Latihan Unbk B. Indonesia Part 1

Approved & Edited by ProProfs Editorial Team
The editorial team at ProProfs Quizzes consists of a select group of subject experts, trivia writers, and quiz masters who have authored over 10,000 quizzes taken by more than 100 million users. This team includes our in-house seasoned quiz moderators and subject matter experts. Our editorial experts, spread across the world, are rigorously trained using our comprehensive guidelines to ensure that you receive the highest quality quizzes.
Learn about Our Editorial Process
| By Kotapasuruanmtsn
K
Kotapasuruanmtsn
Community Contributor
Quizzes Created: 1 | Total Attempts: 842
Pertanyaan: 50 | Attempts: 842

SettingsSettingsSettings
Latihan Unbk B. Indonesia Part 1 - Quiz

.


Questions and Answers
  • 1. 

    Bacalah teks tersebut di bawah ini !Perkembangan pada ere teknologi elektronik,kini berkembeng sangat pesat di Indonesia, Namun perkembangan tersebut memberi dampak bagi konsumennya khususnya bagi para remaja.Makna kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah....

    • A.

      A. Pengaruh positif pada remaja dimasa kini.

    • B.

      B. Remaja masa kini,lebih cenderung untuk melakukan hal-hal yang positif.

    • C.

      C. Pengaruh terhadap remaja untuk melakukan hal-hal yang cenderung negatif.

    • D.

      D. Remaja masa kini bersaing untuk membeli barang elektronik,

    Correct Answer
    C. C. Pengaruh terhadap remaja untuk melakukan hal-hal yang cenderung negatif.
    Explanation
    The correct answer is C. The italicized word "memberi dampak" in the text suggests that the development of electronic technology has a negative impact on teenagers. Therefore, the meaning of the word in italics is "influence on teenagers to do negative things."

    Rate this question:

  • 2. 

    Bacalah bagian teks eksposisi di bawah ini dengan tepat!Pulau kecil berbentuk bulan sabit ini tak pernah gagal merebut hati wisatawan yang datang mengunjunginya.Pulau itu bernama Nami.Wisatawan dapat merasakan harmoni alam,terutama di musim gugur yang biasa terjadi pada bulan Oktober-November.Isi tersirat pada teks tersebut adalah....

    • A.

      A. Keindahan pulau Nami yang elok.

    • B.

      B. Wisatawan yang selalu datang mengunjungi pulau Nami.

    • C.

      C. Wisatawan datang ke pulau Nami karena keharmoniannya.

    • D.

      D. Wisatawan selalu mengunjungi Nami,terutama pada bulan Oktober-November.

    Correct Answer
    A. A. Keindahan pulau Nami yang elok.
    Explanation
    The passage describes how the small crescent-shaped island of Nami never fails to capture the hearts of tourists who visit it. It mentions that tourists can experience the harmony of nature, especially during the autumn season in October-November. This implies that the implied content of the text is the beauty of the island Nami.

    Rate this question:

  • 3. 

    Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam folat. Buah pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh.Pesan tersirat dari teks tersebut adalah …. 

    • A.

      A. Buah pisang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

    • B.

      B. Bagi ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin.

    • C.

      C. Setiap hari mengkonsumsi pisang dapat membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen.

    • D.

      D. Manfaat buah pisang untuk kesehatan.

    Correct Answer
    B. B. Bagi ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin.
    Explanation
    The passage states that consuming bananas regularly has many health benefits, including aiding in the growth and development of the fetus for pregnant women. This is because bananas contain nutrients such as potassium and folic acid. Therefore, it can be inferred that it is recommended for pregnant women to consume bananas regularly.

    Rate this question:

  • 4. 

    Sering kita lihat anak-anak usia sekolah khususnya anak SMP sudah menggunakan perangkat teknologi / gadget seperti HP bahkan Tablet. Ke sekolahpun anak-anak tak segan untuk membawa HP tanpa mereka hiraukan dampak negatifnya. Fitur-fitur yang tersedia di HP seperti  kamera, permainan, aplikasi internet akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall, Face Book dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek dalam ulangan, bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran, dan sebagainya. Hal itulah yang akan mengganggu kemampuan daya pikir anak dalam belajar.Ide pokok teks tersebut adalah …. 

    • A.

      A. Banyak kalangan anak usia sekolah yang memakai HP.

    • B.

      B. HP canggih dilengkapi fitur-fitur seperti kamera, permainan akan mengganggu siswa dalam belajar.

    • C.

      C. Dampak negatif pengguna HP pada kalangan anak SMP.

    • D.

      D. Pengguna HP pada kalangan anak SMP dapat membantu mereka dalam mengerjakan soal.

    Correct Answer
    C. C. Dampak negatif pengguna HP pada kalangan anak SMP.
    Explanation
    The main idea of the text is about the negative impact of using HP (handphone) among junior high school students. The text highlights how students are distracted by the features available on their phones such as camera, games, and internet applications, which disrupt their learning in school. It also mentions how some students use their phones to cheat during exams or play with them instead of paying attention to the teacher's explanation. Therefore, the correct answer is c. Dampak negatif pengguna HP pada kalangan anak SMP (The negative impact of using HP among junior high school students).

    Rate this question:

  • 5. 

    Bacalah kutipan teks berikut!Dinas Kesehatan Kota Bondowoso melakukan peninjauan ke Desa Sukajadi yang terdiri atas empat  RT.  Diketahui  di RT 04 tinggal satu orang yang belum  memiliki MCK. Dengan demikian,  kepemilikan MCK di RT 04 sudah mendekati 100%.  Di RT 01 dan RT 02 sudah 92% rumah penduduk yang memiliki MCK,  sedangkan di RT 03 rumah penduduk yang telah memiliki MCK sebesar 91%.

    • A.

      A. Penduduk Desa Sukajadi tidak perlu mendapat bantuan MCK

    • B.

      B. Penduduk Desa Sukajadi perlu mendapat bantuan MCK

    • C.

      C. Persentase kepemilikan MCK penduduk Desa Sukajadi dibawah 90%.

    • D.

      D. Persentase kepemilikan MCK penduduk Desa Sukajadi diatas 90%.

    Correct Answer
    D. D. Persentase kepemilikan MCK penduduk Desa Sukajadi diatas 90%.
    Explanation
    The given text states that in RT 01 and RT 02, 92% of households have MCK, while in RT 03, the percentage is 91%. Additionally, in RT 04, only one person does not have MCK, indicating that MCK ownership in RT 04 is close to 100%. Therefore, the overall percentage of MCK ownership in Desa Sukajadi is above 90%.

    Rate this question:

  • 6. 

    Bacalah kutipan teks berikut! Kurikulum 2013 mendapat banyak sorotan dari masyarakat Indonesia,  baik yang setuju maupun yang tidak setuju. Sebagian masyarakat yang tidak setuju digunakannya Kurikulum  2013,  menganggap masih perlu persiapan yang matang.  Padahal di dalam  Kurikulum 2013, siswa dibuat lebih aktif,  lebih kreatif, dan lebih menyenangkan dibandingkan dengan Kurikulum  2006. Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah …. 

    • A.

      A. kurikulum 2013 baik digunakan untuk sekolah perkotaan

    • B.

      B. kurikulum 2013 baik untuk meningkatkan pendidikan Indonesia

    • C.

      C. kurikulum 2013 siap dengan perubahan yang terjadi di masyarakat

    • D.

      D. kurikulum 2013 perlu persiapan lebih matang untuk dapat digunakan

    Correct Answer
    B. B. kurikulum 2013 baik untuk meningkatkan pendidikan Indonesia
    Explanation
    The conclusion of the pro opinion in the text is that the Kurikulum 2013 is good for improving education in Indonesia. This is supported by the statement that the curriculum makes students more active, creative, and enjoyable compared to the Kurikulum 2006. Therefore, option B, which states that the Kurikulum 2013 is good for improving education in Indonesia, aligns with the conclusion of the pro opinion in the text.

    Rate this question:

  • 7. 

    Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul. Mereka akan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.Ringkasan  yang sesuai dengan isi paragraf  tersebut adalah ….

    • A.

      A. Pendidikan karakter membentuk remaja yang unggul.

    • B.

