandang di perusahaannya. Namanya juga moncer di antara sejawatnya di negara yang menjadi pusat pengembangan ilmu tersebut: menjadi anggota American Society for Plant Biologists dan—ini lebih bergengsi baginya karena ia ahli genetika tanaman—American Association for Cancer Research.  Keteladanan tokoh dalam teks biografi tersebut adalah ….

    • A.

      Seorang lelaki Jawa berwajah "dagadu"

    • B.

      Ahli riset bioteknologi yang rajin beribadah.

    • C.

      Merupakan ahli riset bioteknologi yang sederhana.

    • D.

      Eksekutif perusahaan genetika paling terkemuka Amerika

    Correct Answer
    B. Ahli riset bioteknologi yang rajin beribadah.
    Explanation
    The passage describes Muhammad Arief Budiman as a dedicated and diligent researcher in the field of biotechnology. It mentions that he is often seen praying in his office and that he is respected not only in his company but also among his peers in the field. This indicates that he is not only successful in his professional life but also maintains a strong commitment to his religious practices. Therefore, the correct answer is that he is an expert in biotechnology who is diligent in his religious practices.

    Rate this question:

  • 24. 

    1. Perhatikan bagian penutup biografi yang rumpang berikut!
     Susi Susanti adalah salah satu pemain bulu tangkis putri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Prestasinya merupakan buah dari keseriusan yang harus kita miliki untuk mendapatkan sebuah mimpi. Sebuah kerja keras yang harus kita lakukan, dan bagaimana kita bisa menjadi manusia yang sesungguhnya, manusia yang dapat memberi contoh untuk orang lain bahkan hingga ketika kita selesai mencapai mimpi terutama kita. […]. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

    • A.

      Sebagai anak bangsa Indonesia, kita patut mencontoh bagaimana Susi Susanti mengejar mimpinya tanpa lelah sehingga mampu mengharumkan nama bangsa.

    • B.

      Ia memulai karir bulutangkis di klub milik pamannya, PB Tunas Tasikmalaya. Prestasinya yang gemilang perlu menjadi inspirasi atlet muda Indonesia.

    • C.

      Puncak karier Susi terjadi saat ia menjadi juara tunggal putri cabang bulutangkis di Olimpiade Barcelona, 1992.

    • D.

      Bersama suaminya, alan Budi Kusuma, ia mendirikan Olympic Badminton Hall di Kelapa Gading.

    Correct Answer
    A. Sebagai anak bangsa Indonesia, kita patut mencontoh bagaimana Susi Susanti mengejar mimpinya tanpa lelah sehingga mampu mengharumkan nama bangsa.
    Explanation
    The sentence "Sebagai anak bangsa Indonesia, kita patut mencontoh bagaimana Susi Susanti mengejar mimpinya tanpa lelah sehingga mampu mengharumkan nama bangsa" is the most appropriate to complete the paragraph because it emphasizes the importance of Susi Susanti's determination and hard work in achieving her dreams and bringing honor to the nation. It also encourages the younger generation of Indonesia to be inspired by her achievements and strive for their own success.

    Rate this question:

  • 25. 

    Bacalah teks berikut! Hampir sebulan sejumlah provinsi di Indonesia tertutup asap kebakaran hutan. (1) Ada ribuan warga terkena Penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) dan berbagai penyakit lainnya. (2) Tak sampai di situ, perekonomian masyarakat juga ikut terganggu.(3) Atas alasan itu, pemerintah pusat diminta menetapkan status darurat asap nasional dan mengerahkan seluruh sumber daya untuk memadamkan api. (4) Namun menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, status darurat asap nasional itu belum perlu. (5) Dia menyebut kebakaran hanya melanda sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan saja. (6) Kalimat yang belum mencerminkan rasa keberpihakan terhadap kepentingan masyarakat ditandai nomor….

    • A.

      (1) dan (4)

    • B.

      (2) dan (4)

    • C.

      (3) dan (5)

    • D.

      (5) dan (6)

    Correct Answer
    D. (5) dan (6)
    Explanation
    The correct answer is (5) dan (6). The explanation for this answer is that in sentence (5), the Minister of Home Affairs, Tjahjo Kumolo, mentions that the fires only affect certain areas in Sumatra and Kalimantan, which shows a lack of concern for the interests of the affected communities as a whole. In sentence (6), it is stated that the sentence that does not reflect bias towards the interests of the community is marked, indicating that this sentence does not show support or concern for the affected communities. Therefore, both sentences (5) and (6) do not demonstrate a bias towards the interests of the community.

    Rate this question:

  • 26. 

