Try Out US Bahasa Indonesia P-1 2017

50 Pertanyaan | Total Attempts: 84

SettingsSettingsSettings
Please wait...
Try Out US Bahasa Indonesia P-1 2017

.


Questions and Answers
  • 1. 
    Seekor kerbau datang ke sebuah kolam untuk mencari minum. Ketika ia menginjakkan kakinya yang berat ke atas air, secara tidak sengaja kakinya menginjak seekor kodok kecil sehingga masuk ke dalam lumpur. Karena ibu kodok merasa kehilangan satu anaknya,  Ibu kodok bertanya kepada anak kodok yang lainnya apa saja yang terjadi dengan kodok itu.Bagaimana anak kodok bisa hilang? 
    • A. 

      Terinjak oleh kerbau ke dalam lumpur

    • B. 

      Dimakan kerbau

    • C. 

      Tenggelam di dasar kolam

    • D. 

      Hanyut terbawa oleh arus air

  • 2. 
    Banyak sampah plastik terbuang berserakan. Hal ini yang membuat Benni Ismail, warga Dukuh, Kecamatan Pekalongan Utara, JawaTengah, mencoba mendaur ulang sampah plastik untuk dijadikan bahan bakar sebagai alternatif pengganti minyak tanah dan gas elpiji dengan harga terjangkau.Mengapa biaya produksi perajin batik pekalongan menjadi berkurang?
    • A. 

      Perajin batik memperolah tambahan biaya dari pengumpulan sampah

    • B. 

      Perajin batik dibantu masyarakat sekitar membuat tempat sampah

    • C. 

      Perajin batik memanfaatkan sampah plastik sebagai pengganti gas elpiji

    • D. 

      Perajin batik beralih dari kompor pemanas lilin ke bahan bakar elpiji.

  • 3. 
          Apakah  humus itu? Humus adalah bunga tanah. Bunga tanah merupakan bahan makanan untuk tanaman. Humus berasal dari tumbuhan dan hewan yang membusuk.      Jika ingin tanahnya subur  kamu dapat membuat humus sendiri. Caranya kumpulkan sampah daun-daunan, kemudian  timbun sampah-sampah itu dalam lubang. Sebaiknya lubang dibuat di bawah pohon yang rindang. Alasanya udara yang lembab mempercepat pembusukan.      Setelah beberapa lama, daun-daun akan membusuk. Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan hitam yang bercampur dengan tanah. Itulah yang disebut  humus. Tanah yang berhumus terasa lengket saat kita pegang.      Jika humus tadi dicampur dengan tanah padat, maka tanah padat tersebut akan menjadi   gembur. Tanah gembur sangat subur. Di dalamnya tersedia banyak makanan  untuk tanaman. Tanah gembur juga  memudahkan akar  mencari makanan untuk  pertumbuhan.Jika pohon jeruk dipupuk dengan humus maka…. 
    • A. 

      Buah jeruk berubah rasa

    • B. 

      Daunnya lebat dan buahnya banyak

    • C. 

      Pohonnya tinggi dan buahnya manis

    • D. 

      Tanah tempat pohon jeruk menjadi lembab

  • 4. 
          Apakah  humus itu? Humus adalah bunga tanah. Bunga tanah merupakan bahan makanan untuk tanaman. Humus berasal dari tumbuhan dan hewan yang membusuk.      Jika ingin tanahnya subur  kamu dapat membuat humus sendiri. Caranya kumpulkan sampah daun-daunan, kemudian  timbun sampah-sampah itu dalam lubang. Sebaiknya lubang dibuat di bawah pohon yang rindang. Alasanya udara yang lembab mempercepat pembusukan.      Setelah beberapa lama, daun-daun akan membusuk. Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan hitam yang bercampur dengan tanah. Itulah yang disebut  humus. Tanah yang berhumus terasa lengket saat kita pegang.      Jika humus tadi dicampur dengan tanah padat, maka tanah padat tersebut akan menjadi   gembur. Tanah gembur sangat subur. Di dalamnya tersedia banyak makanan  untuk tanaman. Tanah gembur juga  memudahkan akar  mencari makanan untuk  pertumbuhan.Membuat humus sesuai isi bacaan tersebut dapat dilakukan urutan berikut:
    1. Kumpulkan sampah daun-daunan
    1. Buat  lubang di bawah pohon yang rindang
    1. Timbun sampah dalam lubang
    1. (…)
    1. Campur humus dengan tanah padat
     Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah…. 
    • A. 