      B. Remaja sulit bersaing di tingkat nasional

    • C.

      C. Remaja yang berkarakter lemah akan tumbuh sebagai remaja yang unggul.

    • D.

      D. Remaja yang berkarakter kuat intelektualnya kurang baik

    Correct Answer
    A. A. Pendidikan karakter membentuk remaja yang unggul.
    Explanation
    The given paragraph states that positive values in character education can shape outstanding teenagers who can compete at both national and international levels. It also mentions that teenagers with strong character will grow as outstanding and admired teenagers because they are physically healthy, emotionally stable, and intellectually well-developed. Therefore, the appropriate summary of the paragraph is that character education forms outstanding teenagers.

    Rate this question:

  • 8. 

    Perhatikan teks-teks berikut !Teks 1Teks 2     Sudah dua hari ini Imah tidak ke sekolah. Padahal, dia itu anak yang rajin dan sebelumnya tak pernah begini. Oleh karena itu, aku, Ana, dan Afga berencana mengunjunginya usai pulang sekolah.                                                                                             Di sebuah sungai terdapat sekelompok katak yang sedang berenang. Salah satunya bernama Kungkong. Kungkong mempunyai sifat baik hati. Suatu hari, Kungkong bertemu dengan Pori, siput yang hendak menyeberangi sungai. Padahal air sungai sedang meluap. Kungkong pun berniat memberi bantuan.Jenis teks pada dua kutipan di atas adalah…. 

    • A.

      A. Teks 1 merupakan teks biografi dan teks 2 merupakan teks fabel

    • B.

      B. Teks 1 merupakan teks fabel dan teks 2 merupakan teks cerpen

    • C.

      C. Teks 1 merupakan teks cerpen dan teks 2 merupakan teks fabel

    • D.

      D. Teks 1 merupakan teks eksposisi dan teks 2 merupakan teks fabel

    Correct Answer
    D. D. Teks 1 merupakan teks eksposisi dan teks 2 merupakan teks fabel
    Explanation
    The given answer is correct because the first text describes a situation where Imah is absent from school for two days, which is a factual and informative piece of writing, indicating that it is an exposition text. On the other hand, the second text tells a story about Kungkong, a frog who helps Pori, a snail, cross a river, which is a fictional narrative, making it a fable.

    Rate this question:

  • 9. 

    (1) Pada novel karya Sutan Takdir Ali Syahbana yang  membawa pembaharuan pada wanita di zaman dahulu yang mengabdikan waktunya untuk keluarga dan ahli penunggu rumah.(2) Namun, Sutan Takdir Ali Syahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan karir pria yang bekerja di luar rumah.(3) wanita harus patuh kepada orangtuanya (4) Wanita tidak boleh berpendidikan tinggi.Kalimat yang merupakan Keunggulan adalah …. 

    • A.

      (1)

    • B.

      (2)

    • C.

      (3)

    • D.

      (4)

    Correct Answer
    B. (2)
    Explanation
    The sentence (2) states that Sutan Takdir Ali Syahbana portrays women as having equal status with men in their careers outside of the home. This suggests that the novel brings about a change in the traditional roles of women, emphasizing their independence and equality in the workforce.

    Rate this question:

  • 10. 

    1.  W.S. Rendra seorang sastrawan terkenal
    1.  W.S. Rendra lulusan terbaik dari universitas terkenal di Amerika
    2.  Karya sastranya banyak mendapat penghargaan
    3.  Karya sastranya sulit dipahami pembaca

    • A.

      A. 1

    • B.

      B. 2

    • C.

      C. 3

    • D.

      D. 4

    Correct Answer
    D. D. 4
    Explanation
    The given statement states that "Karya sastranya sulit dipahami pembaca" which means "His literary works are difficult for readers to understand". This statement is the only one that is supported by the given information. The other statements do not have any evidence or support from the given information. Therefore, the correct answer is D. 4.

    Rate this question:

  • 11. 

    Perhatikan paragraf berikut! Selesai pertempuran nataga segera menuju ke atas bukit, bergabung dengan seluruh panglima. Levo,Goros,Lamia,sikka, dan Mora memandang Nataga dengan haru dan tersenyum mengisyaratkan hormat dan bahagia.                                                                                Sumber : Ugi Agustono The Little DragonMakna kata yang digaris bawahi dari penggalan kalimat di atas adalah…

    • A.

      A. memberikan himbauan

    • B.

      B. memberikan masukan

    • C.

      C. memberikan tanda-tanda

    • D.

      D. memberikan perintah

    Correct Answer
    C. C. memberikan tanda-tanda
    Explanation
    The meaning of the underlined phrase "memandang Nataga dengan haru dan tersenyum mengisyaratkan hormat dan bahagia" in the given paragraph is to give signs or signals. The individuals mentioned in the paragraph, Levo, Goros, Lamia, Sikka, and Mora, are looking at Nataga with emotions of respect and happiness. Their smiles and gestures indicate their feelings towards Nataga. Therefore, the correct answer is C. memberikan tanda-tanda.

    Rate this question:

  • 12. 

    Perhatikan paragraf berikut ! Aku tidak bias berenang sepertimu dan ika, tetapi aku bisa terbang menyitari angkasa. Burung kembali berkata dengan bijak, “Itulah yang kumaksud Ulu, kita masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Semut tidak bisa berenang sepertimu, tetapi ia bisa menyusup ke tempat tempat kecil yang tidak dapat kau lewati.                                                                                                Sumber : Harian Kompas, minggu                                                                                                            15 Februari 2015Makna kata yang digaris bawahi dari penggalan kalimat di atas adalah…

    • A.

      A. menyeruduk kebawah

    • B.

      B. meraba ke bawah

    • C.

      C. menarik ke atas

    • D.

      D. mendorong ke depan

    Correct Answer
    A. A. menyeruduk kebawah
    Explanation
    The meaning of the underlined phrase "menyeruduk kebawah" can be inferred from the context of the paragraph. The paragraph talks about how each creature has its own strengths and abilities. The bird mentions that ants cannot swim like the speaker and the fish, but they can sneak into small places that the speaker cannot pass through. Therefore, the phrase "menyeruduk kebawah" can be understood as "plunging downward" or "diving down", indicating the ability of the speaker to swim underwater.

    Rate this question:

  • 13. 

    Bacalah dongeng berikut ini Pada suatu perayaan besar untuk menghormati sang singa si Raja Hutan, seekor monyet diminta untuk menari di depan hewan yang hadir pada perayaan itu. Tarian sang monyet begitu indahnya sehingga hewan yang hadir menjadi senang dan gembira melihatnya.Tarian sang monyet begitu indahnya sehingga seluruh hewan yang hadir menjadi senang dan gembira.Pujian yang didapatkan oleh sang monyet membuat seekor unta yang hadir menjadi  iri hati. Dia sangat yakin bahwa ia bisa menari seindah tarian sang monyet, bahkan mungkin lebih baik lagi karena itu dia maju ke depan menerobos kerumunan hewan yang menonton tarian monyet, dan sang unta mengangkat kaki depannya mulai menari. Tetapi unta yang sangat besar  itu membuat dirinya kelihatan konyol saat menendang kakinya ke depan dan memutar-mutarkan lehernya yang kaku dan panjang itu. selain itu, sang unta sulit untuk menjaga agar tapak kakinya yang besar tetap terangkat ke atas.Akhirnya  salah satu tapak kakinya yang besar hampir mengenai hidung sang Raja Hutan, sehingga hewan-hewan yang jengkel melihat tingkah sang unta, mengusirnya keluar sampai ke padang gurun.Makna yang tersurat pada kutipan fabel tersebut adalah… 

    • A.

      A. Unta merasa iri kepada monyet karena mendapat pujian dari raja hutan.

    • B.

      B. Monyet merasa iri kepada unta karena mendapat pujian dari raja hutan

    • C.

      C. Sang raja hutan merasa senang karena dipuji oleh monyet karena kehebatannya

    • D.

