UJI KOMPETENSI GURU SD 20 SOAL

20 Questions  I  By Ismuadi
Please take the quiz to rate it.

 Uji Kompetensi Guru Sd 20 Soal
Pilih salah satu jawaban yang tepat dengan cara klik pada lingkaran di sebelah kiri. Jika terjadi salah pilih, Anda dapat memperbaiki jawaban beberapa kali  tanpa  mengurangi nilai.  Waktu ujian akan tampil di layar; perhatikan waktu yang tersisa. Jika waktu habis sebelum selesai,  pekerjaan Anda akan ditutup dan dikoreksi secara otomatis. Klik tombol NEXT pada soal terakhir  untuk menyudahi pekerjaan Anda dan sekaligus melihat hasilnya. Silakan berdoa terlebih dahulu. Selamat mengerjakan, semoga berhasil

  
Changes are done, please start the quiz.


Questions and Answers

Removing question excerpt is a premium feature

Upgrade and get a lot more done!
1.  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Di tingkat mana Sony berhasil menjadi juara lomba menulis puisi anak?
A.
B.
C.
D.
2.  Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
A.
B.
C.
D.
3.  Candi di bawah adalah peninggalan dari kerajaan...
A.
B.
C.
D.
4.  KPK dari bilangan 12 dan 18 adalah .... 
A.
B.
C.
D.
5.  Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….  
A.
B.
C.
D.
6.  Bacalah laporan hasil pengamatan berikut! Objek pengamatan: Kerbau Tempat  : Di kandang kerbau Pak Sanif, Desa Mekarwangi Waktu   : Pukul 14.00−15.30 Tanggal 21 Januari 2006   Hasil-hasil Pengamatan Gerakan kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini adalah pekerja yang ulet. Ia sanggup bekerja seharian penuh membajak sawah. Kerbau merupakan binatang kandang yang terbesar. Ia punya tanduk panjang dan kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak. Ia senang bersahabat kepada seorang bocah sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa hidup tertib. Ia pun tidak senang mengembara jauh dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya dapat asyik tidur-tiduran tanpa rasa takut kehilangan. (Dikutip dari Intisari Bahasa Indonesia, Penerbit Pustaka Setia)   Topik laporan hasil pengamatan tersebut adalah ….
A.
B.
C.
D.
7.  Himpunan semesta yang tepat dari P = {3, 5, 7, 9, 11, 13} adalah ... .
A.
B.
C.
D.
8.  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Bagaimana cara Sony meraih berbagai prestasi?
A.
B.
C.
D.
9.  Mengapa butir pertama dalam Piagam Jakarta diubah?  
A.
B.
C.
D.
10.  Apa yang dimaksud dengan amendemen?  
A.
B.
C.
D.
11.  Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu,  bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat.  Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai) Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, perbedaan watak Pangeran Seta dan Pangeran Rasi adalah ......
A.
B.
C.
D.
12.  FPB dari bilangan ,  120,  160 dan 200 adalah .... 
A.
B.
C.
D.
13.  Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
A.
B.
C.
D.
14.  DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang. Menyusun undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .  
A.
B.
C.
D.
15.  Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat. Mereka menjunjung tinggi . . . .  
A.
B.
C.
D.
16.  KPK dan FPB dari 32,48 dan 54 adalah ...
A.
B.
C.
D.
17.  Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
A.
B.
C.
D.
18.  Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .  
A.
B.
C.
D.
19.  Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
A.
B.
C.
D.
20.  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Apa yang menjadi harapan Sony di masa depan?
A.
B.
C.
D.
Back to top

Removing ad is a premium feature

Upgrade and get a lot more done!
Take Another Quiz
We have sent an email with your new password.