      Sampah yang membusuk disebut humus

    • B. 

      Lubang dibuat sesuai dengan jumlah sampah daun

    • C. 

      Biarkan timbunan sampah membusuk menjadi humus

    • D. 

      Daun-daun sisa pembungkus makanan disebut sampah

  • 5. 
    Ciri gotong royong dahulu dan sekarang sudah berbeda. Dahulu gotong royong berarti saling  membantu  tanpa imbalan. Sekarang bergotong royong berarti saling membantu dengan mendapatkan imbalan. Itulah ciri gotong royong antara dahulu dan sekarang yang begitu mencolok perbedaannya. Kalimat utama paragraf di atas adalah.…
    • A. 

      Ciri gotong royong dahulu dan sekarang sudah berbeda

    • B. 

      Dahulu gotong royong berarti saling membantu tanpa imbalan

    • C. 

      Sekarang bergotong royong berarti saling membantu dengan mendapatkan imbalan

    • D. 

      Itulah ciri gotong royong antara dahulu dan sekarang yang begitu mencolok perbedaannya

  • 6. 
    Perubahan iklim terjadi  akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan global dapat terjadi karena penggunaaan energy listrik  atau bahan bakar kendaraan secara besar-besaran. Aktifitas manusia tersebut dapat  dapat menimbulkan emisi  gas yang dapat  merusak lapisan ozon. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi . Dengan demikian dampak pemanasan global dapat berkurang . Ide pokok paragraf di atas adalah.…
    • A. 

      Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global

    • B. 

      Manusia harus mengubah kebiasaan menjadi lebih hemat energi

    • C. 

      Emisi gas dapat merusak lapisan ozon dan menyebabkan timbulnya bencana

    • D. 

      Manusia harus bertanggung jawab atas perilaku tidak hemat energi yang biasa dilakukan

  • 7. 
    Perubahan iklim di Indonesia menyebabkan kemarau panjang hingga hujan tidak   menentu. Peristiwa tersebut berdampak pada keadaaan alam daerah tertentu.  Misalnya di daerah dataran tinggi , intensitas hujan yang tinggi menyebabkan  tanah terkikis dan rapuh. Keadaan alam tersebut berpotensi menyebabkan bencana tanah longsor. Simpulan paragraf tersebut diatas adalah.…
    • A. 

      Pemanasan global akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab

    • B. 

      Perubahan iklim yang terjadi berdampak pada terjadinya bencana alam yang melanda daerah sekitar

    • C. 

      Pemanasan global terjadi akibat gaya hidup manusia yang tidak hemat menggunakan energi listrik

    • D. 

      Perubahan iklim yang terjadi karena bencana banjir, tanah longsor, kekeringan, dan angin putting beliung

  • 8. 
             Air menggenang di setiap sudut lingkungan. Banjir seminggu yang lalu masih menyisakan genangan-genangan air yang membuat lingkungan menjadi kumuh dan becek. Genangan air menyebabkan munculnya jentik-jentik nyamuk. Seluruh warga dihimbau oleh pak Lurah agar selalu menjaga kebersihan,  dan waspada  terhadap cuaca yang sedang terjadi. Dampak buruk bagi kesehatan warga berdasarkan pernyataan di  atas adalah….
    • A. 

      Jalur transportasi terhambat

    • B. 

      Kegiatan warga menjadi terganggu

    • C. 

      Warga akan merasakan bencana banjir

    • D. 

      Warga akan terjangkit penyakit malaria

  • 9. 
                 Bersepeda  merupakan olahraga yang menyehatkan tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengayuh sepeda, otot, perut, kaki, tangan, dan jantung akan  bergerak. Otot organ tubuh yang  bergerak akan merangsang keluarnya keringat. Semakin  banyak keringat  yang  keluar  semakin banyak pula lemak yang keluar dari dalam tubuh. Semakin sedikit tumpukan lemak, semakin lancar peredaran darah kita. Kalimat tanya yang sesuai  dengan isi paragraf  di atas adalah…
    • A. 

      Bagaimana cara bersepeda yang baik?

    • B. 

      Mengapa bersepeda dapat menyehatkan tubuh?

    • C. 

      Sepeda apa yang biasa digunakan untuk berolahraga ?

    • D. 

      Siapa saja yang dapat melakukan olahraga bersepeda ?