      D. Semua binatang merasa senang karena mendapat pujian dari monyet jangan sombong

    Correct Answer
    A. A. Unta merasa iri kepada monyet karena mendapat pujian dari raja hutan.
    Explanation
    The correct answer is A. The passage states that the monkey's dance was so beautiful that all the animals present became happy and delighted. This praise received by the monkey made the camel feel jealous and believe that it could dance as beautifully or even better. However, due to its large size and awkward movements, the camel ended up looking foolish and even almost hit the lion's nose. This shows that the camel felt jealous towards the monkey because of the praise it received from the lion.

    Rate this question:

  • 14. 

    Bacalah kutipan berikut ini KISAH SEORANG PENJUAL KORANKetika Ipin sedang mengacu sepedanya , tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik  berwarna hitam. Ipin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan tersebut. Tampak di dalam bungkusan itu terdapat sebuah kardus.“ Wah apa isinya ini?” tanyanya dalam hati.Ipin segera membuka bungkusan dengan hati-hati alangkah terkejutnya ia, karena di dalamnya terdapat kalung emas dan perhiasan lainnya   “wah apa ini ?” tanyanya dalam hati . “ Milik siapa yah?” Ipin membolak balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi karena ada kartu kredit di dalamnya” Lho…inikan milik pak Edison, Kasihan sekali pak Edison rupanya ia telah kecurian .” Gumamnya dalam hati.Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian dari …

    • A.

      A. Pengenalan

    • B.

      B. Komplikassi

    • C.

      C. Klimaks

    • D.

      D. Peleraian

    Correct Answer
    B. B. Komplikassi
    Explanation
    The given excerpt from the story describes a moment of tension and uncertainty for the protagonist, Ipin. He is startled by a black plastic package and becomes fearful that it might be a bomb due to recent bombings in the area. However, he gathers the courage to open the package and discovers a box containing valuable jewelry and a credit card. This unexpected twist introduces a complication in the story, as Ipin realizes that the jewelry belongs to someone else, Mr. Edison, who has been stolen from. This moment of discovery and the subsequent realization of the theft create a complication in the narrative, making it the correct answer choice of "B. Komplikassi" (Complication).

    Rate this question:

  • 15. 

    Bacalah kutipan cerpen berkut!Mama Fati sangat terpukul ketika mendengar penjelasan dokter bahwa Fati mengidap kangker otak. Ia tidak mampu berucap apa-apa dengan bibirnya. Karena pipinya basah,hatinya memohon kemurahan Tuhan. Ibu harus segar, agar Fati juga tegar! Dokter menasehati dengan lembut. Mama Fati tetap membisu. Bibirnya bergetar,tapi tak mampu berucap.Latar suasana dan tempat kutipan cerpen tersebut adalah ....

    • A.

      A. Haru, di rumah

    • B.

      B. sedih, di ruang dokter

    • C.

      C. kecewa, di tempat praktek

    • D.

      D. haru, di tempat

    Correct Answer
    B. B. sedih, di ruang dokter
    Explanation
    The correct answer is B. sedih, di ruang dokter. The passage mentions that Mama Fati is very upset upon hearing the doctor's explanation that Fati has brain cancer. It also states that she is unable to speak and her lips tremble but she cannot utter any words. This indicates that the atmosphere in the passage is sad, and the setting is in the doctor's room where the doctor delivers the news.

    Rate this question:

  • 16. 

    Perhatikan kutipan teks fabel berikut!Burung hantu selalu tidur di siang hari. Ia akan bangun setelah matahari terbenam, ketika cahaya merah memudar dari langit. Dia menggeliat dan berkedip dari lubang pohon tua. Sekarang dia berseru, “hoo hoo hoo” bergema melalui kayu yang rimbun dan ia mulai berburu serangga.Ia adalah seekor burung hantu tua yang galak, terutama jika ada yang mengganggu saat ia tidur. Suatu sore musim panas yang hangat, saat ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua. Belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira namun saat menyesakkan telinga. Burung hantu tua itu menengok dari lubang pohon yang digunakan sebagai pintu dan jendela. “pergi dari sini, tuan,” katanya kepada belalang tersebut. ”apakah anda tidak memiliki sopan santun?” lanjutnya. “anda setidaknya harus mnghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan tenang!” lanjut sang burung hantu tua itu.Akan tetapi belalang menjawab dengan kasar bahwa ia juga berhak berada di tempat ini. Lalu ia meneriakkan suara lebih keras dan lagu yang lebih berisik. Burung hantu yang bijak tau benar bahwa tak ada gunanya berdekat dengan belalang yang keras ini. Selain itu, matanya semakin rabun untuk memungkinkan dirinya menghukum belalang. Akhirnya, dia melupakan semua kata keras dan kembali berbicara dengan sangat ramah kepada belalang.“Tuan belalang yang baik hati, jika saya harus tetap terjaga, saya akan datang untuk menikmati nyanyian anda. Namun, saat ini saya memiliki anggur lezat disini, kiriman dari olimpus. Silahkan datang dan rasakan minuman lezat ini bersama saya.” Sanjung burung hantu tua.Belalang terhanyut oleh kata-kata sanjungan burung hantu tua. Akhirnya, dia melompat kesarang burung hantu tua. Ketika belalang cukup dekat dalam jangkauan penglihatan, burung hantu tua itu menerkam dan memakannya.Latar waktu terjadinya peristiwa dalam teks di atas adalah .... 

    • A.

      A. pada pagi hari

    • B.

      B. pada malam hari

    • C.

      C. pada siang hari

    • D.

      D. pada sore hari

    Correct Answer
    D. D. pada sore hari
    Explanation
    The correct answer is D. pada sore hari. The passage mentions that the owl always sleeps during the day and wakes up after sunset, when the red light fades from the sky. It also describes a warm summer afternoon when the owl is sleeping deep inside the old tree. Therefore, the events in the passage occur in the afternoon or "sore hari" in Indonesian.

    Rate this question:

  • 17. 

    Bacalah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!Pada suatu hari yangcerah. Seekor burung merak  berjalan dengan angkuhnya. Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si Merak semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu. “Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?” kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak. “Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak.” pikir kancil suatu hari.Lantas kancil membisiki beberapa teman lainnya. Diantaranya kijang, kelinci, dan tupai. Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja. Makna simbol bulu pada fabel tersebut adalah....

    • A.

      A. Kesombongan

    • B.

      B. Keindahan

    • C.

      C. Kekayaan

    • D.

      D. Kebaikan

    Correct Answer
    B. B. Keindahan
    Explanation
    The correct answer is B. Keindahan (beauty). In the fable, the peacock is portrayed as arrogant and constantly flaunting its feathers, indicating that it values its beauty and believes it to be superior to others. Therefore, the symbolism of the feathers in the fable represents the concept of beauty.

    Rate this question:

  • 18. 

    Simpulan isi yang tersirat pada fabel tersebut adalah...

    • A.

      A. Kijang, kelinci dan tupai merasa kurang senag kepada si Merak.

    • B.

      B. Si Merak sombong karena memiliki kelebihan dibanding dengan yang lainnya.

    • C.

      C. Kancil yang yang menyadarkan Merak.

    • D.

      D. Si merak yang suka pamer dengan bulu-bulunya.

    Correct Answer
    B. B. Si Merak sombong karena memiliki kelebihan dibanding dengan yang lainnya.
    Explanation
    The implied moral of the fable is that the peacock (si Merak) is arrogant because of its superiority over other animals. The fable suggests that the peacock's pride and vanity stem from its physical beauty, symbolized by its feathers. This is evident in the behavior of the peacock in the story, as it flaunts its feathers and belittles other animals. The fable teaches a lesson about the dangers of arrogance and the importance of humility.

    Rate this question:

  • 19. 

    Perhatikan kutipan cerpen berikut !“Saya pas masuk dapur waktu itu, kelihatan sekelebatan orang keluar dari pintu samping. Saya tidak terlalu memperhatikan karena banyak tanaman yang ada disekitar itu. Waktu mau balik ke depan, tiba-tiba ada perasaan tidak enak. Lalu saya ke garasi. Ada Parmn disitu yang kelihatan keluar. Saya tanya, “mau kemana Min?” saya kaget karena Parmin tiba-tiba gugup melihat saya “mau pulang” katanya. Saya bilang “nanti saja, bantuin beres-beres” dia memang batal pulang dan dia sangat kecewa. Tidak gomong apa-apa selain nunduk dan naroh sepedanya lagi.Sebab terjadi konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ....