    Bacalah kutipan teks berikut!Banyak sekolah, terutama di jenjang sekolah menengah pertama, melarang siswanya membawa sepeda motor. Tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa sepeda motor dengan berbagai alasan dan persyaratan. Pendapat logis terhadap pernyataan pertama adalah ....

    • A.

      Siswa datang tepat waktu ke sekolah.

    • B.

      Siswa belum memiliki surat izin mengemudi.

    • C.

      Siswa bisa berlatih menjadi pembalap handal.

    • D.

      Siswa belum mengetahui tata tertib lalu-lintas

    Correct Answer
    B. Siswa belum memiliki surat izin mengemudi.
    Explanation
    The logical opinion towards the first statement is that students do not have a driver's license. This is because the text mentions that many schools, especially at the junior high school level, prohibit their students from riding motorcycles. If students were allowed to bring motorcycles, it would imply that they have a driver's license. However, since many schools allow it with various reasons and requirements, it can be inferred that the reason for the prohibition is that students do not have a driver's license.

    Rate this question:

  • 27. 

    1. Perhatikan kutipan teks diskusi berikut!
    Sementara itu, masyarakat yang tidak setuju siswa membawa telepon seluler ke sekolah mengatakan bahwa aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapatmemengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu. Hal itu akan merugikan seluruh siswa. Di samping itu, siswa dapatmenggunakan telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum seperti transaksi narkoba, pencurian, dan sejenisnya. Makna kata yang digarisbawahi pada teks tersebut adalah ....

    • A.

      Pusat perhatian; persetujuan jual beli

    • B.

      Pusat perhatian; melakukan penjualan

    • C.

      Perhatian khusus; persetujuan jual beli

    • D.

      Perhatian khusus; melakukan jual beli

    Correct Answer
    A. Pusat perhatian; persetujuan jual beli
    Explanation
    The meaning of the underlined word in the text is "pusat perhatian" which translates to "center of attention" in English. This is evident from the context of the sentence where it is mentioned that the use of mobile phones can affect students' concentration in learning. Additionally, the text also mentions that when a mobile phone rings in class, even on silent mode, it disrupts the learning process. The second part of the sentence mentioning illegal activities like drug transactions and theft suggests that the use of mobile phones can divert students' attention towards such activities. Hence, the correct answer is "pusat perhatian; persetujuan jual beli" which translates to "center of attention; buying and selling approval."

    Rate this question:

  • 28. 

    Cermatilah teks berikut!Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.Tanggapan yang mendukung teks tersebut adalah …

    • A.

      Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh kepada pelajar

    • B.

      Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.

    • C.

      Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet.

    • D.

      Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak ketika mereka sedang mengakses internet.

    Correct Answer
    C. Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet.
    Explanation
    The given answer supports the statement in the text that the internet has a positive impact on society, particularly in the field of education. It mentions that many students acquire knowledge with the help of the internet, highlighting the positive benefits of its existence in providing information.

    Rate this question:

  • 29. 

    Cermatilah kutipan teks berikut!Pada umunya sosial media digunakan oleh remaja untuk membicarakan tentang kehidupan mereka, juga berbicara tentang apa yang mereka lakukan sehari-hari. Bahkan mereka menunjukan eksistensi diri lewat jejaring sosial untuk mengatakan di mana mereka pergi atau tempat-tempat yang mereka sukai untuk didatangi. Namun tidak semua remaja seperti itu, karena banyak remaja yang menggunakan jejaring sosial untuk mengkritik, berdiskusi atau untuk menemukan suatu peluang bisnis baru.Remaja saat ini tumbuh dengan di zaman internet. Tetapi, apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi wakaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi mereka, nomer telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak di ekspos. Siapapu langsung dapat berkenalan, meskipun tanpa mengetahui latak belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada filter yang kuat di kehidupan remaja tersebut. Ringkasan teks tersebut adalah ....

    • A.

      Peranan media sosial atau internet sangat penting dalam kehidupan para remaja sehingga para remaja bisa eksis lewat jejaring sosial tersebut.

    • B.

      Peranan media sosial atau internet sangat penting dalam kehidupan para remaja sehingga perlu filterisasi dalam penggunaannya.

    • C.

      Untuk menghindari hal yang negatif dalam penggunaan internet, remaja perlu filterisasi dalam penggunaannya.

    • D.

      Dengan internet mereka dapat berkenalan dengan bebas, bahkan dapat memberikan data privasi mereka dengan orang yang belum mereka kenal.