  • 10. 
    Indonesia  dikenal  sebagai  negara maritim.  Hal tersebut karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas dan hasil laut  yang melimpah. Banyak hasil laut di perairan Indonesia yang dijadikan  sebagai pendapatan negara. Arti kata maritim pada kalimat di atas adalah.…
    • A. 

      Berkaitan dengan sumber daya kelautan

    • B. 

      Berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut

    • C. 

      Salah satu bentuk batas wilayah kelautan yang dimiliki suatu negara

    • D. 

      Sebuah negara yang terdiri atas pulau-pulau dan sumber daya di dalamnya

  • 11. 
    Berolahraga akan menghambat penurunan daya tahan tubuh.Antonim kata menghambat adalah . . . .
    • A. 

      Memperlancar

    • B. 

      Mempengaruhi

    • C. 

      Menyebabkan

    • D. 

      Menghalangi

  • 12. 
    Perhatikan percakapan berikut!Wiwin : “ Bu, harga buku tulis sudah naik lagi.”Ibu     : “ Bukan naik lagi, sudah melangit, Win!”Santi   : “ Harga yang naik bukan buku saja, Win. Harga apa saja                  sekarang sudah mahal. Betul kan, Bu?”Ibu      : “ Ya, betul. Makanya kalian jangan boros! Gunakan uang                sesuai kebutuhan.”Topik teks percakapan di atas adalah  ….
    • A. 

      Harga buku yang mahal

    • B. 

      Hemat uang karena harga buku sudah mahal

    • C. 

      Harga barang-barang sudah mahal

    • D. 

      Hemat uang karena harga barang-barang sudah mahal

  • 13. 
    Berikut ini kalimat iklan yang tepat  adalah “Segera serbu…!”
    • A. 

      Tas harga murah meriah

    • B. 

      Tahun baru tas baru, asyik

    • C. 

      Tas model terbaru, kualitas terjamin

    • D. 

      Tas model terbaru, murah meriah, berkualitas

  • 14. 
    Perhatikan laporan kunjungan berikut!            Pada hari Rabu, 9 November 2016, siswa kelas VI SD Harapan berkunjung ke puskesmas Gayungan. Disana mereka mengamati jumlah ruang dan fungsinya. Terdapat empat ruangan bersih dan tertata rapi. Ruang  pertama digunakan untuk pendaftaran. Ruang kedua untuk pemeriksaan  ibu dan anak. Ruang ketiga untuk pemeriksaan  penyakit mata. Ruang keempat merupakan  tempat pengambilan  obat. Isi  laporan di atas yang tepat adalah….
    • A. 

      Ruang ketiga untuk pemeriksaan penyakit mata

    • B. 

      Kunjungan siswa kelas VI SD Harapan ke puskesmas Gayungan

    • C. 

      Terdapat empat ruangan di puskesmas Gayungan beserta fungsinya

    • D. 

      Kunjungan pada hari Rabu, 9 November 2016 di puskesmas Gayungan

  • 15. 
    Hari ini siswa kelas VI SD Sukamakmur telah menerima pelajaran tentang menulis cerita pendek. Semua siswa telah memahami langkah-langkah menulis cerpen dengan benar. Anisa ingin mencoba mengaplikasikan apa yang dipelajarinya. Awalnya Anisa menentukan tema yang akan ditulis. Kemudian, dia menentukan latar yang akan dimasukkan. Misalnya pagi, siang, atau sore. Tempat pun juga dia perhatikan sebelum menulis cerita. Selain itu suasana yang akan dibangun juga harus diperhatikan. Anisa juga menentukan alur cerita yang akan dibangunnya. Menentukan tokoh dan watak juga tidak lupa dia lakukan. Setelah semua ditentukan, mulailah Anisa menulis sebuah cerita pendek. Makna kata mengaplikasikan pada paragraf di atas adalah….
    • A. 

      Mencoba

    • B. 

      Menuliskan

    • C. 

      Menerapkan

    • D. 

      Menciptakan

  • 16. 
    Pada kesempatan kali ini, atas nama seluruh warga SD, saya mengucapkan selamat kepada ananda Putri yang telah berhasil menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional. Saya berharap ananda Putri tetap rendah hati dan semangat meraih cita-cita. Mudah-mudahkan, prestasi dari ananda Putri ini akan terus berlanjut dan dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswa lain untuk berprestasi dan membanggakan orang tua. Isi penggalan teks pidato tersebut adalah . . . 
    • A. 

      Ucapan selamat dan doa atas keberhasilan Putri menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.

    • B. 