    • A.

      A. Tokoh saya berpura-pura sambil mengintip gerak-gerik Parmin.

    • B.

      B. Tokoh saya mencegah agar pulangnya nanti saja

    • C.

      C. Parmin batal pulang dan tampaknya sangat kecewa.

    • D.

      D. Parmin tidak ngomong apa-apa selalu menunduk dan menaruh sepeda

    Correct Answer
    B. B. Tokoh saya mencegah agar pulangnya nanti saja
    Explanation
    The correct answer is B. The passage states that the protagonist asks Parmin where he is going and suggests that he helps with cleaning up instead of going home. This implies that the protagonist is trying to prevent Parmin from leaving immediately and wants him to stay and help.

    Rate this question:

  • 20. 

    Perhatikan kutipan cerpen berikut !Hasan kembali lagi kepada sikap seperti semula. Melengkung lagi pinggangnya. Tapi tangannya berkepal dan giginya berderik-derik. “ya, si Anwar dan Rusliah yang telah menyesatkan daku!. Mereka yang membikin aku bentrokan dengan ayahku sendiri!. Mereka yang terkutuk!. Mereka yang harus kuhancurkan! Tangan Hasan yang kurus kering itu berkepal-kepal dan meninju-ninju pahanya sendiri. Cemas ia. Maka terbayang-bayanglah lagi wajah Anwar dengan pandangan matanya memandang istrinya di belakang punggungnya, kalau ia sedang di kantor. “etc.. etc. Si -Anwar!chih!”Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

    • A.

      A. Hasan menjadi anak yang durhaka kepada orang tua.

    • B.

      B. Hasan dikhianati oleh Anwar dan Rusli.

    • C.

      C. Istri Hasan dilarikan Anwar dan Rusli.

    • D.

      D. Hasan terlalu pada Anwar dan Rusli.

    Correct Answer
    A. A. Hasan menjadi anak yang durhaka kepada orang tua.
    Explanation
    The passage describes Hasan's anger and frustration towards Anwar and Rusliah, blaming them for causing conflict between him and his father. Hasan's violent actions, such as clenching his fists and punching his own thigh, suggest his inner turmoil and rebellion against his parents' authority. This indicates that Hasan has become disobedient and disrespectful towards his parents, making option A the correct answer.

    Rate this question:

  • 21. 

    Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22!Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek yang tidak bisa pergi ke mana-mana.“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban uang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang palinghebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk memninta bantuan.“Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yangterbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.“Semut peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu sang semut memegang ranting itu. Si kupu-kupu mengangakat ranting itu dan menurunkan di tempat yang aman.Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.                     Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan, Kemendikbud RI Edisi Revisi 2014Penyebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah...

    • A.

      .A. Si kepompong mengejek sang semut yang sombong..

    • B.

      B. Sang semut selalu membanggakan dirinya binatang yang hebat.

    • C.

      C. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek nasibnya.

    • D.

      Si kepompong saat diejek semut hanya diam saja.

    Correct Answer
    C. C. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek nasibnya.
    Explanation
    The correct answer is C. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek nasibnya. In the text, the ant mocks the ugly shape of the cocoon and taunts it for being unable to go anywhere. This mocking behavior by the ant towards the cocoon creates a conflict between the two characters.

    Rate this question:

  • 22. 

    Akibat konflik pada teks tersebut adalah...

    • A.

      A. Kupu-kupu menolong semut saat hampir tenggelam.

    • B.

      B. Semut tergelincir dan jatuh dalam genangan lumpur.

    • C.

      C. Sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu.

    • D.

      D. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang terpuji.

    Correct Answer
    B. B. Semut tergelincir dan jatuh dalam genangan lumpur.
    Explanation
    The correct answer is B because the question asks for the consequence or result of the conflict in the text. The conflict is not explicitly stated in the question, but it can be inferred that the conflict is the ant slipping and falling into a puddle of mud. Therefore, the consequence or result of this conflict is that the ant slips and falls into the puddle of mud.

    Rate this question:

  • 23. 

    Bacalah kutipan cerpen berikut!Kutipan IKutipan IIImpian Seorang Gadis Miskin“Hari ini kita akan membahas tentang impian,” ucap Bu Tya, guru Bahasa Indonesiaku. “Tuliskan apa impian kalian serta beberapa alasan kenapa kalian ingin menjadi seperti itu pada satu lembar kertas. Mengerti?” Kami semua mengangguk. Satu hal yang muncul dalam pikiranku, menjad iseorang penulis. …Anadya Alya savitri, http://cerpenmu.com Masih Ada HarapanYang mencintaimu tidak hanya satu orang, yang memperhatikanmu juga tidak satu orang, yang perlu kamu juga tidak hanya satu orang, ada keluargamu, teman-tamanmu, orang di sekitarmu yang perlu kehadiranmu dalam hidup mereka, jangan jadikan satu orang sebagai alasan untukmu berhenti berharap hidupmu harus tetap berjalan. …Rosiana, http://cerpenmu.com  Perbedaan  pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah diawali dengan ....

    • A.

      A. Kutipan I : rumitan, Kutipan II : peleraian

    • B.

      B. Kutipan I : Klimaks, Kutipan II : rumitan

    • C.

      C. Kutipan I : peleraian, Kutipan II : penyelesaian

    • D.

      D. Kutipan I : penyelesaian, Kutipan II : Peleraian

    Correct Answer
    A. A. Kutipan I : rumitan, Kutipan II : peleraian
    Explanation
    The correct answer is A. Kutipan I: rumitan, Kutipan II: peleraian. This is because in Kutipan I, the story is introduced with the teacher asking the students to write about their dreams, which sets up the conflict or problem to be resolved. In Kutipan II, the author encourages the reader not to give up hope and to keep living their life, which provides a resolution or conclusion to the story.

    Rate this question:

  • 24. 

    Kutipan ITeks IKupu-kupu tersadar dari pingsannya. Namun ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sadari tadi pingsan. Tiba-tiba lalat dating membawa obat-obatan. Syukurlah kau sudah pulih, ujarnya senang. Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnya adalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya. “Mm..Terimakasih ya kau mau menolongku, pada hal aku telah menghinamu..” ujarnya malu-malu. “Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang patah”. Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh lalat.Hari terus berganti akhirnya kupu-kupu telah pulih kembali. Ia dapat terbang kemana ia suka. Namun kupu-kupu yang sekarang telah berbeda dengan kupu-kupu yang lama. Ia kini mau berteman dengan siapa saja. Teman-temannya pun telah memaafkan perbuatan dia yang lalu. kupu-kupu telah menyadari bahwa kecantikannya itu hanya pemberian semata dari Allah Swt. Ia mau berteman dengan siapa saja. Karena tanpa temania tak bias berbuat apa-apa. Teks IIDipadang rumput yang indah nan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal. Setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, kelinci bertemu dengan kijang. Dalam hati, kelinci berpikir saya bohongi saja kijang,  tapi bagaimanaya? Kelinci berpikir dengan cepat dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. Saya pura-pura saja lari kearah kijang sambil berteriak singa ngamuk! Singa ngamuk! Hehehe....Maka sambil larilah, kelinci berteriak singa ngamuk! Singa ngamuk! Akhirnya, kijang sekeluarga lari tanpa arah, sampai anaknya kijang jatuh kejurang dan tewas seketika.Perbandingan pola pengembangan kedua kutipan teks tersebut adalah ....

    • A.

      Teks I : komplikasi – resolusi - koda ; Teks II : orientasi - komplikasi

    • B.

      Teks I : orientasi - komplikasi - koda : Teks II : komplikasi - resolusi

    • C.

      Teks I : orientasi – komplikasi - resolusi ; Teks II : Orientasi resolusi

    • D.

      Teks I : orientasi – resolusi - koda ; Teks II : orientasi - koda

    Correct Answer
    A. Teks I : komplikasi – resolusi - koda ; Teks II : orientasi - komplikasi
    Explanation
    The correct answer is Teks I: komplikasi - resolusi - koda; Teks II: orientasi - komplikasi. In Teks I, the story starts with the orientation, where the butterfly wakes up from fainting. Then, a complication arises when the butterfly realizes that the fly, whom it had insulted before, is now helping it. The complication is resolved when the fly treats the butterfly's broken wing. Finally, the story ends with a koda, where the butterfly has recovered and learned a lesson. In Teks II, the story begins with the orientation, introducing a naughty rabbit. The complication arises when the rabbit tricks the deer by pretending that there is a raging lion. The resolution is not mentioned in the given text, so the story ends with the complication.