    Correct Answer
    B. Peranan media sosial atau internet sangat penting dalam kehidupan para remaja sehingga perlu filterisasi dalam penggunaannya.
    Explanation
    The text states that social media is widely used by teenagers to talk about their lives and daily activities. However, it also mentions that not all teenagers use social media in the same way, as some use it for criticism, discussion, or to find new business opportunities. The text also raises concerns about the impact of growing up with the internet and the potential dangers of sharing personal information without proper filtering. Therefore, the correct answer suggests that social media or the internet plays an important role in teenagers' lives, but it needs to be filtered and regulated to avoid negative consequences.

    Rate this question:

  • 30. 

    Perhatikan kutipan teks diskusi berikut!Saat ini, anak-anak dikelilingi oleh iPad, video game, dan gadget lain yang membuat mereka bisa terkoneksi dengan dunia maya. Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu. Persoalan bertambah terkait etis-tidaknya anak-anak memiliki akun facebook, dan ini menjadi dilema yang harus segera dipecahkan oleh para orangtua. Namun, argumen mengenai kepemilikan akun facebook jauh lebih sulit.... Kalimat pendukung untuk melengkapi teks tersebut adalah ....

    • A.

      Sebab, kenyataannya facebook memiliki kelebihan dalam kehidupan moderen saat ini sehingga orang tua perlu memberikan pengawasan dalam penggunaan facebook tersebut.

    • B.

      Sebab, kenyataannya facebook memiliki kelemahan dalam kehidupan moderen saat ini sehingga orang tua perlu memberikan pengawasan dalam penggunaan facebook tersebut.

    • C.

      Dengan adanya kekurangan dan kelebihan facebook orangtua hendaknyatidak memperbolehkan anaknya menggunakan facebook.

    • D.

      Karena facebook menimbulkan permasalahan, sebaiknya semua anak dilarang menggunakannya.

    Correct Answer
    A. Sebab, kenyataannya facebook memiliki kelebihan dalam kehidupan moderen saat ini sehingga orang tua perlu memberikan pengawasan dalam penggunaan facebook tersebut.
    Explanation
    The given correct answer states that Facebook has advantages in modern life, so parents need to supervise its use. This explanation aligns with the context of the discussion, which mentions that children are surrounded by gadgets and social media platforms like Facebook. It suggests that the issue of whether children should have a Facebook account is a dilemma that needs to be solved by parents. By acknowledging the advantages of Facebook and emphasizing the need for parental supervision, this answer provides a logical and relevant completion to the text.

    Rate this question:

  • 31. 

    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!SANKSI PELAJAR NAKAL
    1. Pada prinsipnya, sanksi bagi pelajar boleh saja dilakukan asal bertujuan mendidik.
    2. Sebagian masyarakat mengusulkan ada tiga sanksi tegas yang direkomendasikan.
    3. Sebagian masyarakat tidak setuju kalau siswa nakal dikeluarkan.
    4. Akhir-akhir ini tindak kriminal yang dilakukan pelajar sangat memprihatinkan.
    5. Sanksi tegas yang direkomendasikan yaitu mengeluarkan siswa dari sekolah.
    Urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah....

    • A.

      (4)-(2)-(5)-(3)-(1)

    • B.

      (4)-(1)-(5)-(1)-(2)

    • C.

      (5)-(1)-(2)-(3)-(4)

    • D.

      (5)-(2)-(3)-(4)-(1)

    Correct Answer
    A. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
    Explanation
    The correct answer is (4)-(2)-(5)-(3)-(1). The first sentence (4) introduces the topic of disciplinary sanctions for naughty students. The second sentence (2) mentions that some people recommend three strict sanctions. The fifth sentence (5) states that some people disagree with expelling naughty students. The third sentence (3) mentions the alarming increase in criminal acts committed by students. Finally, the fourth sentence (1) concludes the paragraph by stating that the recommended strict sanction is to expel students from school. This order creates a cohesive and logical paragraph about disciplinary sanctions for naughty students.

    Rate this question:

  • 32. 

    Perhatikan ilustrasi berikut!!Penggunaan teknologi dan mesin-mesin modern dengan sistem komputer di Perusahaan-perusahaan industri mampu meningkatkan hasil produksi beberapa kali lipat dibandingkan dengan teknologi manual. Dengan penggunaan teknologi dan mesin-mesin modern, efektifitas perusahaan dalam berproduksi sangat dimungkinkan. Penggunaan mesin-mesin modern juga sangat memungkinkan bahwa produk yang dihasilkan lebih berkualitas dan memiliki peluang untuk diekspor. Ktritik yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....

    • A.