      Ucapan selamat datang kepada Putri yang baru saja pulang mengikuti Lomba Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

    • C. 

      Kepala Sekolah mengajak seluruh warga sekolah untuk mengikuti jejak Putri menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

    • D. 

      Kepala sekolah meminta seluruh siswa untuk giat belajar mengikuti Olimpiade Matematika Tingkat Nasional seperti yang dilakukan Putri

  • 17. 
    Bacalah kedua teks berikut!Teks 1Buku sangat diperlukan siswa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan buku. Jika buku tersebut terlalu mahal, kita bisa memfotokopi lalu menjilidnya.Teks 2Buku merupakan sarana penunjang bagi siswa sekolah. Siswa tidak perlu khawatir untuk mendapatkan buku. Melalui internet siswa dapat mengunduh buku yang diinginkan. Persamaan kedua teks tersebut adalah….
    • A. 

      Buku dapat difotokopi semaunya

    • B. 

      Berbagai manfaat buku bagi siswa

    • C. 

      Cara membuat buku dengan indah

    • D. 

      Cara mendapatkan buku dengan mudah

  • 18. 
    Perhatikan pantun berikut! Dayung didayung perahu ke tepi Agar cepat sampai ke sana Kalau kamu tidak menepati janji Temanmu takkan pernah percaya  Pesan yang terkandung dalam pantun di atas adalah….
    • A. 

      Jangan melakukan kebohongan kepada teman

    • B. 

      Sahabat adalah orang yang harus kita beri kepercayaan

    • C. 

      Tepatilah janjimu agar semua teman percaya kepadamu

    • D. 

      Jika melupakan janji akan merenggangkan persaudaraan

  • 19. 
    Pulang SekolahKetika pulang sekolah, Quinni melihat seorang nenek sedang memanggul sebuah karung. Ternyata karung tersebut berisi beberapa sayuran seperti buncis, wortel, dan sawi. Tiba-tiba saja kaki nenek tersebut tersandung batu sehingga ia terjatuh. Sayur yang berada dalam karung tersebut berserakan. Melihat hal tersebut, Quinni membantu memasukkan sayur ke karung kembali. Ia juga menawarkan bantuan memanggul karung sayur tersebut. Nenek pun berterima kasih atas pertolongan Quinni. Bagaimana Quinni membantu nenek? Quinni membantu nenek dengan . . . .
    • A. 

      Berdoa agar nenek selamat sampai tujuan

    • B. 

      Memasukkan sayur yang berserakan ke karung dan membantu memanggul

    • C. 

      Memasukkan sayur ke karung kemudian menyuruh nenek memanggul kembali

    • D. 

      Membiarkan nenek untuk memasukan sayur ke karung dan kemudian memanggulnya

  • 20. 
    Menjaga Lingkungan Alam     Banjir dan tanah longsor yang menimpa di negara kita akhir-akhir ini sangat memprihatinkan. Banyak penduduk yang kehilangan tempat tinggal, harta benda yang hanyut terbawa air. Bahkan, ada yang kehilangan sanak saudara untuk selamanya.     Mungkin kita bisa terhindar dari peristiwa alam itu. Namun, sulit rasanya untuk menghindarinya, apalagi yang tinggal di daerah rawan bencana, seperti bantaran sungai, lereng gunung atau daerah rawan lainnya.     Sebagai manusia kita hanya bisa mencegah atau menghindarinya. Misalnya: tidak membuang sampah di sungai, melarang penebangan pohon yang dilakukan secara besar-besaran, baik di hutan maupun di lahan sendiri. Mari kita menjaga lingkungan alam agar terhindar dari bencana alam. Mengapa tumbuh-tumbuhan di sekitar kita sangat penting?
    • A. 

      Karena buahnya bisa kita ambil untuk makanan

    • B. 

      Kayu yang sudah besar bisa kita gunakan untuk mebel

    • C. 

      Bisa mencegah bencana yang menimpa di sekitar kita

    • D. 