    Rate this question:

  • 25. 

    Bacalah cerita pabel berikut!Teks IKupu-kupu  tersadar dari pingsannya. Namun ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat datang membawa obat-obatan.“Syukurlah kau sudah pulih,”ujarnya senang.Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnya adalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.“Mm..Terimakasih ya kau mau menolongku, padahal aku telah menghinamu..” ujarnya malu-malu.“Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang patah”. Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh Lalat.Hari terus berganti akhirnya Kupu-kupu telah pulih kembali. Ia dapat terbang ke mana ia suka. Namun Kupu-kupu yang sekarang telah berbeda dengan Kupu-kupu yang lama. Ia kini mau berteman dengan siapa saja. Teman-temannya pun telah memaafkan perbuatan dia yang lalu. Kupu-kupu telah menyadari bahwa kecantikannya itu hanya pemberian semata dari Allah Swt. Ia mau berteman dengan siapa saja. Karena tanpa teman ia tak bisa berbuat apa-apa. http://www.ceritakecil.comTeks IITersebutlah di padang rumput yang indah nan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal. Setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir “saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya?” Si Kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. “Saya pura-pura saja lari  ke arah Pak Kijang sambil berteriak ‘Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk! Hehehe....Maka sambil larilah, si Kelinci berteriak “Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk!” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika. http://www.ceritakecil.comPerbandingan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut adalah .... 

    • A.

      A. Cerpen I : lugas, modern ; Cerpen II : klise

    • B.

      B. Cerpen I : berbelit-belit ; Cerpen II : lugas, jelas

    • C.

      C. Cerpen I : campuran bahasa Jawa ; Cerpen II : modern

    • D.

      D. Cerpen I : modern ; Cerpen II : lugas

    Correct Answer
    A. A. Cerpen I : lugas, modern ; Cerpen II : klise
    Explanation
    The given correct answer suggests that the comparison between the two fables shows that the first fable (Cerpen I) has a straightforward and modern style of writing, while the second fable (Cerpen II) is considered cliché. This can be inferred from the fact that the first fable uses simple and clear language to convey the story, while the second fable relies on a predictable and overused plot.

    Rate this question:

  • 26. 

    Bacalah Cerpen berikut!Pada Zaman dahulu hiduplah seekor seorang. Ia sangat  anak muda yang nakal yaitu Abdul selain nakal ia juga pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan orang lain.Pada suatu hari si Abdul berjalan-jalan di pinggir pemukiman. Ia bertemu dengan teman sebayanya yaitu rahmat  yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Rahmat, apa yang sedang engkau lakukan di sini?""Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab Rahmat.Si Abdul tiba-tiba marah mendengar jawaban Rahmat. "Jangan berlagak engkau, hei Rahmat Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"Rahmat berusaha menjelaskan, namun si Abdul tetap marah. Bahkan, si Abdul mengancam akan menginjak tubuh tubuhnya. Rahmat.pun jadi jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.Si Abdul sangat marah mendengar tantangan si Rahmat  untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si Rahmat menendang betisnya  terlebih dahulu. "Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"Si Rahmat tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."Si Adul kian marah mendengar ucapan si Rahmat. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya. http://cerpenmu.comKomentar terhadap isi cerpen tersebut adalah

    • A.

      A. Rahmat yang selalu mengalah.

    • B.

      B. Abdul yang sombong dan pemarah.

    • C.

      C. Abdul yang selalu memusuhi kura-kura yang sabar.

    • D.

      D. Sikap Rahmat perlu dijadikan contoh dalam kehidupan.

    Correct Answer
    D. D. Sikap Rahmat perlu dijadikan contoh dalam kehidupan.
    Explanation
    The correct answer is D. Sikap Rahmat perlu dijadikan contoh dalam kehidupan. This is because in the story, Rahmat demonstrates patience and understanding by not retaliating when Abdul insults him and threatens him. Instead, he suggests a peaceful way to resolve their conflict and refuses to engage in violence. This shows that Rahmat's attitude is admirable and should be emulated in real life situations.

    Rate this question:

  • 27. 

    Cermatilah kutipancerpendibawahinikemudianjawablahsoalnomor27 s.d.28!“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindah tugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung.“Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini.Apa Nada tidak bias tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?”“Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu. ”Nada terdiam.Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini.Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan kutipan cerpen tersebut adalah...

    • A.

      A. Dimulai dengan memunculkan masalah yang harus diselesaikan tokoh yaitu Ayah.

    • B.

      B. Dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan cerpen tersebut dimunculkan lokasi cerita yaitu Jogjakarta.

    • C.

      C. Dimulai dengan ketegangan karena di dalam kutipan cerpen tersebut tokoh menghadapi masalah.

    • D.

      D. Dimulai dengan memunculkan tokoh yang mempunyai masalah karena didalam kutipan cerpen tersebut diawali munculnya nama tokoh yaitu Nada.

    Correct Answer
    D. D. Dimulai dengan memunculkan tokoh yang mempunyai masalah karena didalam kutipan cerpen tersebut diawali munculnya nama tokoh yaitu Nada.
    Explanation
    The correct answer is D. The passage begins by introducing a character who has a problem, which is Nada. The passage mentions her father being transferred to Jogjakarta, causing Nada to have to leave her current location. This sets up the conflict and establishes Nada as the character facing the problem.

    Rate this question:

  • 28. 

    Komentar yang tepat terhadap penggunaan bahasa kutipan cerpen tersebut adalah ...

    • A.

      A. Banyak menggunakan kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi cerita tersebut.

    • B.

      B. Bahasa yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah memahaminya.*

    • C.

      C. Kalimat dalam kutipan cerpen tersebut menggunakan kalimat yang panjang sehinga membosankan bagi pembaca.

    • D.

      D. Bahasa yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut tidak santun, karena menampilkan dialog anak yang konpflik dengan orang tua.

    Correct Answer
    B. B. Bahasa yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah memahaminya.*
    Explanation
    The correct answer is B because it states that the language used in the short story quote is everyday language, making it easy for readers to understand.

    Rate this question:

  • 29. 

    Bacalah kutipan fabel berikut!Fabel ISi kupu-kupu melemparkan ranting ke semut yang mengapung di pinggir sungai. Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan pemberani.Fabel IIKarena sangat takut, anak-anak ayam itu menuruti saja apa yang dikatakan induknya. Mereka memasuki gudang yang gelap itu, lalu naik ke tumpukan barang-barang bekas. Dengan cepat musang mengejar ke tempat itu. Ia hanya mengandalkan indra penciumannya saja. Pada saat musang sedang menerka-nerka keberadaan induk dan anak-anaknya, mereka menyelinap keluar dan mengunci gudang itu dari luar.Komentar yang tepat terhadap isi kedua fabel tersebut adalah ... 

    • A.

      A. Isi kedua cerita tersebut bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar dalam kehidupan saling tolong menolong dan patuh kepada orang tua.

    • B.

      B. Ke dua cerita fabel tersebut berisi pesan moral, sayang ceritanya masih bersifat implisit sehingga pesan moral kurang tersampaikan.

    • C.

      C. Ceritanya bagus untuk anak-anak dan menggambarkan dalam kehidupan sehari-hari.

    • D.

      D. Kalimat dalam kedua cerita tersebut kurang komunikatif, sehingga untuk memahami isi ceritanya perlu dibaca berulang-ulang.

    Correct Answer
    A. A. Isi kedua cerita tersebut bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar dalam kehidupan saling tolong menolong dan patuh kepada orang tua.
    Explanation
    The correct answer is A because both fables teach the reader the importance of helping each other and obeying parents. In the first fable, the butterfly saves the ant's life by rescuing it from the river, demonstrating the value of mutual assistance. In the second fable, the chicks listen to their mother's warning and hide from the weasel, highlighting the importance of obeying parents for their own safety. Both stories convey moral lessons about cooperation and obedience.