      Sebenarnya penerapan teknologi sudah bagus asal memperhatikan sumber daya manusia yang ada.

    • B.

      Produk-produk berkualitas dapat meningkatkan ekspor tetapi harus diimbangi pemasaran yang sehat.

    • C.

      Perusahaan yang masih menggunakan tenaga manusia menghasilkan produk yang kurang berkualitas.

    • D.

      Pengguaan mesin-mesin modern bisa menghasilkan produks berkualitas untuk diekspor.

    Correct Answer
    B. Produk-produk berkualitas dapat meningkatkan ekspor tetapi harus diimbangi pemasaran yang sehat.
    Explanation
    The given answer states that high-quality products can increase exports, but they need to be supported by a healthy marketing strategy. This aligns with the information provided in the passage, which mentions that the use of modern technology and machines can lead to higher production and quality products, with the potential for export. However, it also implies that a successful export strategy requires effective marketing efforts. Therefore, the answer correctly reflects the criticism that the illustration supports the need for a balanced approach between high-quality products and a strong marketing strategy for successful exports.

    Rate this question:

  • 33. 

    Bacalah paragraf berikut!Akhir-akhir ini tindakan kriminal yang dilakukan oleh pelajar di kota-kota besar sangat memprihatinkan. Mereka tidak hanya bersekolah, tetapi juga melakukan perusakan, perkelahian, dan bahkan pembajakan sebuah bus. Salah satu pejabat menginstruksikan kepada kepala dinas pendidikan (disdik) setempat untuk memberikan sanksi kepada para pelajar nakal yang telah melakukan tindak kriminal. Masyarakat pada umumnya setuju bahwa pelajar yang melakukan tindakan kriminal perlu diberi sanksi. Bentuk sanksi apa yang diberikan? Sampai saat ini masih terjadi perdebatan dikalangan masyarakat.Ide pokok paragraftersebut adalah....

    • A.

      Pelajar nakal harus diberikan sanksi yang tegas

    • B.

      Tindakan kriminal pelajar sangat memprihatinkan

    • C.

      Masyarakat setuju memberikan sanksi pada pelajar nakal

    • D.

      Sanksi pelajar nakal masih menjadi perdebatan masyarakat

    Correct Answer
    B. Tindakan kriminal pelajar sangat memprihatinkan
    Explanation
    The main idea of the paragraph is that the criminal actions of students in big cities are very concerning. This is evident from the statement that the actions include vandalism, fighting, and even hijacking a bus. The paragraph also mentions that a government official has instructed the local education department to impose sanctions on the delinquent students. The paragraph concludes by stating that there is still a debate among the community about what form of sanctions should be given. Therefore, the correct answer is "Tindakan kriminal pelajar sangat memprihatinkan" (The criminal actions of students are very concerning).

    Rate this question:

  • 34. 

    Bacalah paragraf berikut! Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak kemasa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang dapat diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.Komentar yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah....

    • A.

      Pendidikan karakter tidak perlu diakitkan dengan minat bakat siswa.

    • B.

      Remaja boleh mencari jati diri dengan keinginnaan dan cita-citanya.

    • C.

      Remaja harus mendapat pendidikan karakter untuk mengarahkan minatnya.

    • D.

      Kegiatan – kegiatan positif dapat dilakukan remaja untuk mempersiapkan dirinya.

    Correct Answer
    C. Remaja harus mendapat pendidikan karakter untuk mengarahkan minatnya.
    Explanation
    The paragraph states that teenagers are in a transitional phase and are searching for their identity. It also mentions that character education is necessary for teenagers to guide their interests. Therefore, the comment that is in line with the paragraph is "Remaja harus mendapat pendidikan karakter untuk mengarahkan minatnya" which translates to "Teenagers must receive character education to guide their interests."

    Rate this question:

  • 35. 

    Bacalah teks bacaan berikut!Pada masa perkembangan teknologi informasi ini, masyarakat makin banyak disuguhi informasi berbagai media. Sarana ini harus dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan. Oleh karena itu, minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas.Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah. Bahkan, kemahiran membaca siswa di sekolah, terutama di beberapa sekolah terpencil masih rendah. Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia pada tahun 2011, penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89 persen dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen. Pada saat ini banyak jenis hiburan, permainan (game) dan tayangan televisi mengalihkan perhatian anak dan orang dewasa dari buku. Di samping itu, sarana buku di berbagai perpustakaan masih kurang jumlahnya dan buku itu kurang bervariasi sehingga anak-anak kurang berminat membaca. Rangkuman isi bacaan tersebut yang tepat adalah....

    • A.