      Dapat menghasilkan kayu bakar

  • 21. 
    Bacalah kutipan teks drama berikut!            Hari sudah beranjak siang. Adit berusaha membangunkan Rio yang masih tidur-tiduran di kasur. “Woi, bangun woi udah siang juga!” teriak Adit. “Aku sudah bangun, cuma malas melek aja” sahut Rio. Abdul mengejek Rio dengan menyebutnya tukang molor. Rio bertanya ke teman-temanya pada hari itu tanggal berapa. Pertanyaan Rio membuat heran Adit, karena menurutnya pertanyaan itu sangat janggal, “Ada yang pentingkah?” tanya Adit. “He..he..he.. gak da apa-apa, sih! Cuma aku sudah nipis nih, uang jajan hampir ludes” jawab Rio. “Sekarang tanggal 21 April, makanya jangan boros jadi orang. Terus kalau sudah begini kamu pasti mau pinjam uang lagi kan?” sindir Abdul. “He…he..kok tahu?” tanya Rio sambil nyengir. Dengan membela diri dia mengatakan bahwa uang kirimannya sudah habis. Ternyata teman-teman Rio sudah mengetahui isi pikirannya. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan Rio di akhir bulan, yaitu sering meminjam uang ke Abdul. Sifat tokoh Rio dalam teks drama tersebut adalah….
    • A. 

      Rajin

    • B. 

      Teliti

    • C. 

      Boros

    • D. 

      Pemalas

  • 22. 
    Bacalah penggalan cerita berikut! Pada suatu hari, seekor kancil mendatangi seekor rubah yang sedang mengumpulkan makanan di hutan. Dengan nada memelas kancil meminta kepada rubah untuk memberikan makanannya. Kancil berjanji akan mengganti makanan tersebut. Namun, rubah ragu terhadap janji kancil. Rubah tahu bahwa kancil hanya membual dan akan melarikan diri jika ditagih. Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut adalah ....
    • A. 

      Membantu sesama saat mengalami kesulitan

    • B. 

      Menjaga perkataan agar tidak menyakiti orang lain

    • C. 

      Cermat sebelum memutuskan suatu tindakan

    • D. 

      Berhati – hati terhadap perkataan orang lain

  • 23. 
    Bacalah penggalan cerita di bawah!Di sebuah desa, tinggallah seorang janda bersama dengan anak laki – laki tunggalnya. Anak itu amat bodoh, oleh sebab itu, ia terkenal dengan nama Joko Bodo. Walau begitu, si ibu amat sayang kepadanya.Pada suatu hari, Joko Bodo pergi ke hutan untuk mencari kayu. Di dalam hutan di bawah sebatang kayu yang besar, ia menemukan seorang wanita cantik yang sedang tidur nyenyak. Latar tempat cerita tersebut adalah ....
    • A. 

      Desa dan pohon

    • B. 

      Desa dan rumah

    • C. 

      Desa dan hutan

    • D. 

      Desa dan kayu

  • 24. 
    Bacalah cerita di bawah ini dengan cermat !Dzaky memiliki seorang adik laki-laki bernama Daffa. Dia berusia 5 tahun, sedangkan Dzaky berusia 12 tahun. Daffa termasuk anak yang aktif. Ia sering mengganggu Dzaky. Pernah suatu ketika Daffa mencorat-coret buku tulis Dzaky. Melihat hal tersebut, Dzaky mencoba menahan amarahnya. Ia mendekati adiknya dan memberikan nasihat agar Daffa tidak mengulanginya. Sifat tokoh Dzaky pada cerita di atas adalah . . . .
    • A. 

      Rendah hati dan rendah diri

    • B. 

      Sabar dan penyayang

    • C. 

      Sombong dan penolong

    • D. 

      Sabar dan mementingkan diri sendiri

  • 25. 
    Bacalah kutipan cerita berikut!            Menjangan dan harimau bertengkar sebab harimau ingin menyantap menjangan. Menjangan tidak bersedia disantap. Harimau beralasan bahwa ia melakukan itu karena ia bermimpi makan menjangan.            Keesokan harinya, mereka berdua meminta keadilan kepada penguasa hutan rimba, sang gajah. Namun, karena gajah telah diancam oleh harimau, ditambah lagi dijanjikan akan dihadiahi makanan kesukaanya, maka keputusan gajah berpihak kepada harimau. Sebelum gajah memberi keputusan untuk mengijinkan harimau menyantap menjangan, tiba-tiba dilihatnya sang kancil menaiki atap rumah gajah sambil membawa obor. Kancil ingin membakar rumah gajah karena telah bermimpi membakar rumah gajah. Gajah malu dan sadar sehingga gajah kembali bertindak adil. Tema kutipan cerita tersebut adalah….
    • A. 

      Bertindak adil

    • B. 

      Kancil yang cerdik

    • C. 

      Menjalankan mimpi

    • D. 

      Gajah penguasa hutan

Back to Top Back to top