    Rate this question:

  • 30. 

    Bacalah kutipan fabel berikut!Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “Tolong,bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong....,tolong...!”. Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan fabel tersebut adalah ... 

    • A.

      A. Kutipan fabel tersebut secara umum sudah sesuai struktur teks.

    • B.

      B. Kutipan fabel tersebut pada bagian tahapan pemunculan masalah kurang diceritakan secara menarik.

    • C.

      C. Secara umum struktur yang terdapat dalam kutipan fabel tersebut sudah runtut tetapi pada resolusi kurang dimunculkan.

    • D.

      D. Dalam cerita fabel tersebut koda sudah nampak.

    Correct Answer
    A. A. Kutipan fabel tersebut secara umum sudah sesuai struktur teks.
    Explanation
    The given correct answer is A. The passage is a fable and it follows the typical structure of a fable, which includes an introduction, a conflict or problem, and a resolution. The introduction introduces the characters and setting, the conflict is presented when the ant falls into the mud and calls for help, and the resolution occurs when the butterfly comes to the ant's aid and saves it. Therefore, the passage is generally in line with the structure of a fable.

    Rate this question:

  • 31. 

    Cermati kutipan berikut !Abu vulkanik letusan Gunung Barujari di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai masuk ke kota Mataram, meskipun intensitasnya belum signifikan, kondisi tersebut cukup [ ... ] bagi kesehatan masyarakat.Kata yang salah untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....

    • A.

      A. meresahkan

    • B.

      B. mengkhawatirkan

    • C.

      C. merisaukan

    • D.

      D. membahagiakan

    Correct Answer
    D. D. membahagiakan
  • 32. 

    Petunjuk Membuat Kue Cubit1) Kocoklah telur bersama dengan gula pasir hingga campuran bahan mengental2) Kemudian,  masukkan tepung terigu, tepung kanji dan soda kue.3) Kocok bahan tersebut dengan kecepatan rendah, selanjutnya tambahkan air dan margarin, lalu aduk-aduk kembali hingga rata.4) [....]5) Olesi cetakan dengan margarin, lalu tuangkan adonan kue kedalam cetakan.6)Tutuplah cetakan beberapa saat dan biarkan hingga setengah matang.7) [....]8) Jika sudah matang, angkat kue dari cetakan dan kue siap disajikan.Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang petunjuk tersebut adalah....

    • A.

      A. 4) Siapkancetakankue cubit danpanaskandenganapisedang. 7) Aduk-adukadonantersebuthingga rata, laludiamkanadonanselama 35 menit.

    • B.

      B. 4) Siapkan cetakan kue cubit dan panaskan dengan api sedang. 7) Taburi kue dengan bahan taburan meises dan keju parut lalu tutup kembali hingga kue matang.

    • C.

      C. 4) Aduk-aduk campuran tersebut hingga rata, lalu diamkan adonan selama 35 7) Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan sepatula.

    • D.

      D. 4) Jika sudah merekah dan matang segeralah angkat dan dinginkan beberapa saat. 7) Taburi kue dengan bahan taburan meises dan keju parut lalu tutup kembali hingga kue matang

    Correct Answer
    B. B. 4) Siapkan cetakan kue cubit dan panaskan dengan api sedang. 7) Taburi kue dengan bahan taburan meises dan keju parut lalu tutup kembali hingga kue matang.
  • 33. 

    1. Setelah puas kami berkeliling, kami berkumpul untuk makan siang bersama.
    2. Meskipun kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat benda-benda bersejarah di Mesium Sribaduga Bandung.
    3. Tepat pukul 15.00, kami bersiap-siap pulang kembali ke Jakarta.
    4. Sebelum berangkat, kami mendapat pengarahan dari wakil kepala sekolah
    5. Kami berangkat dari sekolah pukul 05.30.
    6. Sesampainya di Musium Sribaduga Bandung, kami melihat benda-benda bersejarah.Urutan yangtepat kalimat di atas sehingga menjadi paragraf  laporan yang baik adalah ... 

    • A.

      A. 4, 5, 6, 3, 1, 2

    • B.

      B. 5, 4, 6, 1, 2, 3

    • C.

      C. 4, 6, 5, 3, 1, 2

    • D.

      D. 5, 6, 4, 1, 3, 2

    Correct Answer
    B. B. 5, 4, 6, 1, 2, 3
    Explanation
    The correct answer is B. 5, 4, 6, 1, 2, 3. The explanation is that the paragraph starts with the group arriving at the Museum Sribaduga Bandung (sentence 5), then mentions their satisfaction of seeing historical objects (sentence 4), followed by their preparation to return to Jakarta at 3 PM (sentence 6). Before leaving, they receive instructions from the vice principal (sentence 1). Finally, it is mentioned that they departed from school at 5:30 AM (sentence 2) and upon arrival at the museum, they saw historical objects (sentence 3).

    Rate this question:

  • 34. 

    Bacalah petunjuk berikut ini!
    1. Pijat kulit dengan lembut hingga terserap seluruhnya.
    2. Usapkan dengan ujung jari kekulit wajah dan leher yang bersih. 
    3. Ratakan pelembab di kulit dengan telapak tangan. 
    4. Tuangkan pelembab keujung jari secukupnya.
    Urutan petunjuk penggunaan pelembab wajah yang tepat adalah ….

    • A.

      A. (1) - (3) - (2) - (4)

    • B.

      B. (2) - (1) - (3) - (4)

    • C.

      C. (4) - (2) - (3) - (1)

    • D.

      D. (2) - (3) - (1) - (4)

    Correct Answer
    C. C. (4) - (2) - (3) - (1)
    Explanation
    The correct order of instructions for using the facial moisturizer is as follows: (4) Pour the moisturizer onto the fingertips, (2) Gently massage the moisturizer into the skin until fully absorbed, (3) Apply the moisturizer to the clean face and neck using the fingertips, (1) Smooth the moisturizer onto the skin using the palm of the hand. This order ensures that the moisturizer is applied effectively and evenly to the skin.

    Rate this question:

  • 35. 

    Indonesia adalah Negara agraris dan para penduduknya sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Oleh karena itu, sektor utama yang menjadi andalan  pemerintah adalah sektor pertanian. Sama halnya dengan sektor- sektor pembangunan lain. Sektor  pertanianpun (….) Pasang surut karena tergantung situasi dan kondisi yang ada.Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah … 

    • A.

      A. Menjadi

    • B.

      B. Menyebabkan

    • C.

      C. Mengalami

    • D.

      D. Mengakibatkan

    Correct Answer
    C. C. Mengalami
    Explanation
    The correct answer is C. Mengalami.

    The sentence states that the agricultural sector experiences ups and downs due to the situation and conditions. The word "mengalami" (experiences) fits well in this context as it indicates that the sector goes through fluctuations or changes.

    Rate this question:

  • 36. 

    Dalam tubuh manusia terdapat aktivitas seperti pada mesin mobil. Tubuh manusia dapat mengubah energi kimiawi menjadi energi yang terkandung dalam bahan- bahan bakarnya. Yakni makanan yang ditelan menjadi energi panasdan energi mekanis. ( …) Sebagian dari energi kimiawi yang disediakan oleh nasi itu diubah menjadi energi panas yang membuat tubuh tetap hangat.Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …

    • A.

      A. Makan nasi dapat menyebabkan kenyang, sehingga melahirkan energi pada tubuh mahluk hidup.

    • B.

      B. Nasi yang anda makan akan dibakar dalam tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam slinder mesin mobil.

    • C.

      C. Proses pembakaran dalam tubuh sangat membutuhkan bahan bakar untuk menetralisasi gerak mesin.

    • D.

      D. Makanan yang kita makan akan diserap oleh sel- sel tubuh, sebagaimana mesin menyerap bahan bakar.

    Correct Answer
    B. B. Nasi yang anda makan akan dibakar dalam tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam slinder mesin mobil.
    Explanation
    The correct answer is B because it accurately completes the text by comparing the process of converting chemical energy in food to the energy in fuel being burned in a car engine. This analogy helps to convey the idea that the human body transforms the energy from food into heat and mechanical energy, similar to how a car engine converts fuel into energy for movement.