      Tayangan televisi yang bervariasi mengalihkan perhatian anak dan orang dewasa pada buku.

    • B.

      Minat baca massyarakat Indonesia masih rendah terutama di daerah-daerah terpencil.

    • C.

      Penduduk Indonesia saat ini masih tertarik jenis hiburan yang lain sehingga mengalahkan buku.

    • D.

      Masyarakat banyak disuguhi informasi berbagai media sehingga minat baca masih rendah.

    Correct Answer
    D. Masyarakat banyak disuguhi informasi berbagai media sehingga minat baca masih rendah.
    Explanation
    The correct answer is "Masyarakat banyak disuguhi informasi berbagai media sehingga minat baca masih rendah." This is because the passage states that in this era of information technology, people are exposed to various media sources of information. However, despite this access to information, the reading interest of the Indonesian society is still low. The passage also mentions that there are other forms of entertainment, such as television shows and games, that divert the attention of both children and adults from reading books. Therefore, the abundance of information from various media sources contributes to the low reading interest among the population.

    Rate this question:

  • 36. 

    Bacalah kalimat-kalimat berikut!
    1. Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi,  tetapi banyak juga pengaruh negatifnya.
    2. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet.
    3. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.
    4. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh kepada pelajar.
    5. [...]
    6. Bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
     Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....

    • A.

      Banyak pengaruh positif internet dewasa ini.

    • B.

      Semua siswa harus menghindari pengaruh negatif.

    • C.

      Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet.

    • D.

      Pemakaian internet yang berlebihan menimbulkan dampak negatif

    Correct Answer
    C. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet.
    Explanation
    The given answer, "Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet," is the most suitable option to complete the text. It acknowledges that the internet has both positive and negative influences on students. The preceding sentences mention the positive aspects of the internet, such as obtaining knowledge and making school tasks easier. However, the text also implies that there are negative effects of the internet on students. Therefore, the given answer appropriately reflects the dual nature of the internet's impact.

    Rate this question:

  • 37. 

    Bacalah kalimat-kalimat berikut!
    1. Sebagian orang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah diperbolehkan.
    2. Banyak sekolah, terutama dijenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, melarang siswanya membawa telepon seluler
    3. Tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan.
    4. Dengan demikian, pelarangan siswa membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.
    5. Tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah tidak diperbolehkan. 
     Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu bila disusun dengan urutan .... 

    • A.

      (1),(3),(2),(5),(4)

    • B.

      (2),(5),(1),(3),(4)

    • C.

      (2),(3),(1),(5),(4)

    • D.

      (1),(5),(4),(2),(3)

    Correct Answer
    C. (2),(3),(1),(5),(4)
    Explanation
    The correct order of the sentences to form a coherent paragraph is (2),(3),(1),(5),(4). Sentence (2) states that many schools, especially primary and junior high schools, prohibit students from bringing mobile phones to school. Sentence (3) adds that there are also schools that allow their students to bring mobile phones with certain conditions. Sentence (1) introduces the topic by stating that some people believe bringing mobile phones to school is allowed. Sentence (5) states that the prohibition of students bringing mobile phones to school has sparked debates. Sentence (4) concludes by stating that many people also believe that bringing mobile phones to school is not allowed.

    Rate this question:

  • 38. 

    Cermati ilustrasi berikut!Aransemen yang dibuat oleh Group Band Pandawa sangat sesuai dengan liriknya. Bahkan sangat mendukung tema yang terdapat dalam lagu tersebut, namun sayang setelah lagu itu beredar penjualannya tidak memenuhi target, bisa dikatakan hampir tidak laku karena kurang promo. Kritik sesuai ilustrasi tersebut adalah ....

    • A.

      Aransemennya harus disesuaikan dengan lirik lagu.

    • B.

      Lirik lagu sebaiknya mendukung tema yang diusung.

    • C.

      Sayang, setelah lagunya beredar kurang diminati masyarakat.

    • D.

      Penjualan tidak memenuhi target karena tidak dilakukan promo.

    Correct Answer
    C. Sayang, setelah lagunya beredar kurang diminati masyarakat.
    Explanation
    The explanation for the correct answer is that the illustration states that the song's sales did not meet the target and were almost unsuccessful due to a lack of promotion. This aligns with the statement "Sayang, setelah lagunya beredar kurang diminati masyarakat" which translates to "Unfortunately, after the song was released, it was not well-received by the public." Thus, this statement reflects the criticism mentioned in the illustration.

    Rate this question:

  • 39. 