    Rate this question:

  • 37. 

    Bacalah paragraf rumpang berikut, kemudian lengkapilah dengan kalimat yang tepat!     Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat............. oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.      Negara yang maju seperti jepang sudah menerapkan sistem informasi dini terjadinya gempa bumi sehingga meminimalkan kurban jiwa. Bagaimana persiapan negara Indonesia dalam hal ini padahal negara kita secara geografis tidak jauh beda dengan negara jepang.Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah....

    • A.

      A. Gempa bumi adalah goncangan yang terjadi karena pergeseran lapisan batu.

    • B.

      B. Selain itu gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat.

    • C.

      C. Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting.

    • D.

      D. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi suatu saat.

    Correct Answer
    B. B. Selain itu gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat.
    Explanation
    The correct answer is b. Selain itu gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. This sentence completes the paragraph by providing additional information about the speed and impact of earthquakes. It explains that earthquakes occur quickly and have a significant impact, including the destruction of buildings and loss of life.

    Rate this question:

  • 38. 

    Bacalah penggalan cerpen berikut  !Sebenarnya Ogal masih ragu-ragu , apakah dia akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan mandiri. Jika ia hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidupnya selama ini banyak hal yang dapat Ogal petik. Ia biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.Perubahan kutipan  cerpen tersebut dengan menggunakan sudut pandang pertama yang tepat adalah....

    • A.

      A. Sebenarnya aku masih ragu-ragu , apakah akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan mandiri. Jika aku hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika masih hidup bersama ibu. Hal itu menjadikan manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidup selama ini banyak hal yang dapat ku petik. Aku biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Aku juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.

    • B.

      B. Sebenarnya aku masih ragu-ragu , apakah akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan mandiri. Jika ia hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika masih hidup bersama ibu. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidup selama ini banyak hal yang dapat ku petik. Aku biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.

    • C.

      C. Sebenarnya ia masih ragu-ragu , apakah aku akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan mandiri. Jika ia hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidup selama ini banyak hal yang dapat mereka petik. Ia biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.

    • D.

      D. Sebenarnya mereka masih ragu-ragu , apakah dia akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan mandiri. Jika ia hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidupku selama ini banyak hal yang dapat ku petik. Ia biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.

    Correct Answer
    A. A. Sebenarnya aku masih ragu-ragu , apakah akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan mandiri. Jika aku hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika masih hidup bersama ibu. Hal itu menjadikan manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidup selama ini banyak hal yang dapat ku petik. Aku biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Aku juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
    Explanation
    The correct answer is a. The original passage is written in the third person perspective, referring to the protagonist as "Ogal." In order to change the perspective to the first person, the pronouns "Ogal" and "ia" need to be replaced with "aku" (I) and "ku" (my). The rest of the passage remains the same, maintaining the same meaning and context.

    Rate this question:

  • 39. 

    Cermatilah data-data berikut !
    1. Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015
    2. Lomba baca puisi antarsiswa SMP
    3. Peserta lomba
    4. Dilaksanakan di Gedung SMPN 1 Tasikmalaya
    Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ... 

    • A.

      A. Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan lomba. Pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 28 Oktober 2017. Peserta lomba antar siswa. Dilaksanakan di Gedung MTsN Kota Pasuruan.

    • B.

      B. Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan lomba baca puisi antar siswa SMP/MTs. Pelaksanaan kegiatan tanggal 28 Oktober 2017. Lomba tersebut dilaksanakan di Gedung MTsN Kota Pasuruan.

    • C.

      C. Memeriahkan hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan lomba. Pelaksanaan kegiatan dimulai 28 Oktober 2017. Peserta lomba baca puisi antar siswa. Dilaksanakan di Gedung MTsN Kota Pasuruan.

    • D.

      D. Memeriahkan hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan lomba.Pelaksanaan kegiatan dimulai 28 Oktober 2017.Peserta lomba membaca cepat antar siswa. Dilaksanakan di Gedung MTsN Kota Pasuruan.

    Correct Answer
    B. B. Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan lomba baca puisi antar siswa SMP/MTs. Pelaksanaan kegiatan tanggal 28 Oktober 2017. Lomba tersebut dilaksanakan di Gedung MTsN Kota Pasuruan.
    Explanation
    The correct answer is B because it accurately describes the event mentioned in the data. It states that there will be a poetry reading competition among junior high school students (SMP/MTs) to celebrate Hari Sumpah Pemuda (Youth Pledge Day) on October 28, 2017. The competition will take place at MTsN Kota Pasuruan.

    Rate this question:

  • 40. 

    Perhatikan data bukuberikut!NoDataUraian
    1.  
    JudulFakta Unik di Dunia
    1.  
    PenulisDaruWijayanti
    1.  
    PenerbitVenus
    1.  
    Tahun
    1.  
    1.  
    KelemahanUraian di kemukakan hanya sekilas-sekilas hingga buku ini seperti kumpulan rangkuman saja.
    1.  
    KeunggulanFakta yang dikemukakan benar-benar baru. Sampai saat ini belum ada buku yang mengemukakan seunik ini. Penulisan teks ulasan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...

    • A.

      A. Kehadiran buku Fakta Unik Di Dunia sangat bermanfaat bagi generasi muda. Buku yang diterbitkan Venus tahun 2009 mengemukakan hal-hal yang selama ini dianggap tabu. Tetapi oleh buku ini dikemukakan dengan baik. Walaupun buku ini masih seperti rangkuman

    • B.

      B. Daru Wijayanti seorang penulis yang teliti. Dia banyak menulis buku-buku yang unik. Salah satunya buku Fakta Unik Di Dunia ini. Buku ini benar-benar mengemukakan hal baru. Banyak persoalan yang selama ini tidak pernah diungkap oleh buku lain. Buku ini diterbitkan pertama kali tahun 2009.

    • C.

      C. Buku yang diberijudul Fakta Unik Di Dunia memang benar-benar unik. Kehebatannya justru terletak pada uraiannya yang terlalu singkat sehingga seperti sebuah rangkuman. Sedangkan kekurangan buku ini terdapat pada masalahnya yang dikemukakan terlalu baru sehingga menyulitkan pembaca.

    • D.

      D. Buku yang diterbitkan Venus tahun 2009 ini ditulis oleh Daru Wijayanti. Uraian dalam buku ini sesuai dengan judulnya Fakta Unik di Dunia memang benar-benar unik dan menarik. Belum ada buku seunik ini. Walaupun uraian disampaikan secara singkat seperti rangkuman saja, tetapi itu tidak mengurangi keunikan buku tersebut.

    Correct Answer
    D. D. Buku yang diterbitkan Venus tahun 2009 ini ditulis oleh Daru Wijayanti. Uraian dalam buku ini sesuai dengan judulnya Fakta Unik di Dunia memang benar-benar unik dan menarik. Belum ada buku seunik ini. Walaupun uraian disampaikan secara singkat seperti rangkuman saja, tetapi itu tidak mengurangi keunikan buku tersebut.
    Explanation
    The given answer explains that the book "Fakta Unik Di Dunia" was published by Venus in 2009 and written by Daru Wijayanti. It states that the description in the book is truly unique and interesting, and there is no other book as unique as this one. Although the description is presented briefly, like a summary, it does not diminish the uniqueness of the book. The answer provides a clear and concise explanation of the book's attributes based on the given data.

    Rate this question:

  • 41. 

    Perhatikan fakta-fakta berikut!
    • Kebersihan lingkungan sekolah adalah faktor  terpenting dalam menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah
    • Tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah memudahkan peserta didik membuang sampah pada tempatnya
    • Petugas piket melakukan tugas membersihkan ruang kelas.
    • Kebersihan lingkungan sekolah tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah.
    Penulisan teks eksposisi yang sesuai dengan fakta-fakta tersebut yang tepat adalah ...

    • A.

      A. Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain. Menyediakan tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah akan membiasakan peserta didik membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar.

    • B.

      B. Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Menyediakan tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah akan memudahkan pembiasaan peserta didik membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.

    • C.

      C. Menyediakan tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah akan memudahkan pembiasaan peserta didik membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

    • D.

      D. Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.

    Correct Answer
    A. A. Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain. Menyediakan tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah akan membiasakan peserta didik membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar.
    Explanation
    The correct answer is A. The explanation states that cleanliness in the school environment is one of the most important factors in creating comfort. Almost every school teaches its students to maintain cleanliness in the school environment by various means, such as disposing of trash in its proper place, erasing the whiteboard, sweeping the classroom, and more. Providing trash bins in various corners of the school will encourage students to dispose of trash properly. In addition, assigning class patrol duties is also a way to maintain cleanliness in the school environment. Class patrol usually involves tasks such as sweeping the classroom, erasing the whiteboard, and preparing markers or chalk. Cleanliness in the school environment is inseparable from school life and is a crucial factor in achieving successful teaching and learning processes.

    Rate this question:

  • 42. 

    Perhatikan kalimat berikut !Saya amat sangat menyukai makanan berciri khas Bandung.Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah kata...

    • A.

      A. berciri dan khas

    • B.

      B. amat dan berciri

    • C.

      C. sangat dan makanan

    • D.

      D. menyukai dan berciri

    Correct Answer
    B. B. amat dan berciri
    Explanation
    The correct answer is B. amat dan berciri.

    The error in the sentence is the use of "amat" and "berciri". The word "amat" is not commonly used in Indonesian language, and it should be replaced with "sangat" to indicate a high degree of liking. Additionally, the word "berciri" is not appropriate in this context. It should be replaced with "yang memiliki ciri khas" to properly convey the meaning of "having a distinctive characteristic". Therefore, the correct sentence should be "Saya sangat menyukai makanan yang memiliki ciri khas Bandung."

    Rate this question:

  • 43. 

    Cermati kalimat-kalimat berikut!
    1. Museum merupakan salah satu tempat yang sangat penting sekali dalam upaya pelestarian sejarah.
    2. Museum adalah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat.
    3. Fungsi museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi berupa benda cagar budaya.
    4. Dengan demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.
          Kalimat tersebut yang tidak efektif ditandai dengan nomor….

    • A.

      A. 1

    • B.

      B. 2

    • C.

      C. 3

    • D.

      D. 4

    Correct Answer
    A. A. 1
    Explanation
    The correct answer is A. 1. This is because the first sentence is not effective in conveying the main point or purpose of the passage. While it mentions that museums are important for preserving history, it does not provide any specific information or details about the functions or significance of museums. The other sentences in the passage provide more specific and detailed information about the functions and importance of museums.

    Rate this question:

  • 44. 

    Perhatikan paragraf berikut!(1)Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer.  (2) Kucing merupakan hewan dari kelas mamalia. (3) Berdasarkan makannya kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging.(4) Ciri karnivora terlihat dari struktur gigi kucing yang tajam dan bertaring. (5) Salah satu sifat kucing yang menonjol adalah  suka mencuri makanan .Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor….

    • A.

      A. 2

    • B.

      B. 3

    • C.

      C. 4

    • D.

      D. 5

    Correct Answer
    D. D. 5
    Explanation
    The paragraph discusses various characteristics and traits of cats, including their popularity as pets, their classification as mammals, their carnivorous diet, and their sharp and pointed teeth. However, the mention of cats' tendency to steal food is unrelated to the main topic of the paragraph, which is about cats as pets and their biological characteristics. Therefore, the lack of cohesion and relevance in sentence 5 indicates a lack of coherence in the paragraph.

    Rate this question:

  • 45. 

    Perhatikan kalimat berikut!Para ... sedang meliput acara penghargaan Anugerah Musik Indonesia Award yang ke-19 di Jakarta.Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah .... 

    • A.

      A. peragawan

    • B.

      B. seniman

    • C.

      C. wartawan

    • D.

      D. ilmuwan

    Correct Answer
    C. C. wartawan
    Explanation
    The correct answer is C. wartawan. The sentence mentions that the individuals are covering an award event, which implies that they are journalists or reporters. The term "wartawan" specifically refers to journalists or reporters, making it the most appropriate choice to complete the sentence.

    Rate this question:

  • 46. 

    Perhatikan kalimat berikut! Pasca banjir bandang di Sumedang, warga yang selamat ... keluarganya yang hilang. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....

    • A.

      A. menangis

    • B.

      B. menangisi

    • C.

      C. ditangisi

    • D.

      D. bertangisan

    Correct Answer
    B. B. menangisi
    Explanation
    The correct answer is B. "menangisi". In the sentence, the word "keluarganya yang hilang" indicates that the survivors are mourning or crying over their lost family members. The correct affix for this action is "-i" which is added to the base word "tangis" to form the verb "menangisi", meaning "to mourn" or "to cry over".

    Rate this question:

  • 47. 

    Perhatikan kalimat berikut!Usai bertanding  para atlet itu . . . sebagai tanda persahabatan. Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah . . . . 

    • A.

      A. salam-salaman

    • B.

      B. bersalam-salam

    • C.

      C. bersalam-salaman

    • D.

      D. bersalaman-bersalaman

    Correct Answer
    C. C. bersalam-salaman
    Explanation
    The correct answer is C. bersalam-salaman. This is the appropriate repetition of the word "salam" to complete the sentence. The sentence suggests that after the competition, the athletes will engage in a gesture of friendship, which is shaking hands with each other. The repetition of the word "salam" in "bersalam-salaman" emphasizes the act of shaking hands, indicating a mutual exchange of greetings and friendship.

    Rate this question:

  • 48. 

    Perhatikan kalimat berikut!Semua karyawan Pak Budi dihadirkan dalam pernikahan putrinyaPerbaikan kata dihadirkan pada kalimat tersebut yang tepat adalah . . . .

    • A.

      A. dimohon

    • B.

      B. Diperintahkan

    • C.

      C. diajak

    • D.

      D. diundang

    Correct Answer
    D. D. diundang
    Explanation
    The correct answer is D. diundang. The sentence states that all of Pak Budi's employees were present at his daughter's wedding. The word "diundang" means "invited" in English, which makes sense in the context of a wedding. The other options, such as "dimohon" (requested), "diperintahkan" (ordered), and "diajak" (asked) do not fit the context of a wedding invitation. Therefore, "diundang" is the most appropriate word to use in this sentence.

    Rate this question:

  • 49. 

    Perhatikan kalimat berikut!Jalan menuju huma yang mereka tuju amat sangat licin sekali sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.Perbaikankalimattersebut agar menjadikalimatefektifadalah …

    • A.

      A. Jalan menuju huma sangat licin sekali sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.

    • B.

      B. Jalan menuju huma yang mereka tuju amat sangat licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.

    • C.

      C. Jalan menuju huma sangat licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.

    • D.

      D. Jalan menuju huma yang mereka tuju licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.

    Correct Answer
    C. C. Jalan menuju huma sangat licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.
    Explanation
    The correct answer is C because it is the most concise and effective way to convey the meaning of the sentence. It eliminates unnecessary repetition and maintains clarity by using the word "sangat" to emphasize the slipperiness of the road.

    Rate this question:

  • 50. 

    Perhatikan kalimat berikut!Kemarin sore kucing ku meninggal karena tertabrak mobil. Alasan ketidak tepatan penggunaan kata yang ditulis miring pada kalimat tersebut adalah ….

    • A.

      A. kata meninggal sebaiknya diganti dengan mati karena kata tersebut digunakan untuk manusia

    • B.

      B. kata meninggal sebaiknya diganti dengan wafat karena kata tersebut digunakan untuk kucing kesayangan

    • C.

      C. kata meninggal sebaiknya diganti dengan mampus karena kata tersebut cocok digunakan untuk kucing

    • D.

      D. kata meninggal sebaiknya diganti dengan berpulang karena kata tersebut tepat untuk makhluk hidup yang mati

    Correct Answer
    A. A. kata meninggal sebaiknya diganti dengan mati karena kata tersebut digunakan untuk manusia
    Explanation
    The correct answer is A because the word "meninggal" is more commonly used to describe the death of a human being, not an animal like a cat. The word "mati" would be more appropriate in this context to describe the death of the cat.

    Rate this question:

Back to Top Back to top
Advertisement
×

Wait!
Here's an interesting quiz for you.

We have other quizzes matching your interest.