    Bacalah paragraf berikut!Pada umumnya, kita memang merasa malas untuk memulai berolahraga. Padahal, orang menghargai kita sebagai individu yang berkomitmen dalam menjaga kesehataan tubuh. Lagi pula, kalau kita sudah kelebihan berat badan, sebetulnya justru harus rajin berolahraga. Aktivitas fisik sekecil apa pun pasti akan membantu menurunkan berat badan. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga.  Oleh karena itu, marilah kita berolahraga secara teratur dan bijaklah dalam memilih waktunya.Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

    • A.

      Rasa malas memulai berolahraga

    • B.

      Olahraga untuk menurunkan berat badan

    • C.

      Komitmen dalam menjaga kesehatan tubuh

    • D.

      Berolahraga secara teratur dan bijak memilih waktu

    Correct Answer
    D. Berolahraga secara teratur dan bijak memilih waktu
    Explanation
    The main idea of the paragraph is to encourage the reader to exercise regularly and wisely choose the time to exercise. The paragraph discusses how people often feel lazy to start exercising, but it emphasizes the importance of being committed to maintaining body health. It also mentions that even small physical activities can help in weight loss. The paragraph concludes by stating that there is no reason not to exercise, hence the suggestion to exercise regularly and wisely choose the time.

    Rate this question:

  • 40. 

    Cermati ilustrasi berikut!Pada saat berdiskusi, penyaji mengemukakan pendapatnya bahwa lingkungan sekolah kurang terjaga kebersihannya karena siswa sering membuang sampah sembaranganKomentar sesuai ilustrasi tersebut yang tepat adalah ....

    • A.

      Saya sangat tidak setuju dengan pendapat Saudara karena alasan yang Saudara kemukakan tidak realistis.

    • B.

      Saudara penyaji, pernyataan itu sangat menyinggung dan tidak pantas disampaikan di forum ini.

    • C.

      Saudari penyaji yang terhormat, saya kira apa yang Saudara sampaikan ada benarnya, tetapi harus pula dilihat faktor-faktor lain yang menyebabkan kondisi itu terjadi.

    • D.

      Saudara penyaji, Anda jangan hanya menyalahkan siswa saja tetapi harus ada solusinya.

    Correct Answer
    C. Saudari penyaji yang terhormat, saya kira apa yang Saudara sampaikan ada benarnya, tetapi harus pula dilihat faktor-faktor lain yang menyebabkan kondisi itu terjadi.
    Explanation
    The comment that is most appropriate based on the illustration is "Saudari penyaji yang terhormat, saya kira apa yang Saudara sampaikan ada benarnya, tetapi harus pula dilihat faktor-faktor lain yang menyebabkan kondisi itu terjadi." This comment acknowledges the validity of the presenter's statement about the lack of cleanliness in the school environment due to students littering. However, it also suggests that other factors contributing to the situation should be considered.

    Rate this question:

  • 41. 

    Perhatikan kalimat-kalimat teks rekaman percobaan berikut!
    1. Guna mengamati benda-benda di langit tentu dibutuhkan alat yang canggih dan mahal yang disebut dengan teleskop.
    2. Adapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut.
    3. Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat bumi.
    4. Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang super canggih dan mahal, kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan.
    Kalimat yang merupakan bagian langkah melakukan percobaan adalah nomor…. 

    • A.

      1

    • B.

      2

    • C.

      3

    • D.

      4

    Correct Answer
    B. 2
    Explanation
    The sentence "Adapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut" indicates that the following sentence will explain the steps to make a simple telescope. Therefore, the sentence that is part of the steps to conduct the experiment is number 2.

    Rate this question:

  • 42. 

    Perhatikan langkah mencangkok berikut ini !
    1. Pilih batang pohon yang sudah dewasa dan berkambium yang memiliki diameter kira-kira 2 cm.
    2. Potong batang kira-kira 10 cm kemudian diamkan 10-15 menit atau sampai getah batang pohon tersebut kering.
    3. Campurkan tanah dan air secukupnya dan diaduk sampai merata sehingga kelihatan basah
    4. Tempelkan tenah ke batang yang telah di kerat kulitnya dan dibungkus menggunakan plastik atau sabut kelapa.
    5. Ikatlah plastik atau sabut kelapa agar tidak terlepas.
    Perbaikan langkah mencangkok yang tepat pada langkah nomor 2 adalah ….

    • A.

      Kupas batang kira-kira 10 cm kemudian diamkan 10-15 menit atau sampai getah batang pohon tersebut kering.

    • B.

      Kerat kulit batang kira-kira 10 cm kemudian diamkan 10-15 menit atau sampai getah batang pohon tersebut kering.

    • C.

      Potong kulit batang kira-kira 10 cm kemudian diamkan 10-15 menit atau sampai batang pohon tersebut kering

    • D.

      Potong batang kira-kira 10 cm kemudian diamkan 10-15 menit atau sampai getah batang pohon tersebut kering.

    Correct Answer
    B. Kerat kulit batang kira-kira 10 cm kemudian diamkan 10-15 menit atau sampai getah batang pohon tersebut kering.
    Explanation
    The correct answer is "Kerat kulit batang kira-kira 10 cm kemudian diamkan 10-15 menit atau sampai getah batang pohon tersebut kering." This is the correct step to be taken after cutting the stem approximately 10 cm. "Kerat kulit batang" means to make a cut on the bark of the stem. This step is important because it allows the formation of new roots from the cut area, which is necessary for successful grafting. The stem is then left for 10-15 minutes or until the sap from the stem dries up.

    Rate this question:

  • 43. 

    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
    1. Potong botol plastik di tengah! Simpan bagian atas/mulut botol!
    2. Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
    3. Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol!
    4. Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
    5. Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
     Urutan yang tepat Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana ....

    • A.

      (1) (3) (5) (2) (4)

    • B.

      (1) (3) (2) (5) (4)

    • C.

      (1) (5) (3) (2) (4)

    • D.

      (3) (2) (1) (5) (4)

    Correct Answer
    B. (1) (3) (2) (5) (4)
    Explanation
    The correct answer is (1) (3) (2) (5) (4). The explanation for this answer is as follows:
    First, the bottle is cut in the middle and the top part is saved. Then, yeast is added to the bottom part of the bottle without stirring. This will produce carbon dioxide. Next, brown sugar is mixed with hot water and left to cool. It is then poured into the bottom part of the bottle. After that, the bottle is wrapped with something black, except for the top part, and placed in different corners of the house. Finally, the top part of the bottle is inverted and placed in the bottom part like a funnel.

    Rate this question:

  • 44. 

    Perhatikan kalimat berikut!Lingkungan hidup adalah merupakan segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita dan berhubungan timbal balik. Kekurangan teks tersebut adalah pemakaian....

    • A.

      Dan setelah kita

    • B.

      Yang setelah definisi

    • C.

      Adalah dan merupakan secara berturutan

    • D.

      Segala sesuatu, adalah, dan merupakan

    Correct Answer
    C. Adalah dan merupakan secara berturutan
    Explanation
    The correct answer is "adalah dan merupakan secara berturutan". The sentence is discussing the definition of the environment, and the correct sequence of words to describe it is "adalah" (is) and "merupakan" (is). These words are used in a sequential order to provide a clear and accurate definition of the environment.

    Rate this question:

  • 45. 

    Perhatikan kalimat berikut!Orang yang bertanggungjawab dalam laporan pertanggunganjawab kegiatan itu adalah ketua panitia. Perbaikan kata yang digarisbawahi yang tepat padakalimat tersebut adalah ….

    • A.

      Bertanggungjawab dan pertanggungan jawab

    • B.

      Bertanggung jawab dan pertanggunganjawab

    • C.

      Bertanggung jawab dan pertanggung jawaban

    • D.

      Bertanggung jawab dan pertanggungjawaban

    Correct Answer
    D. Bertanggung jawab dan pertanggungjawaban
    Explanation
    The correct answer is "bertanggung jawab dan pertanggungjawaban." In the original sentence, the word "pertanggunganjawab" is incorrect. The correct form is "pertanggungjawaban," which means accountability. Therefore, the correct improvement is to replace "pertanggunganjawab" with "pertanggungjawaban."

    Rate this question:

  • 46. 

    Perhatikan kalimat berikut! Mobil pak lurah mogok di jalan diponegoro pada hari minggu kemarin.  Perbaikan penulisan huruf capital kalimat tersebut adalah ….

    • A.

      Mobil Pak Lurah mogok di Jalan Diponegoro pada Hari Minggu kemarin.

    • B.

      Mobil Pak Lurah mogok di jalan Diponegoro pada hari Minggu kemarin.

    • C.

      Mobil pak lurah mogok di jalan Diponegoro pada hari Minggu kemarin.

    • D.

      Mobil pak lurah mogok di Jalan Diponegoro pada hari Minggu kemarin.

    Correct Answer
    C. Mobil pak lurah mogok di jalan Diponegoro pada hari Minggu kemarin.
    Explanation
    The correct answer is "Mobil pak lurah mogok di jalan Diponegoro pada hari Minggu kemarin." The correction is made by capitalizing the names "Diponegoro" and "Minggu" to follow proper capitalization rules. The word "jalan" is not capitalized because it is a common noun. Additionally, "Pak Lurah" is not capitalized because it is not a proper noun.

    Rate this question:

  • 47. 

    Perhatikan kutipan bacaan berikut! Mei […] bulan kelima dalam rangkaian tahun. Di bulan ini setiap tanggal 2 kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Yang perlu diprioritaskan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini [ …] pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang kompetitif dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.                                                        Kata yang tepat untuk melengkapi bacaan rumpang tersebut adalah ….

    • A.

      Yaitu dan ialah

    • B.

      Adalah dan yakni

    • C.

      Adalah dan ialah

    • D.

      Merupakan dan yaitu

    Correct Answer
    C. Adalah dan ialah
    Explanation
    The correct answer is "adalah dan ialah". This is because both "adalah" and "ialah" are Indonesian words that can be used to introduce or explain something. In the given context, these words are used to complete the sentence and emphasize that the priority for this year's National Education Day is to produce competitive graduates and create self-employment opportunities.

    Rate this question:

  • 48. 

    Perhatikan beberapa kalimat berikut!
    1. Tujuan daripada pertemuan ini adalah untuk mencari jalan keluar mengenai hal-hal yang belum terpecahkan pada pertemuan yang lalu.
    2. Nina lebih rajin daripada adiknya.
    3. Sebaiknya, kita datang Iebih awal daripada terlambat.
    4. Orang beriman lebih baik daripada orang ingkar.
    5. Kita harus selalu dapat memperhatikan keinginan daripada anggota..
     Penulisan kata penghubung “daripada´ yang tepat terdapat pada nomor ….

    • A.

      1, 2, dan 3

    • B.

      2, 3, dan 4

    • C.

      3, 4, dan 5

    • D.

      1, 3, dan 5

    Correct Answer
    B. 2, 3, dan 4
    Explanation
    The correct answer is 2, 3, and 4. The conjunction "daripada" is used correctly in sentences 2, 3, and 4. In sentence 2, it is used to compare the level of diligence between Nina and her sibling. In sentence 3, it is used to express a recommendation to come early instead of being late. In sentence 4, it is used to compare the qualities of a believer and a disbeliever. Therefore, the correct answer is 2, 3, and 4.

    Rate this question:

  • 49. 

    Perhatikan beberapa kalimat berikut! 
    1. Sinakal itu menggangguku terus!
    2. Si Ratu pun mengutus prajuritnya berperang.
    3. Saya sudah duga, si Dungu itu tidak tahu apa-apa.
    4. Pemerintah memberikan penghargaan kepada sang  juara.
    5. Setelah menunggu lama, akhirnya Sang Hakim pun memaparkan keputusannya.
    Penulisan kata sandang yang tepat kalimat-kalimat tersebut terdapat pada nomor….

    • A.

      1 dan 3

    • B.

      2 dan 4

    • C.

      3 dan 4

    • D.

      2 dan 5

    Correct Answer
    B. 2 dan 4
    Explanation
    The correct answer is 2 and 4. In sentence 2, the word "si" is used as a possessive pronoun before the name "Ratu". In sentence 4, the word "sang" is used as a possessive pronoun before the word "juara". Both "si" and "sang" are examples of kata sandang, which are used to indicate possession or attribution in Indonesian language.

    Rate this question:

  • 50. 

    Perhatikan kalimat rumpang berikut! Seminar itu diadakan […] hari Senin […]  dengan Kamis minggu depan. Penggunaan preposisi yang tepat untuk melengkapi kalimat  tersebut adalah ...

    • A.

      Di dan hingga

    • B.

      Pada dan hingga

    • C.

      Saat dan serta

    • D.

      Sejak dan sampai

    Correct Answer
    D. Sejak dan sampai
    Explanation
    The correct answer is "sejak dan sampai". The sentence is talking about a seminar that will be held starting from one day (sejak) and ending on another day (sampai). This usage of "sejak dan sampai" indicates the duration or period of time in which the seminar will take place.

    Rate this question:

Quiz Review Timeline +

Our quizzes are rigorously reviewed, monitored and continuously updated by our expert board to maintain accuracy, relevance, and timeliness.

  • Current Version
  • Mar 21, 2023
    Quiz Edited by
    ProProfs Editorial Team
  • Jan 23, 2016
    Quiz Created by
    Smpn4depok
Back to Top Back to top
Advertisement
×

Wait!
Here's an interesting quiz for you.

We have other quizzes matching your interest.